Tidak Ada Perayaan Juara di Munchen

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Tidak Ada Perayaan Juara di Munchen

FC Bayern Munchen menang telak enam gol tanpa balas saat menjamu Borussia Dortmund dalam lanjutan Bundesliga 1 musim 2017/18, pekan ke-28, Sabtu (31/3). Kemenangan tersebut bisa saja lebih sempurna; Bayern bisa saja memastikan gelar juara liga ke-27 lewat kemenangan atas Dortmund. Namun muka Dortmund diselamatkan oleh rival mereka sendiri, FC Schalke 04.

Jarak antara Schalke di peringkat kedua dengan Bayern di puncak klasemen sangat jauh: 17 poin. Jika Schalke tidak menang saat menjamu Freiburg dan Bayern menang atas Dortmund, maka Bayern secara matematis sudah tak mungkin terkejar.

Dua jam sebelum sepak mula pertandingan antara Bayern dan Dortmund, sepak mula pertandingan antara Schalke dan SC Freiburg digelar di Veltins-Arena.

Schalke sendiri sedang bagus-bagusnya. Tangan dingin Domenico Tedesco tidak main-main. Dari lima pertandingan Bundesliga terakhir mereka sebelum menjamu Freiburg, Schalke meraih 15 poin. Berkat capaian tersebut, ambisi melampaui rekor sendiri dengan mencatatkan enam kemenangan dalam enam pertandingan tampak tak terlalu tinggi.

Dan memang tak terlalu tinggi, ternyata. Freiburg dipaksa pulang dengan tangan hampa. Schalke menang dua gol tanpa balas lewat Daniel Caliguri (menit ke-63, penalti) dan Guido Burgstaller (menit ke-73).

Sementara publik Veltins-Arena harus menunggu lebih dari satu jam untuk melihat gol pertama tercipta, mereka yang hadir di Allianz Arena sudah bisa bersorak saat pertandingan baru berjalan lima menit. Gol pembuka yang dicetak oleh Robert Lewandowski tersebut adalah gol tercepat Bayern musim ini.

Sembilan menit berselang, James Rodriguez menggandakan keunggulan tuan rumah. Thomas Muller ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-23. Di menit ke-44, Lewandowski mencetak gol keduanya. Menutup babak pertama, Franck Ribery memaksa gawang Dortmund menerima gol kelima.

Pertandingan tidak selesai dalam satu babak dan Bayern menegaskan itu walau lewat satu gol saja. Gol pelengkap hattrick Lewandowski (di menit ke-87) memastikan Bayern menang setengah lusin gol berbalas nol, yang bisa saja lebih mencolok andai Bayern mengerahkan lebih banyak tenaga di babak kedua.

“Pada babak kedua kami tidak mau membuat diri sendiri kelelahan,” ujar Mats Hummels kepada Sky Deutschland pasca pertandingan. “Anda bisa lihat sendiri [di babak kedua] Dortmund bermain untuk tidak kebobolan lebih banyak. Saya pernah bermain bersama banyak pemain [Dortmund] yang tampil hari ini. Saya pernah berada di pihak yang kalah dalam kekalahan 5-1 di sini, jadi saya tahu semenyakitkan apa rasanya.”

Kemenangan Schalke memang menjauhkan Bayern dari perayaan gelar hari ini, namun kemenangan telak atas Dortmund tetap merupakan cukup alasan untuk berpesta.

Komentar