Bayern Munich Resmi Mendatangkan Leon Goretzka Secara Gratis

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Bayern Munich Resmi Mendatangkan Leon Goretzka Secara Gratis

Bayern Munich mengumumkan resmi mendatangkan Leon Goretzka dari FC Schalke 04. Dilansir dari Soccerway, pada Kamis (18/1) waktu setempat, Goretzka telah menjalani tes medis. Setelah dinyatakan lulus medis, ia langsung menandatangani pra-kontrak bersama Munich berdurasi empat tahun. Namun kepindahannya ke Allianz Arena baru akan terealisasikan pada 1 Juli 2018 mendatang, saat kontraknya bersama Schalke berakhir.

Artinya, Goretzka masih berstatus sebagai pemain Schalke hingga akhir musim 2017/18. Ia baru resmi menjadi bagian dari skuat Munich pada kompetisi musim 2018/19 dengan status bebas transfer.

Goretzka menjadi salah satu properti panas di bursa transfer. Selain karena kontraknya bersama Schalke akan habis pada akhir musim 2017/18, pemain berusia 22 tahun itu pun dipandang sebagai gelandang potensial. Sejak tahun 2013 merumput bersama Schalke, ia telah mencatatkan 130 penampilan di semua ajang dengan torehan 19 gol dan 13 asis.

Selain Munich, beberapa kesebelasan besar Eropa seperti Arsenal, Liverpool, Juventus, hingga Barcelona dikabarkan meminatinya. CEO Bayern Munich, Karl-Heinz Rumenigge bersyukur karena timnya berhasil memenangkan persaingan dalam perburuan Goretzka dengan tim besar Eropa lainnya.

“Kami sangat senang Leon Goretzka, pemain muda Jerman dengan prospek cerah memutuskan bergabung bersama FC Bayern. Meskipun mendapat banyak persaingan dari luar negeri. Ini memastikan bahwa Leon Goretzka akan tetap berada di Bundesliga," kata Rumenigge, dilansir dari halaman resmi klub.

Di sisi lain, keputusan Goretzka memilih hengkang ke Munich pada jendela transfer musim panas mendatang merupakan satu pukulan berat bagi Schalke. Namun CEO Schalke, Christian Heidel, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah siap menghadapi situasi tersebut.

Heidel menambahkan bahwa pihaknya sudah berusaha keras untuk mempertahankan Goretzka. Namun sejak jendela transfer musim panas 2017 lalu tidak ada kesepakatan soal perpanjangan kontrak yang dicapai kedua belah pihak. Pada awal pekan ini, pemain yang bersangkutan telah menyatakan keinginannya meninggalkan Schalke dan bergabung bersama Munich.

"Kami mencatat bahwa dengan menyesal Karl-Heinz Rummenigge (CEO Munich) telah mengatakan kepada kami bahwa Leon telah lulus tes medis. Kami kehilangan pemain yang sangat bagus. Dia telah menandatangani kontrak dengan Munich terhitung dari 1 Juli 2018,” kata Heidel, dilansir dari Soccerway.

“Kami telah melakukan segala kemungkinan untuk menjaga Leon. Musim panas yang lalu kami tidak mendapatkan kesepakatan dengan dia dan agennya (perpanjangan kontrak). Tapi Kita bisa mengatasi situasi ini, itu tidak mengejutkan. Kami siap," sambung Heidel.

Pelatih Schalke, Domenico Tedesco, berharap agar para pendukung Schalke tidak memberikan reaksi negatif setelah pengumuman kepindahan Goretzka ke Munich pada musim depan. Menurutnya, kehilangan Goretzka akan sangat terasa bagi Schalke, karena ia merupakan sosok penting dalam skuat The Royal Blues. Namun ia percaya bahwa Goretzka akan memberikan semua kemampuan terbaiknya untuk Schalke di musim terakhirnya merumput di Veltins-Arena.

"Kami sedih dan kecewa karena kami kehilangan Leon sebagai pemain dan sebagai manusia Tapi kami harus menerima keputusan ini .. Tidak ada keraguan bahwa Leon adalah bagian fundamental dari skuad ini. Leon adalah seorang profesional dan dia akan terus memberikan segalanya untuk Schalke. Dia tetap menjadi pemain penting bagi kami," tandas Tedesco.

Foto: @ESPNFC

Komentar