Statistik Messi Saat Hancurkan PSV

Berita

by Reva Bagja Andriana

Reva Bagja Andriana

Ekonomi, Sepakbola dan Metal.

Statistik Messi Saat Hancurkan PSV

Barcelona mampu mengawali perjalanan di Liga Champions 2018/19 dengan memetik poin penuh. Melawan PSV Eindhoven di Camp Nou (19/09) dini hari WIB, mereka berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-0.

Kemenangan tersebut diraih berkat trigol Lionel Messi (31’, 77’, 87’) serta satu gol yang dicetak oleh Ousmane Dembele (74’). Pertandingan ini sendiri sempat diwarnai dengan kartu merah Samuel Umtiti setelah menerima kartu kuning kedua akibat melanggar Hirving Lozano pada menit ke-79.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Barcelona mampu menguasai jalannya pertandingan. Terbukti dengan penguasaan bola yang mencapai 75,2% dengan tingkat kesuksesan umpan 91%. Selain itu, total 21 tembakan berhasil dilepaskan oleh para pemain Barca.

PSV yang diarsiteki oleh Mark Van Bommel pun menggunakan strategi serangan balik dari para pemainnya. Mengandalkan Lozano dan Steven Bergwijn di sayap, beberapa kali mereka mampu beradu cepat dengan bek sayap Blaugrana. Namun hal itu tak cukup untuk membuat mereka meraih kemenangan.

“Saya sangat senang dengan kemenangan 4-0, hal yang normal terjadi dan mereka keluar dengan sangat teratur, mencari serangan balik, dan mereka cukup berhasil dengan hal tersebut. Kami tahu hal itu sangat sulit, apalagi saat mencetak gol pertama,” ujar Ernesto Valverde, pelatih Barcelona, dikutip dari Marca.

"Namun setelah gol kedua, kami menjadi lebih tenang dan membuat segalanya menjadi mudah, sangat sulit untuk membongkar [pertahanan] lawan di awal laga," sambungnya.

Messi kembali lagi menjadi sorotan dengan gelontoran gol yang dicetak pada pertandingan kali ini. Dengan tiga gol yang dicetak oleh Messi menambah catatan hattrick dirinya menjadi delapan dan merupakan yang terbanyak di kompetisi Liga Champions. Unggul satu hattrick dari Cristiano Ronaldo, yang tentu keduanya masih bisa saling mengejar.

Salah satu gol yang dicetak pemain berusia 31 tahun tersebut berasal dari tendangan bebas yang tidak mampu dijangkau oleh kiper PSV, Jeroen Zoet. Dengan kualitas yang dimiliki dan performa yang ditunjukkan pada pertandingan ini, dirinya memang layak jika dianggap sebagai pemain terbaik dunia.

“Dia [Messi] melakukan hal yang luar biasa dan menjadikannya sebuah kebiasaan, hari ini dengan tiga gol, dengan pelanggaran [terhadap Dembele] dirinya berhasil menyelesaikan permainan, tendangan [bebas] yang dilakukan sangatlah berkelas, dan dia tidak lelah untuk membuat hattrick dalam kariernya,” tutur Valverde.

“Saya memiliki opini bahwa Messi adalah yang terbaik di dunia, teknik yang dimilikinya adalah yang terbaik di dunia,” ujar Van Bommel mengomentari performa Messi, dikutip dari Marca.

Messi total melepaskan 6 tembakan ke gawang PSV, 4 di antaranya mengarah ke gawang. Ia juga mencatatkan 82 operan, terbanyak keempat bersama Ivan Rakitic (kalah dari Sergio Busquets, Sergi Roberto, dan Jordi Alba) dengan tiga di antaranya merupakan umpan kunci. Pemain berusia 31 tahun ini pun tercatat tiga kali melewati lawan.

Tidak hanya itu, pemain asal Argentina ini juga berhasil dua kali merebut bola dari dua kali percobaan, terbanyak kedua di skuat Barca. Tiga gol yang ia cetak merupakan penyempurna penampilan Messi saat menghancurkan PSV.

foto: latestglobalnewstoday

Komentar