Tips dan Cara Menuju Stadion Wibawa Mukti

Berita

by redaksi

Tips dan Cara Menuju Stadion Wibawa Mukti

Tim Nasional Sepakbola Putra Indonesia akan melawan Uni Emirat Arab pada 16 besar Asian Games. Pertandingan akan digelar di Stadion Wibawa Mukti pada Jumat (24/8) pukul 16.00 WIB. Kami himpun tips dan cara menuju stadion yang terletak di Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, tersebut dengan merujuk Bandung dan Jakarta sebagai dua kota besar yang bisa menjadi jalur pilihan.

Naik Bus dari...

Bandung: Primajasa jurusan Bandung-Jababeka

Naik dari Terminal Leuwi Panjang (jadwal keberangkatan paling awal: 05.00 WIB; bus berangkat setiap jam). Turun di Hollywood Junction.

Tips: Boleh pula meminta turun di Ruko Anggrek agar lebih dekat ke stadion. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Stadion Wibawa Mukti, sejauh 3 km.

Jika perjalanan dilanjutkan dengan transportasi online, sebaiknya tetap turun di Hollywood Junction karena jika diberlakukan pengalihan lalu lintas pada hari pertandingan, kalian yang naik transportasi online dari Ruko Anggrek akan tetap harus melewati Hollywood Junction.

Jakarta: JRC (AO), Mayasari Bakti AC 121, Mayasari Bakti AC 122, Mayasari Bakti P 9BC

Bus AO berangkat dari Blok M menuju Lippo Cikarang melewati Bunderan Senayan, Gelora Bung Karno, Semanggi, dan Menara Mulia sebelum memasuki tol. Kalian bisa menunggu bus ini di halte mana pun di titik-titik yang disebutkan sebelumnya. Dari Lippo Cikarang, perjalanan hanya bisa dilanjutkan menggunakan transportasi online.

Mayasari Bakti AC 121 berangkat dari Blok M menuju Terminal Cikarang. Minta kepada kondektur untuk diingatkan jika bus sudah dekat dengan Jababeka. Dari Jababeka kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan angkot K99 A lalu turun di bundaran Tropikana dan berjalan kaki sejauh 2 km menuju stadion. Pilihan lainnya adalah naik angkot K99 B dan turun di Ruko Anggrek lalu berjalan kaki sejauh 3 km menuju stadion.

Mayasari Bakti AC 121 berangkat dari Pasar Senen dan melewati Salemba, Jatinegara, serta Prumpung sebelum masuk ke Tol Dalam Kota. Jika naik bus ini kalian harus turun di Terminal Cikarang. Dari Terminal Cikarang perjalanan bisa dilanjutkan dengan angkot K-17, turun di Jababeka. Selebihnya sama dengan paragraf di atas.

Mayasari Bakti P 9BC berangkat dari Terminal Kampung Rambutan menuju Terminal Cikarang. Selebihnya sama dengan paragraf sebelumnya.

Q: Kenapa naik 121 turun di Jababeka sementara naik 121 atau 9BC turun di Terminal Cikarang?

A: Tujuan akhir ketiga bus tersebut sama-sama Terminal Cikarang, tapi 121 keluar lewat gerbang tol yang berbeda dengan 122 dan 9BC. Bus 121 keluar lewat Gerbang Tol Cikarang Barat dan melewati Jababeka untuk menuju pemberhentian akhir, sementara 122 dan 9BC keluar lewat Gerbang Tol Cibitung dan sama sekali tidak melewati Jababeka.

Q: Bolehkah turun di Jababeka jika naik bus AO?

A: Boleh saja jika bisa. Sayangnya tidak. Bus AO, walau keluar lewat gerbang tol yang sama dengan 121, tidak melewati Jababeka (AO belok kanan menuju Lippo Cikarang, 121 belok kiri menuju Terminal Cikarang). Jika kalian mau, minta kondektur menurunkan kalian selepas Gerbang Tol Cikarang Barat dan lanjutkan perjalanan menuju Jababeka dengan angkot K17 atau K33.

Bogor atau Tangerang: Agra Mas Bogor-Cikarang, Agra Mas Tangerang-Cikarang

Agra Mas Bogor berangkat dari Terminal Baranangsiang. Bus ini melewati Cibubur dan TB Simatupang. Agra Mas Tangerang berangkat dari Poris lalu melewati Cikokol, Alam Sutera, dan Bumi Serpong Damai serta Pasar Rebo dan Kampung Rambutan.

Karena keduanya sama-sama keluar lewat Gerbang Tol Cibitung, kalian harus turun di Terminal Cikarang untuk menuju Stadion Wibawa Mukti.

Garut atau Tasik: Karunia Bakti Garut-Cikarang, Budiman Tasik-Cikarang

Kedua bus ini sama-sama melewati Cileunyi, sehingga kalian yang berangkat dari Cileunyi atau Sumedang bisa menggunakan salah satu dari keduanya untuk menuju Cikarang. Berbeda dengan Primajasa Bandung-Jababeka, kedua bus ini tidak memasuki Cikarang lewat Pintu Tol Cikarang Barat. Karunia Bakti dan Budiman memasuki Cikarang dari Karawang.

Untuk kalian yang memilih transportasi ini, kalian bisa minta kondektur untuk menurunkan kalian di Stasiun Kereta Api Lemah Abang. Lanjutkan perjalanan dengan K33 menuju President University (lalu naik transportasi online) atau menuju Jababeka (lalu K99 A atau K99B).

Naik Kereta dari...

Bandung: Kereta Api menuju Stasiun Gambir

Turun di Stasiun Jatinegara. Lanjutkan perjalanan dengan kereta Commuter Line jurusan Stasiun Cikarang. Dari Stasiun Cikarang, lanjutkan perjalanan dengan ojek online atau dengan angkot K17 menuju Jababeka, kemudian K99 A atau K99 B.

Tips: Agar terlihat tahu medan, bilang “Bang/Mbak, lewat President aja ya biar cepet” kepada driver-nya transportasi online. President di sini maksudnya President University, tapi untuk memberi kesan akamsi, cukup President saja. Kalau ditanya lagi ke President lewat mana, bilang saja “Lewat Tekno Boulevard.”

Jakarta: Commuter Line jurusan Stasiun Cikarang

Commuter Line Jakarta Kota-Cikarang melewati dan berhenti di Stasiun Jayakarta, Mangga Besar, Sawah Besar, Juanda, Gondangdia, Cikini, Manggarai, Jatinegara, Klender, Buaran, Klender Baru, Cakung, Kranji, Bekasi, Bekasi Timur, Tambun, dan Cibitung. Jika rumah kalian dekat dengan stasiun-stasiun ini, naiklah dari salah satunya. Jika tidak, naiklah Commuter Line menuju Stasiun Manggarai atau Jatinegara, dua stasiun transit yang dilewati Commuter Line Jakarta Kota-Cikarang.

Bogor, Rangkasbitung, atau Tangerang: Commuter Line jurusan Stasiun Manggarai

Sebagaimana disebutkan di paragraf sebelumnya, Commuter Line Jakarta Kota-Cikarang melewati dua stasiun transit dan salah satunya adalah Stasiun Manggarai.

***

Tentu tidak semua dari kalian akan menuju Stadion Wibawa Mukti dengan kendaraan umum. Untuk kalian yang datang ke stadion menggunakan mobil, akses terbaik untuk mencapai Cikarang, baik dari arah Barat (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Depok) atau dari arah Timur (Bandung, Cirebon, Jawa Tengah, dan lainnya), adalah melalui Tol Cikampek. Meski mungkin lalu lintas di Tol Cikampek akan sedikit padat, namun akses Tol Cikampek masih lebih baik ketimbang jalan non-tol, dengan catatan tidak ada kondisi luar biasa di jalan Tol yang menyebabkan kemacetan parah (misal: kecelakaan). Ada baiknya untuk tetap mengaktifkan aplikasi penunjuk jalan untuk memastikan kondisi Tol Cikampek dalam kondisi ‘normal’.

Gerbang tol dengan jarak terdekat dari Stadion Wibawa Mukti adalah Gerbang Tol Cibatu (KM 34) dan Gerbang Tol Cikarang Timur di (KM 37).

Keluar Gerbang Tol Cibatu

Setelah melewati gerbang tol kalian akan melihat Mall Orange County. Bagi kalian yang khawatir kesulitan mendapat tempat parkir di Wibawa Mukti, area ini dapat menjadi alternatif tempat parkir. Dari sini kalian dapat melanjutkan perjalanan menggunakan ojek online dengan biaya Rp 10.000.

Jika tidak, setelah melewati Orange County, belok kiri ke jalan Jl. Orange County Boulevard. Kemudian telusuri jalan itu hingga mencapai Jl. Science Boulevard dan kalian melihat komplek Stadion Wibawa Mukti.

Keluar Gebang Tol Cikarang Timur

Setelah membayar di pintu Tol Cikarang Timur kalian akan masuk ke Jl. Deltamas Boulevard, belok kanan di perempatan pertama, dan belok kanan lagi di Jl. Raya Tegal Danas. Ikuti saja teru Jl. Raya Tegal Danas sampai kalian menemukan komplek Wibawa Mukti.

Alternatif lainnya: setelah belok kanan dari Jalan Deltamas Boulevard, lurus terus ke Jalan Orange County Boulevard lalu belok kanan di pertigaan pertama lalu telusuri jalan itu hingga mencapai Jl. Science Boulevard dan kalian melihat komplek Stadion Wibawa Mukti.

***

Sementara itu, bagi kalian yang datang menggunakan kendaraan roda dua, ada banyak alternatif jalan menuju Cikarang dan Wibawa Mukti. Beberapa jalan utama yang bisa kalian lewati adalah Jalan Raya Serang-Cibarusah (untuk kalian yang berangkat dari Cileungsi dan sekitarnya), Jalan Raya Teuku Umar dan Jalan Raya Kalimalang (untuk kalian yang dari dan melewati Bekasi), serta Jalan Raya Rengas Bandung (untuk kalian yang datang dari atau melewati Karawang dan sekitarnya).

Karena kendaraan roda dua memungkinkan untuk melalui jalan-jalan kecil untuk menghindari kemacetan, mungkin lebih baik kalian mengaktifkan aplikasi penunjuk arah untuk mendapatkan rute terbaik dari area keberangkatan masing-masing.

Catatan: tempat parkir mobil di area Wibawa Mukti sangat terbatas. Mencari tempat parkir di pusat perbelanjaan yang terletak tidak jauh dari Stadion dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek online sepertinya bukan pilihan buruk demi keamanan dan kenyamanan. Parkir sedikit lebih jauh juga menghindarkan kalian dari kemacetan jalan selepas pertandingan.

[pik/abi]

Komentar