Tottenham dan Barcelona Sama-sama Punya Masalah

Berita

by redaksi

Tottenham dan Barcelona Sama-sama Punya Masalah

Menjelang pertemuan di matchday 2 Liga Champions 2018/19, Kamis (4/10) dini hari WIB, Tottenham Hotspur dan Barcelona sama-sama punya masalah.

“Keadaan musim ini menjadi tantangan besar untuk semua orang, bukan hanya kami,” ujar Mauricio Pochettino dalam jumpa pers pra-pertandingan melawan Barcelona. “Banyak tim yang menghadapi masalah serupa. Saya ulangi: para pemain bukan mesin.”

Dalam kesempatan yang sama Pochettino mengonfirmasi bahwa Dele Alli tidak akan bertanding melawan Barcelona. Alli terpaksa menepi karena cedera hamstring-nya—cedera yang dia dapat dalam pertandingan UEFA Nations League antara Inggris dan Spanyol awal September lalu—kambuh.

Beberapa pemain penting lain diragukan cukup bugar saat hari pertandingan tiba. Termasuk di antaranya adalah Christian Eriksen yang absen di pertandingan terbaru Tottenham, tandang di Huddersfield pada Sabtu (29/9) lalu. Di pertandingan yang sama Jan Vertonghen dan Mousa Dembele ditarik keluar saat turun minum.

Kepadatan jadwal tampak punya pengaruh besar dalam krisis kebugaran pemain-pemain Tottenham. Semua pemain yang disebutkan di atas, kecuali Eriksen, cukup sibuk di musim panas karena negaranya masing-masing lolos ke semifinal Piala Dunia 2018. Keempatnya baru bergabung dengan tim lima hari menjelang laga pertama Tottenham di Liga Inggris 2018/19.

“Lihat saja [jadwal] kompetisinya,” ujar Pochettino. “Pemain-pemain ini pulang dari Piala Dunia dan beristirahat beberapa minggu lalu memulai Liga Primer. Kemudian di [jeda] internasional pertama mereka bermain lagi, dua pertandingan tapi bukan persahabatan—UEFA Nations League. Normal semua tim nasional ingin pemain-pemain terbaik bermain. Siapa yang peduli dengan [kebugaran] pemain? Sulit sekali.”

Jika nantinya Vertonghen atau Eriksen tidak bermain, maka mereka akan melewatkan reuni kecil dengan sesama alumni Ajax Amsterdam. Di skuat Tottenham dan Barcelona saat ini, ada lima pemain yang nyaris satu generasi dan pernah bermain bersama di Ajax.

Barcelona, sementara itu, tidak punya masalah kebugaran. Hanya Sergi Roberto pemain utama yang cedera. Walau demikian, penampilan Barcelona sedang kacau-kacaunya. Begitu kacau sampai dalam tiga pertandingan terbaru, mereka hanya mampu meraih dua poin.

Dalam pertandingan terbaru, melawan Athletic Bilbao pada Sabtu (29/9), Barcelona bahkan sampai harus menurunkan Lionel Messi—yang sejatinya diistirahatkan untuk melawan Tottenham—demi menghindari kekalahan.

“Tidak ada kegelisahan,” ujar Messi sebagaimana dikutip dari Evening Standard. “Ini baru awal musim. Kami hanya merasa marah untuk dua hasil terakhir. Kami bermain bagus di babak pertama melawan Leganes dan kalah. [Padahal] kami menciptakan situasi yang dibutuhkan untuk menang.

“Kami sadar kami harus lebih kuat dalam bertahan dan tidak kebobolan di setiap pertandingan.”

Danny Rose, bek kanan Tottenham, berkata bahwa timnya harus memanfaatkan pertandingan melawan Barcelona untuk kembali ke jalur kemenangan di Liga Champions. Pada matchday 1, Tottenham yang unggul lebih dulu pada akhirnya kalah setelah Inter Milan mencetak dua gol balasan dalam tempo lima menit di pengujung laga. Barcelona, sementara itu, mengalahkan PSV empat gol tanpa balas pertandingan pembuka Grup B.

[pik]

Komentar