Transfer Unik Cucurella, Strategi Barcelona

Berita

by redaksi

Transfer Unik Cucurella, Strategi Barcelona

Marc Cucurella tampil mengesankan selama membela SD Eibar pada La Liga 2018/19. Bermain dalam 33 pertandingan, pemain kelahiran Allela ini menjadi bagian penting Eibar selamat dari jurang degradasi.

Cucurella sendiri merupakan pemain didikan La Masia alias akademi Barcelona. Saat bermain di Eibar musim lalu pun ia berstatus pemain pinjaman dari Barcelona. Namun ia menjalani transfer yang unik pada bursa transfer musim panas 2019 ini.

Karena menjadi pemain andalan, Eibar mempermanenkan Cucurella. Sesuai kesepakatan di awal musim 2018/19, Eibar memang memiliki hak untuk mempermanenkan Cucurella dengan nilai transfer 2 juta euro. Per 1 Juli 2019, Eibar resmi memiliki Cucurella. Cucurella pun sudah mengikuti pra-musim Eibar.

Namun dalam kesepakatan yang dilakukan pada 27 Mei itu Barca mencantumkan klausul pembelian kembali bernilai 4 juta euro. Uniknya, Barca mengaktifkan klausul tersebut pada 16 Juli 2019 atau 16 hari setelah bursa transfer musim panas 2019 dibuka. Praktis Cucurella kembali menjadi milik Barca dalam tempo sesingkat-sesingkatnya.

“Marc Cucurella tidak akan melanjutkan kariernya lagi di Eibar karena Barcelona telah mengaktifkan klausul pembelian kembali. Eibar sebelumnya mengaktifkan opsi pembelian Cucurella pada 27 Mei, dan sang pemain sudah menjalani pra-musim dengan tim, tapi Barcelona mengaktifkan opsi yang mereka miliki hari ini (16/7),” tulis laman resmi Eibar.

Keunikan dari transfer Cucurella tak berhenti sampai di situ. Dua hari setelah kembali ke Barcelona, ternyata pemain berusia 20 tahun itu langsung dipinjamkan ke klub lain, bukan Eibar melainkan Getafe.

Getafe pun punya opsi mempermanenkan Cucurella pada musim depan dengan nilai transfer 6 juta euro. Selain itu, Barca juga mencantumkan klausul keuntungan 40% pada penjualan Cucurella di kemudian hari jika Getafe mengambil opsi permanen itu pada musim depan.

Itu artinya, Cucurella “pindah” ke tiga kesebelasan berbeda dalam satu bursa transfer. Situasi ini terjadi, kemungkinan besar, merupakan strategi Barca agar tetap mendapatkan keuntungan jika suatu saat Cucurella dijual dengan harga mahal oleh Getafe. Karena jika Barcelona tidak mengaktifkan klausul pembelian kembali dalam kesepakatan bersama Eibar, Barca tak akan mendapatkan keuntungan apapun ketika Eibar menjual Cucurella.

Komentar