Pemutihan Kartu di Semifinal

Berita

by Rio Pangestu

Rio Pangestu

Pembaca yang menulis.

Pemutihan Kartu di Semifinal

Babak perempat final Piala Dunia 2018 sudah berakhir. Perancis, Belgia, Kroasia, dan Inggris adalah empat negara yang berhak maju ke semifinal setelah sukses memenangi pertandingan mereka masing-masing di babak perempatfinal.

Seiring dengan berakhirnya babak perempat final, maka peraturan pemutihan kartu pun akan diterapkan oleh FIFA. Karena sistem akumulasi kartu hanya berlaku dari fase grup hingga babak perempat final. Melansir situs resmi FIFA, diadakannya peraturan ini bertujuan untuk menghindari absennya seorang pemain pada laga final, hanya karena mendapatkan kartu kuning kedua saat berlaga di semifinal.

Pemutihan ini hanya berlaku bagi pemain yang baru mengoleksi 1 kartu kuning sampai babak perempat final. Pemutihan tidak akan diberlakukan bagi pemain yang sampai babak perempat final sudah mengoleksi 2 kartu kuning.

Dari seluruh pemain pada empat tim yang lolos ke semifinal, hanya Thomas Meunier dari Belgia yang tidak akan bisa tampil di babak semifinal. Pemain bernomor punggung 15 itu mendapat kartu kuning keduanya saat berlaga melawan Brasil di babak perempat final, Jumat (6/7). Kartu kuning pertama didapat Meunier saat berlaga melawan Panama di fase grup.

Di antara empat tim peserta semifinal, Kroasia menjadi tim yang paling banyak menerima kartu kuning. Total sebanyak 12 pemain, 8 di antaranya pemain utama, mendapat ganjaran kartu kuning selama berlaga di fase grup hingga perempat final. Akan tetapi pelatih Zlatko Dalic tidak akan dipusingkan dengan catatan itu karena kartu kuning yang diterima oleh keduabelas pemainnya akan diputihkan di babak semifinal.

Inggris sementara itu, menjadi tim yang paling sedikit menerima kartu kuning di antara empat tim peserta semifinal. Hanya ada 5 pemain The Three Lions yang menerima kartu kuning selama berlaga di fase grup hingga perempat final. Mereka adalah Harry Maguire, Jesse Lingard, Jordan Henderson, Kyle Walker, dan Ruben Loftus-Cheek.

Pertandingan semifinal akan digelar pada tanggal 10 dan 11 Juli 2018 (atau 11 dan 12 Juli 2018 dini hari WIB). Laga antara Perancis kontra Belgia di Saint Petersburg Stadium akan membuka babak semifinal Piala Dunia 2018.

Komentar