Top Skor Eredivisie Gabung Brighton

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Top Skor Eredivisie Gabung Brighton

Brighton and Hove Albion resmi mendaratkan Alireza Jahanbakhsh dari AZ Alkmaar. Dengan mendatangkan sang penyerang sayap, The Seagulls memecahkan rekor transfer kesebelasan.

The Guardian melaporkan nilai transfer Alireza mencapai 17 juta euro (sekitar 288 miliar rupiah). Nilai tersebut lebih tinggi dari nilai transfer Yves Bissouma (15 juta euro), yang juga didatangkan di bursa transfer kali ini.

“Ali adalah pemain yang sudah kami tahu dan amati selama beberapa tahun, dan kemampuannya bermain di banyak posisi akan meningkatkan pilihan serangan dalam skuat kami,” ujar Chris Hughton, dikutip dari laman resmi Albion.

“Dia dapat bermain di sayap atau di posisi gelandang serang, dan sekarang saya sangat tidak sabar bekerja sama dengannya.”

Alireza adalah pencetak gol terbanyak di Eredivisie Belanda musim 2017/18. Pemain berkebangsaan Iran tersebut mencetak 21 gol dalam 33 penampilan. Dia pemain Iran pertama yang meraih penghargaan pencetak gol terbanyak di liga top Eropa.

Baca juga: Asia Pertama di Antara Mesin Gol Top Eropa

Alireza tentu bukan top skor Eredivisie pertama yang pindah ke Inggris. Sebelumnya, berturut-turut, ada Luc Nilis, Ruud van Nistelrooy, Mateja Kezman, Dirk Kuyt, Afonso Alves, Luis Suarez, Wilfried Bony, Memphis Depay, dan Vincent Janssen.

Dari setidaknya sembilan nama di atas, hanya Van Nistelrooy, Kuyt, Suarez, dan Bony yang juga bisa mencetak banyak gol di Inggris. Meski banyak yang gagal, tapi Brighton berharap ada yang berbeda dari pemain asal Iran ini.

“Proses untuk tiba di sini panjang, dengan beberapa hari sibuk untuk menentukan tujuan, tapi aku akhirnya ke sini dan sangat senang dengan keputusanku,” ujar Alireza, dikutip dari laman resmi kesebelasan.

“Aku punya kesempatan untuk datang ke sini tiga tahun lalu, dan walau ini tempat yang tepat untukku, saat itu bukan waktu yang tepat untuk pindah ke Inggris.”

Sang pemain 24 tahun menandatangani kontrak berdurasi lima tahun. Alireza menjadi pemain kedelapan yang didatangkan The Seagulls di bursa transfer musim panas 2018.

Sebelum Alireza, Brighton telah mendatangkan Florin Andone (Deportivo La Coruna), Leon Balogun (FSV Mainz), Yves Bissouma (Lille OSC), David Button (Fulham), Bernardo Fernandes da Silva Junior (RB Leipzig), Jason Steele (Sunderland), dan Percy Tau (Mamelodi Sundowns).

Komentar