Hasil Undian, Pembagian Zona, dan Sistem Kejuaraan Piala Indonesia 2018

Berita

by Rio Pangestu

Rio Pangestu

Pembaca yang menulis.

Hasil Undian, Pembagian Zona, dan Sistem Kejuaraan Piala Indonesia 2018

Setelah vakum selama enam tahun, turnamen sepakbola Piala Indonesia akhirnya akan kembali digelar pada 8 Mei 2018 mendatang. Turnamen ini akan mempertemukan sebanyak 128 tim dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

PSSI mengusung tema “Everyone Can Play” untuk gelaran Piala Indonesia tahun ini. Makna di balik tema tersebut adalah: setiap orang dari level tertinggi sepakbola Indonesia sampai dengan level terendah, bisa sama-sama berpartisipasi dalam turnamen. Hal ini seperti diungkapkan oleh Plt. Ketua Umum PSSI, Djoko Driyono.

“Setelah enam tahun istirahat, di mana 2012 menjadi tahun terakhir digelar, PSSI ingin kembali melaksanakan Piala Indonesia dengan tajuk Everyone Can Play. Maknanya adalah PSSI ingin kompetisi di mana semua orang dari level tertinggi sampai terendah bisa terlibat,” ujarnya dikutip dari bola.com.

Pengundian zona di Piala Indonesia sendiri telah dilakukan di Stadion Pakansari, Rabu (3/5). Total ada 16 zona yang diisi oleh masing-masing 6 hingga 8 kesebelasan. Dibacakan oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, berikut pembagian zona di Piala Indonesia 2018:

Zona 1: PSMS Medan, Persiraja Banda Aceh, Aceh United, Kuala Nagroe, PSBL Langsa, PSDS Deli Serdang, PS Keluarga USU.

Zona 2: Semen Padang, PSPS Pekanbaru, PS Pekanbaru, Nabil FC, Batang Anai FC, PES Pessel, Kepri 75 Jaya, PS Bintan.

Zona 3: Sriwijaya FC, Persimura Musi Rawas, PS Bengkulu, PS Benteng, Persijam Jambi, PS Timah Bangka, PS Bangka Selection, PS Belitung Timur.

Zona 4: Bhayangkara FC, Persitangsel, Lampung Sakti, Perserang Serang, Persita Tangerang, Sakai Sambayan Lampung FC.

Zona 5: Persija Jakarta, Persiwa Wamena, Persika Karawang, Persikabo Bogor, Bogor FC, Villa 2000 B, Bintang Kranggan, Patriot Candrbhaga.

Zona 6: Persib Bandung, Persibat Batang, Maung Anom FC, PSKC Cimahi, PSGC Ciamis, PSCS Cilacap, Persibas Banyumas, Persibangga Purbalingga.

Zona 7: PSIS Semarang, Persik Kendal, PSIR Rembang, Persijap Jepara, Persekat Tegal, Persip Pekalongan, Persab Brebes, PSIP Pemalang.

Zona 8: PS Tira, PSS Sleman. PSIM Jogjakarta, Persiba Bantul, Gadjah Mada FC, PSD Demak, Persibara Banjarnegara, Persitema Temanggung.

Zona 9: Arema FC, Persis Solo, Blitar United, Persinga Ngawi, Madiun Putra, Persekam Metro, PSBK Blitar, Persega Trenggalek.

Zona 10: Madura United, Persibo Bojonegoro, Persatu Tuban, Persegres Gresik United, Persekap Pasuruan, Persepam Madura, Persatu Tuban, Persu Sumenep.

Zona 11: Persela, Persebaya, Mojokerto Putra, Persid Jember, Persik Kediri, Persekabpas Pasuruan, Blitar Putra, PSBI Blitar.

Zona 12: Bali United FC, Persigo Semeru FC Lumajang, Persewangi Banyuwangi, PS Badung Bali, Persekaba Badung Bali, PS Sumbawa Barat, PSKT Sumbawa, Perse Ende.

Zona 13: PS Barito Putera, Kalteng Putra FC, Matapura FC, Persipn Pontianak, Persibeng Bengkayang, Persebun Pangkalan Bun, Perseban Banjarmasin, Kota Baru FC.

Zona 14: Mitra Kukar, Borneo FC, Persiba Balikpapan, PSAD Balikpapan, Persekap Kapuas, Persida Sidoarjo, Deltras Sidoarjo.

Zona 15: PSM Makassar, Celebest FC, Persipal Palu, Persebul Buol, Persbit Bitung, Persidago Gorontalo, Persiter Ternate, Matra Mamuju, Persidrap Sidrap.

Zona 16: Persipura Jayapura, Perseru Serui, PSBS Biak, Persintan Intan Jaya, Yahukimo FC, Persewar Waropen, Perseka Kaimana, Palauw Putra.

Dan berikut adalah jadwal pertandingan Piala Indonesia yang melibatkan kesebelasan-kesebelasan Liga 1:

Kuala Nangroe vs PSMS
PS Bangka vs. Sriwijaya
Persitangsel vs. Bhayangkara
Persikabo vs. Persija
PSKC vs Persib
Persab vs. PSIS
Persiba Bantul vs. PS TIRA
PSBK vs. Arema
Persibo vs. MU
Persik vs. Persela
PSBI vs. Persebaya
Sumabwa Barat vs Bali United
Kota Baru vs. Barito Putera
Persekap Kapuas vs Mitra
PSAD vs Borneo FC
Persidrap vs PSM
Yahukimo FC vs. Persipura
Persintan Intan Jaya vs. Perseru

Selama menjalani putaran pertama turnamen, 128 kesebelasan peserta akan menggunakan sistem single match. Kalah berarti gugur. Sistem ini juga berlanjut di putaran kedua turnamen pada 64 besar. Pertandingan-pertandingan yang berakhir imbang di putaran pertama dan kedua akan berlanjut ke adu penalti.

Sistem single match masih akan digunakan di putaran ketiga (32 besar). Hanya saja, pertandingan-pertandingan yang berakhir imbang di putaran ini tidak akan berlanjut ke adu penalti, tetapi diulang di kandang kesebelasan yang bertindak sebagai tim tamu pada pertandingan asli.

Memasuki 16 besar, kesebelasan-kesebelasan yang terlibat akan memainkan dua pertandingan dengan sistem kandang-tandang (dua leg). Sistem yang sama akan digunakan untuk pertandingan-pertandingan perempatfinal dan semifinal.

Komentar