Bojan Malisic, Pemain Favorit Liga Hong Kong yang akan Berlabuh di Persib Bandung

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Bojan Malisic, Pemain Favorit Liga Hong Kong yang akan Berlabuh di Persib Bandung

Persib Bandung bakal kedatangan pemain asing asal Serbia bernama Bojan Malisic. Pemain berusia 32 tahun itu diproyeksikan menambal lubang di lini belakang setelah Vladimir Vujovic memutuskan hengkang pada akhir musim 2017 lalu. Dilansir dari halaman resmi klub, asisten pelatih Persib, Fernando Soler, mengungkapkan bahwa Bojan akan tiba di Bandung pada awal Januari mendatang.

Soler melanjutkan bahwa Bojan bukan sosok asing di mata pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez. Sebelumnya Gomez dan Bojan pernah bekerja sama di klub asal Hong Kong, South China AA pada musim 2014/15.

Saat Gomez menukangi South China, Bojan merupakan salah satu pemain yang ia datangkan di musim perdananya menukangi klub tersebut. Kala itu Bojan di datangkan dari klub Ukraina, FC Hoverla Uzhhorod. Namun kebersamaan Gomez dan Bojan hanya bertahan semusim, Gomez memilih hengkang ke Johor Darul Ta`jim (JDT), sementara Bojan tetap bertahan hingga pertengahan musim 2016/2017.

Meski kebersamaan Gomez dengan Bojan hanya terjalin semusim, namun pelatih asal Argentina itu tampaknya mengetahui betul bagaimana kapasitas Bojan bisa memperkokoh lini belakang Persib pada musim depan.

Sebab saat Gomez menukangi JDT, dua kali ia pernah bertemu South China di babak perempatfinal Piala AFC 2015 dan 2016. Secara tidak langsung, dari dua pertemuan tersebut Gomez masih bisa memantau perkembangan Bojan.

“Kami akan kedatangan satu stopper baru namanya Bojan. Rencananya dia akan tiba tanggal 2 Januari nanti. Pelatih Gomez pernah bekerja sama dengan Bojan di South China. Gomez percaya kalau dia bisa membantu tim ini,” terang Soler.

Selama tiga musim berkiprah di South China, Bojan merupakan pilar andalan klub berjuluk The Caroliners itu. Total 55 penampilan di semua ajang dilakoni Bojan bersama South China, dengan torehan satu gol. Di sana Bojan juga dipercaya sebagai kapten kesebelasan.

Penampilan Bojan yang dikenal lugas dan tanpa kompromi saat mengawal lini pertahan South China membuat publik sepakbola Hong Kong terkesima. Pada musim perdananya di Liga Hong Kong, Bojan langsung tebar pesona hingga penghargaan Pemain Favorit Liga Hong Kong musim 2014/15 didapatkannya.

Penghargaan Pemain Favorit Liga Hong Kong musim 2014/15 didapatkan Bojan setelah memenangkan poling dengan 2.642 suara penggemar sepakbola Hong Kong memilihnya untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Pada musim 2014/15 dan 2015/16 Bojan terpilih masuk dalam daftar 11 pemain pemain Liga Hong Kong. Sementara prestasi terbaik Bojan bersama South China adalah membawa klub tersebut menjuarai ajang Sapling Cup 2015/16 dan runner-up di ajang Piala FA Hong Kong musim 2016/17.

Kebersamaan Bojan bersama South China berakhir ada pertengahan musim 2016/17. Saat Bojan terpaksa dilepas South China, menurut kabar yang beredar bahwa South China terpaksa melepas beberapa pilar andalan setelah didera krisis keuangan. Klub tersebut dikabarkan kehilangan donatur sehingga kesulitan menggaji para pemainnya di musim 2017/18.

Bojan hengkang ke Philipina memperkuat Davao Aguilas dengan status bebas transfer. selama setengah musim membela Davao Aguilas Bojan tampil dalam tujuh pertandingan.

Melihat rekam jejaknya, Bojan sepertinya sudah mengenal atmosfir sepakbola Asia. Bojan yang memulai karier sebagai pesepakbola profesionalnya di klub Serbia, Radnicki Kragujevac (2002 hingga 2007) itu pernah berlabuh di kesebelasan asal Uzbekistan, FC Nasaf Qarshi pada musim 2011/12.

Bersama FC Nasaf, Bojan merasakan manisnya menggenggam trofi Piala AFC 2011. Sayang kiprah Bojan bersama FC Nasaf hanya berlangsung selama semusim, setelah itu ia pindah ke FC Hoverla Uzhhorod pada musim 2012/13 yang kemudian berlanjut ke South China dan Davao Aguilas sebagai klub terakhir yang ia bela sebelum hijrah ke Persib.

***

Bojan tercatat sebagai pemain asing pertama yang didatangkan Persib musim ini, kehadirannya melengkapi total tiga pemain asing yang dimiliki Maung Bandung. Saat ini Persib memiliki Michael Essien dan Ezechiel N’douassel sebagai pilar asing yang akan menjadi bagian tim di kompetisi Liga 1 Indonesia 2018.

Andai regulasi kuota pemain asing kompetisi musim depan tidak berubah, maka Persib masih memiliki jatah untuk mendatangkan satu lagi pemain asing asal Asia.

Selain itu, kehadiran Bojan juga akan melengkapi jumlah pilar anyar Persib untuk musim depan menjadi lima pemain. Sebelumnya Maung Bandung sudah merekrut empat pemain lokal yang terdiri dari Eka Ramdhani, Patrich Wanggai, Airlangga Soetjipto, dan Victor Igbonefo.

Foto: Twitter

Komentar