Tottenham Hotspur: Membangun Kota Baru Bertajuk Northumberland Development Project

Berita

by redaksi

Tottenham Hotspur: Membangun Kota Baru Bertajuk Northumberland Development Project

Setelah Manchester City berhasil membuat sebuah kota baru, kini giliran Tottenham Hotspur yang melakukannya.

Semua orang sudah tahu belaka, Manchester City tekah berhasil membuat sebuah kota baru di pinggiran kota Manchester. Ya, Etihad Campus. Semua fasilitas serba mewah di bangun di komplek pelatihan Manchester Biru itu. Mulai dari stasiun term, pusat perbelanjaan dan pemukiman baru pun dibangun, sebagai sarana pendukung komplek pelatihan yang terletak di Clayton, Greater Manchester itu.

Berkat pembangunan komplek pelathan tersebut, angka pengangguran di Inggris pun berkurang. Pasalanya, pembangunan itu telah menyerap 160 lapangan kerja.

Kesuksesan The Citizen itupun ditiru klub asal London Utara, Tottenham Hotspur. Mereka juga hendak membuat komplek stadion baru, menggantikan White Hart Lane sebagai homebase Spurs.

“Posisi keuangan kami sedang dalam kondisi yang baik. Itu adalah kunci kami untuk terus mampu berkembang baik di dalam maupun di luar lapangan,” tandas Daniel Levy, , Chairman Tottenham Hotspur, rabu lalu (2/4).

Oleh karenanya, pasca  mendapat lampu hijau dari pemerintah setempat di tahun 2010, manajemen Spurs langsung menggarap lahan di pinggiran kota London. Mereka menamai proyek ini dengan Northumberland Development Project.

Stadion Spurs yang rencananya akan rampung dibangun pada tahun 2017 ini di klaim mampu menampung 56.250 penonton. Tentu jumlah ini jauh lebih banyak jika dibanding dengan daya tampung White Hart Lane yang hanya mampu menampung 36.000 penonton.

“Stadion kami termasuk stadion terkecil diantara 20 klub top Eropa. kami pun harus bersiap untuk menghadapai aturan Financial Fair Play dari UEFA. Oleh karenya, membangun stadion baru dengan kapasitas yang lebih besar akan menambah pendapatan kami,” tambah Daniel Levy.

Layaknya Etihad Campus, komplek stadion ini juga akan dilengkapi oleh fasilitas-fasilitas penunjang kelas wahid. Di sekeliling komplek stadion  seluas 81.000 meter persegi ini akan dibangun 275 unit perumahan baru, 150 kamar hotel, supermarket, serta sarana publik lainnya macam ice skating park ataupun jogging track.

Kantor manajemen klub, official mega strore, dan juga museum the Lilly White pun rencana akan di pindahkan ke stadion baru ini.

Tak hanya itu, dalam komplek stadion ini juga akan dibangun sebuah sekolah dasar dan juga sebuah institut teknik baru.

Ya, dengan pembangunan komplek stadion Spurs yang baru ini telah membantu stabilitas ekonomi Inggris. Pasalnya, dengan adanya proyek pembangunan komplek stadion ini, pemerintah Inggris telah mendapatakan suntikan dana dari investasi asing langsung, sebesar 100 juta poundsterling.

Selain itu, proyek pembangunan stadion ini juga berhasil menekan angka pengangguran di Inggris, lantaran proyek ini mampu menyerap sekitar 447 lapangan kerja dari berbagai sektor.

Ya, sepakbola memang tak sekedar sepakbola.

(mul)

Komentar