Peran VAR dalam Kemenangan Swedia atas Korea Selatan

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Peran VAR dalam Kemenangan Swedia atas Korea Selatan

Swedia berhasil menumbangkan Korea Selatan pada laga perdananya di Piala Dunia 2018. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Nizhny Novgorod, Senin (18/6), Swedia berhasil meraih kemenangan tipis 1-0. Bagi Swedia ini merupakan kemenangan pertama yang mereka raih di pertandingan pertama Piala Dunia dalam 60 tahun terakhir.

Terakhir kali Swedia meraih kemenangan di laga perdana Piala Dunia terjadi pada 1958, dengan mengalahkan Meksiko tiga gol tanpa balas. Setelah itu di tujuh edisi Piala Dunia selanjutnya, Swedia hanya mampu meraih lima hasil imbang dan dua kalah dalam pertandingan pertamanya di Piala Dunia 1970, 1974, 1978, 1990, 1994, 2002, dan 2006.

Peran teknologi Video Assistant Referee (VAR) berkontribusi besar dalam keberhasilan Swedia menuntaskan penantian selama 60 tahun lamanya untuk meraih kemenangan perdananya di laga pembuka Piala Dunia. Satu-satunya gol Swedia di laga melawan Korea Selatan dihasilkan melalui eksekusi penalti Andreas Granqvist di menit ke-65.

Penalti tersebut didapat Swedia setelah wasit Joel Antonio Aguilar Chicas meninjau ulang kejadian yang terjadi di kotak penalti Korea Selatan di menit ke-62 melalui VAR. Kejadian bermula saat Kim Min-Woo menjegal Viktor Claesson, yang bersiap menyambut bola muntah hasil tinjuan penjaga gawang Cho Hyun Woo.

Saat kejadian, posisi wasit Aguilar berada dalam posisi yang kurang tepat, sehingga ia tidak langsung menunjuk titik putih. Wasit asal El Salvador itu pun memberi isyarat pertandingan berlanjut hingga akhirnya bola keluar. Wasit Aguilar kemudian menghentikan pertandingan untuk sementara setelah ia mendapat kode dari petugas VAR melalui earphone yang dikenakannya.

Tak lama kemudian wasit Aguilar pun melangkah keluar lapangan untuk meninjau ulang kejadian di menit ke-62 itu melalui VAR. Wasit Aguilar langsung menunjuk titik putih begitu kembali ke lapangan permainan.

Andreas Granqvist ditunjuk sebagai eksekutor. Penggawa Swedia itu pun sukses menjalankan tugasnya dengan baik untuk membawa Swedia unggul 1-0.

Setelah unggul, Swedia tak mengendurkan serangan. Beberapa peluang berhasil didapat, namun gagal berbuah gol kedua. Sampai pada menit ke-80, Swedia pun mengubah strategi dengan bermain lebih bertahan. Situasi tersebut dimanfaatkan Korea meningkatkan agresivitas untuk mencetak gol penyama kedudukan. Sayangnya beberapa upaya Korea gagal berbuah gol, keunggulan Swedia pun bertahan hingga wasit Aguilar meniup peluit akhir pertandingan.

Berkat kemenangan tersebut, Swedia untuk sementara memuncaki klasemen Grup F bersama Meksiko yang di pertandingan lainnya juga mampu meraih tiga poin setelah mengalahkan Jerman 1-0.

Sementara bagi Korea, kekalahan tersebut membuat mereka terbenam di posisi juru kunci. Selain itu, kekalahan dari Swedia juga membuat Taeguk Warriors gagal mempertahankan performa impresif di laga pembuka Piala Dunia. Dalam empat gelaran Piala Dunia sebelumnya, Korea tak terkalahkan dengan catatan tiga menang dan satu imbang.

Foto: @Squawka

Komentar