Klopp Bantah Isu Liverpool Jual Coutinho ke Barcelona

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Klopp Bantah Isu Liverpool Jual Coutinho ke Barcelona

Rumor kepindahan Philippe Coutinho ke Barcelona di jendela transfer musim dingin 2018 berembus semakin kencang. Hal tersebut terjadi setelah apparel pendukung Barcelona, Nike, dalam situs resminya mencantumkan nama Coutinho sebagai bahwa promosi penjualan jersey Barcelona musim ini.

Dalam unggahan tersebut, Nike menulis: "Philippe Coutinho siap berjuang di Camp Nou. Dapatkan jersey Barcelona 2017-2018 dengan nama sang bintang di atasnya.” Tapi tak lama kemudian, Nike menghapus unggahan tersebut.

Sejauh ini belum ada konfirmasi lanjutan dari pihak Nike terkait unggahan yang terkesan kontroversial itu. Sejumlah pihak percaya bahwa situs produsen perlengkapan dan alat olahraga asal Amerika Serikat itu diretas orang tak bertanggung jawab. Namun sebagian lainnya percaya bahwa unggahan Nike mengisyaratkan sesuatu terkait kepindahan Coutinho ke Barcelona.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, angkat bicara mengenai iklan tersebut. Pelatih berkebangsaan Jerman itu sudah mengetahui iklan tersebut, namun tidak terlalu mau ambil pusing.

"Saya sudah dengar mengenai iklan itu. Tapi saya tidak begitu tertarik mengurusi semua hal di dunia ini. Ketika seseorang memberitahu saya soal hal tersebut, saya hanya berkata, `Wow, cerita yang sangat bagus`," terang Klopp seperti dilansir dari The Guardian.

Selain unggahan promosi Nike, satu hal lain yang membuat rumor kepindahan Coutinho ke Barcelona semakin menyeruak adalah tidak dimainkannya pemain asal Brasil itu saat Liverpool menghadapi Burnley di Turf Moor Stadium, Senin (1/1) malam WIB. Dalam pertandingan yang berkesudahan dengan skor 2-1 untuk kemenangan Liverpool itu, tidak tercantum nama Coutinho dalam daftar susunan pemain.

Menanggapi hal tersebut, Klopp mengungkapkan bahwa ia memang sengaja tidak menyertakan Coutinho karena pemain berusia 25 tahun itu mengalami cedera. Tidak hanya Coutinho, Mohamed Salah juga sebenarnya tidak tercantum dalam daftar skuat Liverpool di laga melawan Burnley.

"Phil dan Mo (Salah) tak bermain karena cedera. Itu mengapa mereka tak main sebagai starter. Kondisi keduanya tidak ideal untuk bermain dan itulah kenyataannya," tegas Klopp.

Sejak jendela transfer musim panas lalu, Barcelona menjadi kesebelasan yang paling dikaitkan dengan Coutinho, setelah mereka kehilangan Neymar yang memilih pindah ke Paris Saint-Germain (PSG). Barcelona dikabarkan tiga kali mengajukan penawaran resmi kepada Liverpool.

Pada bursa transfer musim dingin 2018, kembali isu kepindahan Coutinho ke Barcelona menjadi topik yang paling panas dibicarakan. Apalagi setelah Liverpool mendatangkan Virgil van Dijk dengan harga 75 juta paun. Aktivitas transfer Liverpool yang mendatangkan Van Dijk dengan harga selangit itu kabarnya membuat keseimbangan finansial Liverpool sedikit goyah. Menjual Coutinho menjadi salah satu opsi untuk menstabilkan finansial mereka setelah menjadikan Van Dijk sebagai bek termahal dunia.

Namun lagi-lagi Klopp membantahnya. Menurut Klopp, belum pernah ada pembicaraan antara dirinya dengan petinggi klub terkait rencana penjualan Coutinho ke klub manapun, termasuk Barcelona.

“Tidak ada satu orang pun (dari jajaran petinggi Liverpool) yang menyuruh saya untuk menjual Coutinho. Pemilik klub memiliki ambisi yang besar untuk melihat kami berkembang. Kami memiliki komposisi pemain yang sangat bagus, dan saya ingin kami berkembang bersama mereka,” kata Klopp sehari sebelum laga Liverpool menghadapi Burnley.

Komentar