Norwich City Kalahkan Sang Juara Bertahan

Berita

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Norwich City Kalahkan Sang Juara Bertahan

Norwich City, tim promosi penakluk sang juara bertahan. Manchester City kalah 2-3 dari tuan rumah Norwich City pada lanjutan pertandingan Liga Inggris pekan kelima di Stadion Carrow Road, Sabtu (14/9/2019).

Sebelum laga dimulai, Man City sebenarnya diunggulkan untuk meraih kemenangan. Beberapa pemain Man City mengisi daftar urutan pertama beberapa atribut statistik seperti pencetak gol, pemberi asis, hingga total operan bola.

Data statistik penampilan Man City di atas ternyata tak membuat Norwich tak percaya diri. Teemu Pukki dan kawan-kawan dengan percaya diri mampu meladeni permainan dari sang juara bertahan.

Pertandingan berjalan terbuka sejak awal. Kedua kesebelasan saling bergantian menyerang untuk mencetak gol terlebih dahulu.

Man City tertinggal terlebih dahulu pada menit ke-18. Kenny McLean memanfaatkan umpan silang dari sepak pojok yang dilakukan oleh Emiliano Buendia untuk mencetak gol. Ederson yang berdiri di bawah gawang Man City gagal mengantisipasi sundulan dari pemain belakang tersebut.

Highlights pertandingan Norwich 3-2 Manchester City (link)

Tertinggal satu gol membuat Man City langsung mengambil inisiatif serangan untuk bisa menyamakan kedudukan. Gagal mencetak gol, The Citizen malah kembali kebobolan.

Berawal dari serangan balik cepat, pergerakan Teemu Pukki di sisi kanan yang lolos dari perangkap offside mampu memberikan umpan kepada Todd Cantwell yang berdiri bebas di sisi kiri. Dengan tenang, pemain bernomor 14 tersebut menceploskan bola ke gawang Man City. Norwich unggul 2-0 atas Man City di menit ke-28.

Anak asuhan Pep guardiola terus mencoba untuk bisa mengejar ketertinggalan. Di menit ke-31, Raheem Sterling hampir saja bisa mencetak gol, sayang sundulan pemain timnas Inggris tersebut masing mengenai tiang gawang dari Norwich.

Usaha City untuk mencetak gol sebelum babak pertama berakhir akhirnya membuahkan hasil. Umpan silang Bernardo Silva dari sisi kiri di menit ke-45 berhasil diselesaikan dengan sempurna oleh Sergio Aguero dengan sundulan. Gol ini menjadi gol ketujuh Aguero di awal musim ini. Gol ketujuh Aguero ini menyamai catatan gol Tammy Abraham yang sebelumnya mampu mencetak trigol ketika Chelsea mengalahkan Woverhampton Wenderers dengan skor 5-2.

Babak kedua dimulai, Norwich hampir saja mampu menambah gol. Kesalahan John Stones dalam memberi umpan hampir dimanfaatkan oleh Teemu Pukki. Sayang tendangannya masih melebar dari gawang Ederson.

Lini pertahanan Man City di babak kedua kembali membuat kesalahan. Kali ini, Nicolas Otamendi membuat kesalahan. Bek asal Argentina itu gagal menguasai bola ketika mendapat operan di dalam kotak penalti sendiri. Emiliano Buendia yang berada di dekat Otamendi langsung mampu merebut bola, lalu mengirimkan operan kepada Pukki yang berada di sisi kiri. Pukki dengan tenang memasukkan bola dan membawa Norwich sementara unggul 3-1 atas Man City.

Unggul dua gol membuat anak asuhan Daniel Farke tampil lebih percaya diri. Sergio Aguero dan kawan-kawan dibuat kesulitan untuk menembus lini pertahanan Norwich. Beberapa kali peluang mampu dimentahkan oleh para pemain bertahan Norwich.

City yang terus menyerang akhirnya mampu menipiskan ketertinggalan pada menit ke-88. Rodri melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti. Tembakan yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang Norwich gagal diantisipasi oleh Krul.

Gol dari Rodri membuat para pemain Man City lebih bersemangat untuk menyerang. Berbagai upaya Man City untuk menyamakan skor gagal menemui hasil. Peluang Aguero di menit-menit akhir pertandingan mampu dimentahkan oleh Krul yang berdiri tepat menerima tembakan dari Aguero. Pertandingan berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Norwich.

Hasil ini menjadi kekalahan pertama Man City di musim 2019/20. Kekalahan ini juga membuat Man City tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen sementara, Liverpool, yang sebelumnya mampu meraih kemenangan atas Newcastle United.

Sementara bagi Norwich, kemenangan ini membuat mereka sementara terhindar dari zona degradasi. Dari lima pertandingan, Norwich mengumpulkan enam poin dari dua kemenangan dan menempati peringkat 12 di papan klasemen.

Komentar