Mbappe Benamkan Bekas Klub di Final

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Mbappe Benamkan Bekas Klub di Final

Tahun lalu Kylian Mbappe bermain, dan kalah, di final Coupe de la Ligue. Paris Saint-Germain menang telak 4-1 atas AS Monaco di Parc Olympique Lyonnais. Setahun berselang, final Piala Liga Prancis kembali mempertemukan dua kesebelasan yang sama. Mbappe kembali bermain di final, kali ini sebagai pemenang.

Mbappe, yang sejak musim panas tahun lalu memperkuat PSG, mencetak tiga asis saat klubnya menang tiga gol tanpa balas di Matmut Atlantique, Minggu (1/4) dini hari WIB.

Tidak membuang waktu lama untuk mengancam gawang bekas klubnya, Mbappe melewati hadangan tiga pemain lawan. Aksinya baru berhenti ketika ia dijatuhkan Kamil Glik di dalam kotak penalti. Wasit yang bertugas di pertandingan ini, Clement Turpin, meminta bantuan video assistant referee (VAR) untuk mengambil keputusan.

Pada akhirnya Turpin menyatakan Glik melakukan pelanggaran. PSG mendapat penalti di menit kedelapan. Edinson Cavani maju sebagai eksekutor. Arah sepakannya ditebak dengan tepat oleh Danijel Subasic, penjaga gawang Monaco, namun bola tak terbendung.

Keunggulan PSG berlipat ganda di menit ke-21. Menerima umpan terobosan Mbappe, Angel Di Maria melesakkan bola di antara Subasic dan tiang dekat.

Monaco bukannya tanpa perlawanan. Di menit ke-37, sundulan Radamel Falcao menggetarkan jala gawang PSG. Namun setelah berkonsultasi dengan VAR, Turpin menyatakan gol Falcao tidak sah karena sang penyerang berada dalam posisi offside dalam proses terciptanya gol tersebut.

Monaco terus dan terus berusaha mengejar ketinggalan, namun gawang kawalan Kevin Trapp tetap aman. PSG sendiri baru kembali mencetak gol di menit ke-85. Menerima umpan Mbappe, Cavani mengunci kemenangan PSG.

Kemenangan dini hari tadi adalah kemenangan kelima PSG di lima final Piala Liga Prancis dalam lima tahun terakhir. PSG sendiri sepanjang sejarahnya sudah delapan kali memenangi kejuaraan ini, lebih banyak dari tim-tim Prancis lainnya. Tiga Piala Liga Prancis pertama PSG diraih pada 1995, 1998, dan 2008.

Bagi Mbappe sendiri, gelar Piala Liga Prancis ini adalah yang pertama. Ia menyandingkannya dengan penghargaan man of the match.

Komentar