Debut di Dortmund Menjadi Pembuktian Batshuayi Kepada Belgia dan Chelsea

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Debut di Dortmund Menjadi Pembuktian Batshuayi Kepada Belgia dan Chelsea

Michy Batshuayi gagal menunjukkan aksinya pada tantangan yang diberikan Antonio Conte bersama Chelsea. Batshuayi seperti membutuhkan peluang bersama kesebelasan lain pada bursa transfer Januari 2018.

Peluang itu dicoba oleh Borussia Dortmund yang meminjamnya pada bursa transfer tersebut dengan opsi permanen. Alasan Batshuayi rela dipinjamkan ke Dortmund karena ingin mencapai target yang ditetapkannya. Targetnya adalah mencetak gol sebanyak mungkin demi tampil di Piala Dunia 2018.

Dortmund sendiri terlihat siap memberikan panggung untuk Bathuayi unjuk gigi di Bundesliga. Sebelumnya, Batshuayi tidak masuk ke dalam rencana utama Conte di Chelsea sehingga jauh dari pantauan Belgia yang merupakan negara asalnya. Padahal dulu Batshuayi dikenal sebagai penyerang pekerja keras dan berbahaya di area kotak penalti lawan.

Tapi ia justru menjadi korban segitiga transfer antara Arsenal, Chelsea dan Dortmund yang juga melibatkan Olivier Giroud dan Piere-Emerick Aubameyang. Perkiraan Dortmund akan memberikan panggung untuk Batshuayi pun langsung dibenarkan ketika bertandang ke FC Koln di Stadion Rhein Energie, Sabtu (3/2) dini hari tadi.

Batshuayi langsung diberikan debut pada laga itu bahkan sejak awal pertandingan dimulai. Ia dijadikan penyerang tengah dalam formasi 4-3-3 mengisi posisi yang ditinggalkan Aubameyang ke Arsenal. Batshuayi pun langsung tokcer pada pertandingan debutnya ini.

Ia membawa Dortmund unggul melalui gol hasil umpan dari Jeremy Toljan pada menit 35`. Tapi Koln sempat menyamakan kedudukan pada menit 60` melalui gol Simon Zoller. Kemudian gol balasan itu menjadi sia-sia karena Batshuayi kembali mencetak gol saat dua menit kemudian setelah menerima umpan dari Christian Pulisic.

Gol Batshuayi kembali bisa diimbangi karena Jorge Mere menjebol gawang Dortmund pada menit 69. Tapi lagi-lagi Batshuayi menunjukan aksinya dengan memberikan asis kepada Andre Schurlle yang sama-sama dibuang dari Chelsea pada menit 84` sehingga Dortmund memastikan kemenangan dengan skor 3-2.

Tentu saja Batshuayi merasa sangat senang atas dua gol dan satu asisnya pada debutnya ini. Apalagi kontribusinya itu memberikan kemenangan untuk Dortmund. Raihan tiga poin yang dipersembahkannya juga membawa Dortmund naik ke peringkat dua klasemen sementara Bundesliga 2017/2018.

"Ini adalah pertandingan pertama, ini tidaklah mudah. Saya hanya senang karena tiga poin ini. Kami ingin mendaki setinggi mungkin di klasemen dan mencoba untuk memenangkan setiap pertandingan," ujar Batshuayi seperti dikutip dari German Eurosport.

Pelatih Dortmund, Peter Stoger juga mengatakan bahwa kemenangan ini sangat penting. Meskipun babak kedua sempat mendapatkan kesulitan dan bisa saja kalah pada pertandingan tersebut.

"Untung memang tidak seperti itu (kalah), jadi kami berada di dalam kelompok yang memperjuangkan tempat Eropa. Pertandingan seperti ini bukan untuk melemahkan hati. Kemenangan itu bagus untuk kami dan debut Michy (Batshuayi) tentu saja fantastis," puji Stoger tentang penyerang barunya itu.

First win of 2018: ? The hero Borussia Dortmund deserve. ?

A post shared by Bleacher Report Football (@brfootball) on

Di sisi lain, kemenangan Dortmund itu semakin menenggelamkan Koln yang membutuhkan kemenangan di kandangnya. Kekalahan Koln membuat mereka semakin terpuruk di dasar klasemen sementara Bundesliga musim ini.

Sekarang mereka berada di peringkat 18 alias paling bawah dengan raihan 13 poin dari 21 pertandingan. Bersama Dortmund, Penyerang 24 tahun itu bisa punya kesempatan yang sangat baik untuk menunjukan kemampuannya.

Hal itu bisa membuatnya kembali diperhitungkan Roberto Martinez selaku Pelatih Belgia untuk Piala Dunia nanti. Selain itu, Batshuayi juga memiliki kesempatan untuk membuktikan kepada Conte karena telah membuangnya dari Chelsea.

Sumber lain: Daily Mail, Give Me Sport, The Sun.

Komentar