Keuntungan Man United Hadapi PSG yang Bertabur Cedera

Berita

by redaksi

Keuntungan Man United Hadapi PSG yang Bertabur Cedera

Paris Saint-Germain (PSG) adalah kesebelasan besar bertabur bintang dalam skuatnya. Namun untuk laga menghadapi Manchester United di babak 16 besar Liga Champions, tim asal Perancis tersebut kini sedang menjadi kesebelasan bertabur cedera. Sejumlah pemain kunci dipastikan absen karena harus menepi dan menjalani perawatan di ruang medis.

United menjamu PSG pada leg pertama di Old Trafford, markas mereka, pada Rabu (13/2) dini hari WIB. Kubu tamu sudah dipastikan tidak akan diperkuat oleh Neymar Jr. dan Edinson Cavani. Keduanya adalah mesin gol PSG dengan total 41 gol dari total 114 gol yang telah dicatatkan PSG di segala ajang hingga awal Februari 2019 ini. Neymar dan Cavani merupakan trio mematikan bersama Kylian Mbappe, di mana ketiganya silih bergantian membobol gawang lawan.

Absennya Neymar dan Cavani cukup mengkhawatirkan sang pelatih, Thomas Tuchel. Walau begitu, dia tidak akan mengubah cara bermain PSG dan akan memaksimalkan potensi pemain yang ada.

"Tidak mudah untuk mengubah gaya bermain hanya dalam satu malam," ujar Tuchel pada laman resmi PSG. "Betul kami kehilangan beberapa pemain kunci di lini serang, tapi aku tak yakin kami harus mengubah gaya bermain. Kami tetap akan memainkan sepakbola menyerang, itu sudah menjadi DNA kami."

Tidak hanya Neymar dan Cavani, PSG juga akan kehilangan Thomas Meunier. Dengan Adrien Rabiot yang sedang ditangguhkan terkait keinginannya meninggalkan PSG, maka PSG Les Parisiens benar-benar tereduksi kekuatannya untuk lini serang. Meunier adalah bek sayap yang aktif membantu serangan.

Absennya para pemain di atas akan membuat PSG memainkan lebih banyak pemain defensif. Untuk pengganti di penyerangan kanan kemungkinan akan diisi Daniel Alves meski mereka punya Maxim Chopo-Mouting. Sementara untuk pos bek kanan diisi Thilo Kehrer, yang sebenarnya lebih sering bermain sebagai bek tengah. Julian Draxler akan disokong double pivot yang ditempati Marquinhos dan Marco Verratti.

Masalah PSG akan berlanjut sampai leg kedua jika Verratti dan Kehrer mendapatkan kartu kuning pada leg pertama ini. Keduanya akan mendapatkan akumulasi kartu jika menorehkan satu kartu kuning di Old Trafford. Jika keduanya absen, Tuchel harus berpikir keras menentukan susunan pemain karena Neymar dan Cavani pun kemungkinan besar belum pulih pada leg kedua nanti.

Karenanya leg pertama ini akan jadi keuntungan besar buat United. United yang tengah on fire (memenangi 10 laga plus satu imbang dari 11 laga terakhir) akan menghadapi PSG yang pincang. Absennya Antonio Valencia dan Matteo Darmian tak akan terlalu berpengaruh pada United di laga ini. Apalagi satu-satunya pemain yang terancam akumulasi kartu pada leg kedua nanti hanya Nemanja Matic. United bisa tampil maksimal dengan para pemain terbaiknya baik pada leg satu maupun leg kedua nanti.

Komentar