Santiago Solari: Menjadi Del Bosque atau Lopez Caro?

Berita

by redaksi

Santiago Solari: Menjadi Del Bosque atau Lopez Caro?

Real Madrid akan melawat ke Republik Ceko untuk melawan FC Viktoria Plzen pada gameweek empat Liga Champions 2018/19 di Doosan Arena, Kamis (8/11) dini hari WIB. Kepala Pelatih Sementara Real Madrid, Santiago Solari, ingin debutnya di Liga Champions berhias kemenangan.

Solari telah menangani Madrid dalam dua pertandingan sejak diangkat menjadi karteker menggantikan Julen Lopetegui. Pertandingan pertamanya adalah melawan UD Melilla di leg pertama putaran 32 besar Copa del Rey 2018/19, 1 November 2018. Madrid menang 4-0 pada pertandingan yang digelar di Estadio Municipal Alvarez Claro tersebut.

Untuk pertandingan keduanya, Solari menangani Madrid di pertandingan melawan Real Valladolid pada pekan ke-11 La Liga 2018/19, Sabtu (3/11). Madrid menang dua gol tanpa balas dan putuslah rangkaian hasil negatif Madrid.

Madrid musim ini sudah sekali menghadapi Plzen, pada pekan ketiga fase grup, saat masih ditangani Lopetegui. Bertindak sebagai tuan rumah, Madrid menang 2-1. Solari berambisi memenangi pertandingan kedua Madrid melawan Plzen, yang juga menjadi pertandingan pertamanya di Liga Champions.

Madrid sudah cukup sering memecat pelatih di tengah kompetisi, sehingga tidak sedikit sosok yang menjalani pertandingan pertama di Liga Champions sebagai Kepala Pelatih Madrid di tengah-tengah berjalannya musim.

Dari banyak kepala pelatih Madrid yang menangani tim di tengah musim, hanya Ramon Lopez Caro yang kalah dalam pertandingan Liga Champions pertama sebagai Kepala Pelatih Madrid. Madrid-nya Lopez Caro kalah 1-2 dari Olympiakos.

Berbeda dengan Lopez Caro, Arsenio Iglesias (1995/96) menang atas Juventus di 16 besar. John Toshack (1998/99) menang atas Dynamo Kyiv di perempat final. Pada musim 1999/2000, Vicente del Bosque menjalani pertandingan Liga Champions pertamanya sebagai Kepala Pelatih Madrid juga melawan Dynamo Kyiv, di Fase Grup Kedua—Madrid-nya Del Bosque menang 2-1. Mariano Garcia Remon membawa Madrid menang 4-2 atas Roma di musim 2004/05. Di musim yang sama Wanderlei Luxemburgo menggantikan Garcia Remon dan membawa Madrid menang atas Juventus di 16 besar.

Santiago Solari akan menorehkan rekor positif tiga kemenangan dalam tiga pertandingan jika menang atas Plzen. Akankah dia menjadi Lopez Caro yang kalah pada percobaan pertama, ataukah menjadi Del Bosque yang menang dan pada akhirnya membawa Madrid menjuarai Liga Champions?

[mag/pik]

Komentar