Mengintip Kerja Wasit Lewat Kamera

Cerita

by redaksi

Mengintip Kerja Wasit Lewat Kamera

Dan lagi-lagi inovasi teknologi dalam soal urusan sepakbola kembali datang dari Amerika Serikat. Inovasi itu tak hanya melingkupi keuntungan untuk pemain atau pelatih saja.

Setelah meluncurkan Adidas Micoach yang berguna untuk pemain dan pelatih, belum lama ini Major League Soccer selaku penyelenggara kompetisi di Amerika mengeluarkan alat terbaru bernama "The Ref Cam".

Alat ini sejatinya adalah kamera yang menempel di kepala wasit, nantinya fungsi kamera akan merekam segala apa yang dilihat oleh wasit. Adanya kamera ini membuat kita bisa melihat perspektif sudut pandang wasit saat memimpin pertandingan

Ujicoba alat ini pertama kali dilakukan saat AS Roma melawan MLS All-Star, bulan juni 2013 lalu. Adalah wasit Hilario Grajeda yang pertama kali mencobanya. Sang wasit didukung oleh headset dan kamera canggih karenanya kita dapat merasakan konten yang luar biasa. Tak hanya sekilas pandangan saja, tapi percakapan, konflik dan keluhan para pemain pun bisa kita dengar dan rasakan

Tidak diragukan lagi ini adalah ide yang fantastis. Rekaman itu nantinya bisa bermanfaat digunakan oleh wasit sebagai ajang pembenaran atas keputusan-keputusan mereka berdasarkan pandangan bola yang dilihat oleh mata mereka sepanjang pertandingan.



Ref Cam sebenarnya bukanlah hal yang baru di Amerika. Kompetisi Women NBA pernah mmencobanya dan hasilnya disambut secara positif baik itu oleh semua pihak. Sayangnya Ref Cam masih haram dipakai di laga resmi karena FIFA tidak mengijinkan jenis teknologi ini. Tapi setidaknya kita bisa melihat sudut pandang wasit sebenarnya saat pada laga-laga tidak resmi. (wam)

Komentar