(Mantan) Kapten Amerika Itu Gagal Tampil di Brasil

Berita

by redaksi

(Mantan) Kapten Amerika Itu Gagal Tampil di Brasil

Pada akhirnya, kita tahu, hanya yang benar-benar siap saja yang mampu pergi ke Brasil.

Kemarin (24/5), kabar mengejutkan datang dari Amerika. Manakala pelatih kepala timnas mereka, Jurgen Klinsman, tak menyertakan nama Landon Donovan dalam 23 nama pemain yang akan dibawa ke Brasil.

Tentu hal itu sangat mengejutkan. Mengingat, pemain berusia 32 tahun itu adalah pencetak gol terbanyak bagi timnas Amerika, dengan 57 golnya. Selain itu, sejauh ini, Donovan juga masih menyandang predikat United States All-time Assists Leader, dengan 57 assists.

“Ini tak semata karena kami hendak mengandalkan pemain muda, dan meninggalkan yang tua. Saya telah mempertimbangkan jauh-jauh hari. Yang saya pilih adalah pemain yang benar-benar siap untuk berlaga,” ujar Klinsman saat ditanyai alasannya tak menyertakan Landon Donovan.

Memang, sebelum memutuskan untuk tak mengikutsertakan Donovan dalam skuat timnas AS, Klinsman sudah berbincang dengan sang pemain terlebih dahulu. Dan menurut Klinsman, seperti yang dinyatakannya dalam konferensi pers yang digelar di Stanford, California,  Landon menerima keputusan itu dengan lapang dada.

“Donovan memang sedikit kecewa, dan sulit memahami hal ini. Namun, ia (Donovan) menerima keputusan itu dengan sangat tenang. Benar-benar profesional,” tandas pelatih berusia 49 tahun itu.

Saat ini, Donovan adalah pemain Amerika yang paling sering membela timnasnya. Total, kapten LA Galxy ini, sudah mengemas 156  penampilan bersama tim nasional negeri Paman Sam. Dan diusianya yang sudah menginjak 32 tahun, ia tentu sangat ingin ikut ke Brasil. Pasalnya, bisa jadi Piala Dunia tahun ini adalah Piala Dunia ke-4 dan yang terakhir baginya saat masih menjadi pemain.

Memang, fenomena semacam ini kerap terjadi di dunia sepakbola. Ronaldinho dan Kaka misalnya. Dua bintang Brasil itu juga tak dipilih oleh Luiz Scolari. Tapi hal itu masih bisa dimahfumi, lantaran Brasil adalah gudang pemain berbabakat.

Namun, dalam kasus Donovan, keputusan Klinsman ini bisa dibilang sebuah keputusan tak wajar. Mengingat, AS tak punya banyak pemain berbakat dan berpengalaman layaknya Brasil.

Jadi apa yang sebenarnya diinginkan Klinsman? Kita tunggu saja, seperti apa peforma timnas AS tanpa hadirnya sang (mantan) kapten, Landon Donovan.

[foto: lh4.ggpht.com]

(mul)

Komentar