Para Pemain City Menjelang Musim yang Sangat Berat

Berita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Para Pemain City Menjelang Musim yang Sangat Berat

Pep Guardiola telah memperingatkan para pemainnya: dia akan lebih keras kepada mereka di musim 2018/19. Tujuannya? Untuk mempertahankan gelar juara Liga Primer Inggris, tentu saja. Untuk menjadi kesebelasan pertama yang mampu mempertahankan gelar juara Liga Primer Inggris dalam satu dekade terakhir, tepatnya.

Kesebelasan terakhir yang mampu mempertahankan gelar juara Liga Primer Inggris adalah Manchester United. Red Devils, juara Liga Primer Inggris musim 2007/08, kembali menjuarai divisi tertinggi liga sepakbola Inggris tersebut pada musim 2008/09.

Manchester City sendiri selalu gagal mempertahankan gelar. Dengan status juara bertahan, The Citizens dua kali menduduki peringkat kedua—di musim 2012/13 dan 2014/15.

Guardiola tidak asing dengan tugas mempertahankan gelar. Tiga kali berturut-turut dia menjuarai La Liga bersama Barcelona (2008/09, 2009/10, dan 2010/11). Tiga kali berturut-turut juga dia menjuarai Bundesliga 1 bersama Bayern Munchen (2013/14, 2014/15, dan 2015/16).

“Aku tidak tahu kenapa,” kata Guardiola ketika ditanya mengapa begitu sulit mempertahankan gelar juara Liga Primer Inggris. “Aku pernah melakukannya di Barca dan Bayern, dan kami berhasil memenangi liga secara berturut-turut. Di sini mungkin situasinya lebih rumit bagi para pesaing—semua tim bagus.”

“Aku tidak tahu selapar apa kami, aku tidak punya jawabannya,” lanjut Guardiola dalam jumpa pers yang sama. “Namun aku akan berusaha mengulang apa yang kami lakukan di Barca dan Bayern, dan lebih keras kepada para pemain.”

Bekerja lebih keras di musim baru menjadi begitu penting karena dalam tiga musim terakhir, juara bertahan Liga Primer Inggris selalu gagal lolos ke Liga Champions. Chelsea, juara musim 2014/15, mengakhiri musim 2015/16 di peringkat kesepuluh. Leicester City, juara musim 2015/16, menduduki posisi 12 di musim berikutnya. Chelsea yang kembali menjadi juara di musim 2016/17 hanya mampu menempati peringkat kelima saat Manchester City menjuarai Liga Primer Inggris musim 2017/18.

Sepanjang sejarah Liga Primer Inggris, hanya ada dua kesebelasan yang berhasil mempertahankan gelar juara: Manchester United dan Chelsea. Manchester United melakukannya dalam enam kesempatan (dua kali juara di dua musim berturut-turut dan dua kali juara di tiga musim berturut-turut) dan Chelsea pada satu kesempatan.

Jika Guardiola mampu membawa City menjuarai Liga Primer Inggris 2018/19, maka namanya akan masuk ke daftar elite yang saat ini baru berisi Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho.

Komentar