Fans PSV Menolak Kehadiran Wi-Fi di Stadion

Cerita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Fans PSV Menolak Kehadiran Wi-Fi di Stadion

Pekan lalu, Manchester United melarang fans mereka untuk membawa iPad ke stadion. Berseberangan dengan manajemen Old Trafford, manajemen PSV Eindhoven malah memasang instalasi fasilitas wi-fi di stadion mereka, Philips Stadion. Hal ini mungkin memicu para fans mereka untuk membawa iPad ke stadion. Tapi ternyata, bukan itu masalah utama mereka...

Pendukung PSV meluncurkan protes keras terhadap pengenalan wi-fi di stadion mereka. Sejatinya, kehadiran wi-fi ini diharapkan dapat memudahkan para fans untuk berkomunikasi dan mengetahui update berita dari laga-laga pesaing lainnya. Namun, pada pertandingan pembukaan Eredivisie mereka atas NAC Breda yang berakhir dengan kemenangan 6-1, fans di daerah yang paling vokal dari Philips Stadion malah marah dengan keputusan tersebut.

Mereka membawa sebuah spanduk: "Persetan dengan wi-fi, dukunglah tim". Plakat dengan gambar sinyal wi-fi yang tercoreng juga diangkat tinggi-tinggi sebelum pertandingan. Protes ini dilakukan karena banyak fans yang "mengurangi dukungan mereka kepada tim" dengan lebih sering terganggu melihat ponsel mereka, bukan melihat pertandingan.

Sementara beberapa kelompok fans lain percaya bahwa pengenalan teknologi ini hanya dimaksudkan untuk pendukung yang lebih suka untuk duduk manis di dalam stadion.

Beberapa spanduk lain juga muncul, seperti "Anda bisa duduk di rumah" dan "Mari berdiri bersatu (untuk mendukung tim)". Yah, mau duduk ataupun berdiri, hidup adalah pilihan.

(dex)

Komentar