Menjaga Harapan Bangkitnya Liga Italia

Cerita

by Redaksi 47

Redaksi 47

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Menjaga Harapan Bangkitnya Liga Italia

Langkah Pasti Agar Serie A Bangkit Kembali

Perbaikan dari sisi finansial harus menjadi prioritas setiap klub di Italia. Jika kita lihat dari sumber pemasukan, mayoritas pemasukan klub-klub Ligat Italia didapat dari hak siar televisi. Meski jumlah penonton di dalam stadion berkurang, namun klub-klub Italia masih memiliki pendukung setia yang tersebar di seluruh dunia. Nilai siaran televisi dari pertandingan-pertandingan Liga Italia masih bernilai tinggi.

Liga Italia bahkan dikabarkan sudah mendapatkan kontrak hak siar baru dari tahun 2015-2019 dengan angka yang fantastis. Karena itu, sepertinya klub-klub Italia tidak perlu khawatir untuk kehilangan sumber pemasukannya dari sisi hak siar ini.

Namun mereka juga tidak bisa terus-terusan bergantung dari satu sumber saja. Sumber-sumber dana lain pun harus mulai mereka maksimalkan.

Sinyal bahaya seharusnya sudah menyala dari kubu AC Milan mengingat mereka tidak berlaga di kancah Eropa sama sekali. Pemasukan dari Liga Champions inilah yang selama ini menopang AC Milan meski beberapa tahun belakangan ini. Hal ini sepertinya direspon pihak AC Milan dengan tidak banyak mengeluarkan uang untuk belanja pemain musim ini.

Langkah Juventus yang melakukan investasi membangun stadion juga sepertinya harus bisa diikuti klub-klub lain di Italia. Meski membutuhkan dana besar, namun dampak yang diberikan dari pemangunan stadion pun cukup positif.

Hal ini terlihat dari peningkatakan jumlah pemasukan mereka dari pertandingan-pertandingan yang mereka adakan. Jumlah pemasukan mereka dari sumber ini meningkat hingga dua kali lipat sejak Juventus melangsungkan pertandingan di stadion milik mereka sendiri.

Dengan kondisinya yang sedang terpuruk seperti sekarang ini, siapapun yang menjadi tenaga marketing klub-klub Italia pasti sedang pusing memikirkan bagaimana cara memasarkan klubnya. Satu-satunya senjata yang masih mereka miliki sekarang adalah nama besar klub-klub Italia. Mereka masih memiliki basis pendukung yang cukup besar akibat prestasi yang mereka raih di masa lalu.

Hal ini pula yang menyelamatkan Juventus ketika bangkit kembali setelah terlempar ke Serie B. Suporter-suporter setia Juventus membuat klub asal Turin ini masih mempunyai nilai jual meski bermain di Serie B.

Maka dari itu, satu senjata terakhir ini harus benar-benar mereka jaga. Kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan pada awal 2000an lalu jangan sampai terjadi lagi. Membuat kecewa para pendukung setia mereka untuk kedua kalinya bukan berarti membuat mereka benar-benar kehilangan satu-satunya senjata terakhir yang mereka miliki ini.

Komentar