Aubameyang Sebabkan Segitiga Transfer

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Aubameyang Sebabkan Segitiga Transfer

Arsenal dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk mendapatkan Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund. Menurut laporan The Guardian, Arsenal telah menyepakati nilai transfer sebesar 63 juta euro, sesuai permintaan Dortmund.

Negosiasi antara Arsenal dan Dortmund menyangkut Aubameyang telah berlangsung selama dua pekan. Aubameyang sendiri telah menyatakan ketertarikannya pindah ke Arsenal, karena keinginannya kembali bermain bersama Henrikh Mkhitaryan yang baru didatangkan Arsenal dari Manchester United. Selain itu, secara personal, Aubameyang pun telah menyepakati kontrak hingga 2021 dengan gaji sebesar 180 ribu paun per pekan di Arsenal.

Tapi masih ada kemungkinan proses transfer Aubameyang ke Arsenal batal. Penyebabnya, Dortmund belum mau melepas penyerang andalannya itu sebelum mendapatkan pengganti. Semula, Arsenal menawarkan Olivier Giroud sebagai opsi pengganti Aubameyang di Westfallenstadion. Namun kesepakatan tersebut sulit terjalin lantaran Giroud kabarnya hanya akan menerima tawaran yang datang dari klub asal London.

Melihat tipisnya peluang mendapatkan Giroud, Dortmund mengalihkan perburuan pada penyerang Tianjin Quanjian, Anthony Modeste. Namun dilaporkan The Guardian bahwa Dortmund gagal mencapai kesepakatan untuk mendaratkan Modeste.

Tak patah arang, Dortmund saat ini tengah mencoba menggoda Michy Batshuayi. Peluang Dortmund mendapatkan Batshuayi cukup terbuka lebar, karena Chelsea berniat melego Bathsuayi untuk mendapatkan penyerang jangkung yang menjadi kebutuhan tim saat ini.

Sebelumnya, Chelsea menjadikan Batshuayi sebagai alat tawar untuk mendapatkan Fernando Llorente dari Tottenham Hotspur. Tapi Bathsuayi menolak pindah ke Tottenham. Baginya pindah ke Tottenham tidak akan mengubah statusnya sebagai pemain pelapis.

Maka terciptalah kemungkinan segitiga transfer pemain antara Arsenal, Dortmund, dan Chelsea: Aubameyang ke Arsenal, Giroud ke Chelsea, dan Batshuayi ke Dortmund.

Saling Menunggu

Keinginan Dortmund mendatangkan Batshuayi mungkin saja menggiurkan bagi Chelsea dan Bathsuayi sendiri. Chelsea telah mempertimbangkan opsi meminjamkan pemain berusia 24 tahun itu ke Dortmund. Proses negosiasi antara Dortmund dan Chelsea, walau demikian, masih berlangsung karena Dortmund menginginkan opsi mempermanenkan status Bathsuayi di jendela transfer musim panas 2018 mendatang.

Namun, kepastian transfer Batshuayi ke Dortmund pun masih tergantung Chelsea, yang masih sibuk mencari penyerang jangkung. Chelsea juga tidak mau rugi dengan melepas Batshuayi tanpa mendapatkan penyerang pengganti dengan kriteria yang mereka inginkan. Apalagi, baru-baru ini tersiar kabar bahwa Chelsea gagal mencapai kesepakatan dengan Edin Dzeko (AS Roma).

Setelah gagal mendapatkan Llorente ditambah tak mencapai kesepakatan dengan Dzeko, Chelsea berupaya mendapatkan Giroud dari Arsenal. Dilansir dari BBC, Arsenal bersedia melepas Giroud dengan catatan Chelsea menebus uang transfer senilai 30 hingga 35 juta paun.

Chelsea keberatan dengan harga yang dipatok Arsenal, BBC melaporkan bahwa Chelsea hanya akan menebus Giroud dengan mahar 15 juta paun plus bonus. Sampai dengan saat ini, proses negosiasi antara Chelsea dan Arsenal untuk Giroud masih berlangsung.

Jika Arsenal dan Chelsea gagal mencapai kesepakatan untuk Giroud, maka Dortmund pun kemungkinan besar tidak akan mendapatkan Batshuayi dari Chelsea. Dortmund kemungkinan bakal mencari opsi lain untuk bisa mendapatkan pengganti Aubameyang.

Tapi, bila upaya Dortmund mencari pengganti Aubameyang pun gagal, maka Arsenal berada dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Sebab, Dortmund bisa saja menarik diri dari kesepakatan dengan Arsenal untuk Aubameyang.

(pik)

Komentar