Arsenal Sulit Menang di Anfield

Berita

by redaksi

Arsenal Sulit Menang di Anfield

Liverpool akan melakoni laga pekan ke-20 Liga Primer Inggris dengan menjamu Arsenal di Anfield, Liverpool, Minggu (30/12) dini hari WIB. Liverpool lebih dijagokan mengingat mereka selalu meraih kemenangan dalam delapan laga terakhirnya di Liga Primer Inggris. The Reds juga merupakan satu-satunya kesebelasan yang belum mengalami kekalahan di Liga Primer Inggris.

Sebaliknya, Arsenal justru sedang dalam performa yang tidak konsisten. Pada laga boxing day kemarin, Arsenal hanya mampu bermain imbang melawan Brighton & Hove Albion. Pekan lalu, Arsenal juga meraih dua kekalahan beruntun; dikalahkan 2-3 oleh Southampton dan takluk dari rival abadinya Tottenham Hotspur pada perempat final Piala Liga.

Selain itu, Liverpool selalu tampil perkasa jika berlaga di depan publik sendiri. The Reds memenangi delapan dari sembilan laga kandangnya musim ini di ajang Liga Primer Inggris. Catatan kebobolan 2 gol dari 11 laga kandang merupakan bukti betapa angkernya Anfield bagi kesebelasan lawan.

“Kami telah menunjukkan bahwa kami sulit dikalahkan dan tidak hanya itu, kami juga sulit dibobol. Tidak banyak tim yang datang ke sini bisa melewati kami,” ujar bek muda Liverpool, Trent Alexander-Arnold melalui laman resmi kesebelasan. “Kami telah mencatatkan banyak cleansheet, terutama di kandang. Itu merupakan sesuatu yang kami banggakan sebagai pemain bertahan dan bagi seluruh tim. Kami bahagia ketika mencatatkan cleansheet.”

Kesuksesan lini belakang Liverpool juga tak lepas dari peran bek andalan mereka, Virgil Van Dijk. Pemain asal Belanda tersebut adalah sosok kunci bagi kesuksesan lini belakang Liverpool yang baru 7 kali kebobolan musim ini. Van Dijk selalu tampil dari keseluruhan 19 laga Liga Primer Inggris dan menorehkan 11 kali cleansheet. Menilik dari catatan impresif di atas, Van Dijk tentunya akan merepotkan lini depan Arsenal

Liverpool juga unggul dari segi rekor pertemuan. Dari tujuh laga menghadapi Arsenal, Liverpool tidak pernah terkalahkan, dengan meraih empat kali hasil imbang dan sisanya berakhir dengan kemenangan. Bahkan pertemuan terakhir di Anfield, Arsenal takluk empat gol tanpa balas dari Liverpool. Oleh karena itu, meraih poin penuh dari kandang Liverpool tentu bukan perkara mudah bagi Meriam London.

Manajer Arsenal, Unai Emery, juga mengakui betapa mengerikannya Liverpool musim ini. Manajer asal Spanyol tersebut mengungkapkan bahwa laga nanti akan menjadi laga yang sulit.

“Ini adalah pertandingan yang sangat besar bagi kami, dan bagi mereka. Mereka tidak terkalahkan musim ini, dengan kepercayaan diri yang sangat besar dan kinerja besar dari para pemain mereka. Saya melihat kemajuan mereka selama setahun terakhir dan mereka mungkin berada di momen terbaik sekarang,” tuturnya melalui laman resmi kesebelasan.

“Kami memiliki satu ujian melawan mereka di Emirates, kami bermain imbang, tapi itu pertandingan yang bagus. Di Liverpool akan menjadi pertandingan yang berbeda dengan apa yang kami mainkan di sini. Kami tahu itu (laga menghadapi Liverpool) sulit bagi kami, tetapi bagi saya itu adalah ujian yang sangat besar, saya memiliki motivasi besar.”

Meski begitu, manajer Liverpool, Jurgen Klopp, enggan meremehkan Arsenal. Mantan manajer Borussia Dortmund tersebut mengakui bahwa kesebelasannya harus mewaspadai skema serangan balik Arsenal.

“Arsenal berada dalam momen yang baik; mereka memiliki tim yang fantastis dan manajer yang fantastis, sehingga itu akan sangat sulit,” tuturnya melalui laman resmi kesebelasan. “Permainan yang sama sekali berbeda, tentu saja. Jika kami membiarkan mereka melakukan serangan balik seperti yang kami lakukan [melawan Newcastle], saya tidak berpikir kami memiliki peluang karena mereka sangat kuat dalam hal itu. Jadi kami harus memperbaiki banyak hal."

Arsenal punya Pierre-Emerick Aubameyang di lini serang. Dia adalah sosok pemain yang membahayakan lini serang Arsenal melalui serangan balik. Penyerang timnas Gabon ini sudah mencetak 13 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak sementara. Liverpool punya Mohamed Salah yang mencetak 12 gol sejauh ini.

foto: Anfield Wrap

[ham/ar]

Komentar