Bali United Menang Dramatis, Persija Menang Telak

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Bali United Menang Dramatis, Persija Menang Telak

Drama lima gol mewarnai kemenangan Bali United atas Borneo FC di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (19/1). Pertandingan pembuka Grup D Piala Presiden 2018 itu, Bali United mengunci kemenangan dengan skor tipis 3-2.

Stefano Lilipaly menjadi pahlawan kemenangan Bali United setelah mencetak hattrick dalam pertandingan tersebut. Berkat trigol yang dibukukan, pemain naturalisasi asal Belanda itu mencatatkan namanya sebagai pencetak hattrick pertama di Piala Presiden 2018.

Dalam pertandingan tersebut, Bali United tampil mendominasi permainan sejak awal laga, beberapa peluang emas didapatkan, seperti pada menit 25 melalui sepakan Miftahul Hamdi yang mengenai tiang gawang. Tiga menit berselang, giliran tendangan Kevin Brands yang membentur tiang gawang.

Terlalu asik menyerang, lini belakang Bali United justru lengah di penghujung babak pertama. Sundulan bek Borneo FC, Stevan Markovic, membuat tim tamu unggul 1-0 pada menit 45. Keunggulan tersebut bertahan hingga paruh pertama usai.

Pada babak kedua, Bali United meningkatkan intensitas serangan mereka untuk mengejar ketertinggalan. Empat pemain berkarakter menyerang: Fadil Sausu, Ilja Spasojevic, Hanis Saghara, dan Stefano Lilipaly dimasukan.

Respon pergantian yang tepat, karena pada menit 66, Lilipaly sukses mencatatkan namanya di papan skor, setelah menyambar bola liar hasil sepakan bebas Fadil Sausu yang gagal diantisipasi dengan sempurna penjaga gawang Borneo FC, Nadeo. Pada mneit 81, Bali United membalikkan keadaan menjadi 2-1, setelah Lilipaly mencetak gol keduanya melalui titik putih.

Keunggulan Bali United tidak bertahan lama, tujuh menit berselang Borneo FC sukses menyamakan kedudukan melalui sepakan terukur Andre Luis. Proses gol tersebut terjadi melalui serangan balik cepat Borneo, Andre yang tinggal berhadapan dengan kiper I Made Wardana, melepaskan sepakan plesing yang mengarah ke sudut kanan gawang Bali United.

Saat laga diprediksi berakhir dengan skor imbang 2-2, Lilipaly hadir sebagai pahlawan kemenangan Serdadu Tridatu. Pada menit 92, bola muntah hasil tembakan keras Fadil Sausu dari luar kotak penalti disambar Lilipaly untuk mengubah kedudukan menjadi 3-2, yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Pelatih kepala Bali United di Piala Presiden 2018, Hans-Peter Schaller mengatakan bahwa pertandingan yang sulit menghadapi Borneo FC. Pelatih asal Austria itu mengungkapkan bahwa Borneo tampil dengan perlawanan sengit. Namun dalam pertandingan tersebut anak asuhnya bermain dengan menunjukkan semangat pantang menyerah hingga kemenangan diraih pada akhir pertandingan.

"Borneo FC benar-benar memberikan perlawanan yang ketat untuk kami di pertandingan tadi. Kami akui juga kami sempat kesulitan. Tapi di babak kedua setelah beberapa pergantian pemain, kami mulai mampu mendapatkan momentum untuk mencetak gol. Saya dan tentunya Coach Widodo sudah bisa mengevaluasi terkait apa saja yang akan kami lakukan di pertandingan selanjutnya," katanya, dilansir dari halaman resmi klub.

Setelah menghadapi Borneo FC, Bali United langsung bersiap melakoni pertandingan play-off Liga Champions Asia melawan Chiangrai United, Selasa (23/1) di di Singha Stadium. Sementara di Piala Presiden, Serdadu Tridatu dijadwalkan jumpa PSPS Riau di Stadion I Wayan Dipta, Rabu (24/1).

Persija berjaya di Grup D

Pada pertandingan lainnya di Grup D, Persija Jakarta berhasil mengalahkan PSPS Riau tiga gol tanpa balas. Penampilan penyerang anyar Persija, Marko Simic menjadi perhatian dalam pertandingan tersebut.

Simic menjadi pencetak gol pembuka Macan Kemayoran atas PSPS pada menit 24 usai mengonversi umpan matang Novri Setiawan. Bagi Simic ini menjadi gol keempatnya dalam lima pertandingan yang dilakoni bersama Persija di masa pra-musim.

Selain Simic, Ismed Sofyan dan Bambang Pamungkas pun turut andil dalam kemenangan Persija atas PSPS. Ismed menajadi pencetak gol kedua Persija pada menit 51 melalui tendangan penalti. Menjelang pertandingan berakhir, Bambang Pamungkas mencetak gol untuk membawa Persija meraih kemenangan 3-0 atas PSPS.

Berkat kemenangan tersebut, Persija untuk sementara menduduki posisi pertama di klasemen Grup D dengan tiga poin. Perolehan poin Persija sama dengan Bali United yang dalam pertandingan sebelumnya juga meraih kemenangan atas Borneo FC. Namun Macan Kemayoran unggul selisih gol atas Bali United yang menempati posisi dua.

Komentar