Neymar Lampaui Pele

Berita

by redaksi

Neymar Lampaui Pele

Brasil menang atas rival mereka, Argentina, 1-0 pada laga persahabatan di Jeddah, Arab Saudi, Selasa (16/10). Di pertandingan itu Neymar menorehkan catatan yang membuatnya melampaui Pele.

Laga tersebut menjadi penampilan ke-93 Neymar bersama Tim Nasional Brasil. Dengan itu dirinya melampaui Pele, Rivellino, dan Kaka dalam daftar pemain dengan jumlah penampilan terbanyak untuk Selecao.

Neymar kini sejajar dengan Gilberto Silva. Mengingat usianya baru 26 tahun, Neymar berpeluang besar melewati pemain-pemain lain seperti Gilmar (94), Ronaldinho (97), serta Djalma Santos dan Ronaldo (98). Rekor penampilan terbanyak di Tim Nasional Brasil masih dipegang Cafu dengan 142 pertandingan. Selain Cafu, hanya ada lima nama lain yang pernah membela Brasil dalam 100 pertandingan atau lebih: Roberto Carlos, Dani Alves, Lucio, Claudio Taffarel, dan Robinho.

Neymar menorehkan catatan lain di pertandingan melawan Argentina tersebut. Asis-nya untuk gol tunggal pertandingan, yang dicetak Miranda pada menit ke-93, membuat jumlah gol dan asis Neymar menjadi 100—59 gol dan 41 asis.

Rekor pencetak gol terbanyak Tim Nasional Brasil masih dipegang Pele, dengan 77 gol. Ronaldo, dengan 62 gol, berada tepat di belakang Pele. Neymar menguntit di peringkat ketiga, empat gol lebih banyak dari Romario di posisi empat. Selain keempatnya, tidak ada pemain yang pernah mencetak 50 gol atau lebih untuk Tim Nasional Brasil.

Dengan jarak yang tak terlalu jauh dan karier yang relatif masih panjang, Neymar bisa melampaui produktivitas Ronaldo dan Pele. Walau demikian, Neymar masih tertinggal dari keduanya dalam hal keberhasilan menjuarai Piala Dunia.

Komentar