El Clasico dalam Statistik: Barcelona Lebih Produktif dari Real Madrid

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

El Clasico dalam Statistik: Barcelona Lebih Produktif dari Real Madrid

Laga El Clasico yang mempertemukan Real Madrid melawan Barcelona di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12) malam WIB, berpotensi menghadirkan banyak gol. Merunut data statistik, bentrokan Madrid melawan Barcelona dalam 10 pertemuan terakhir di La Liga total menciptakan 38 gol, atau hampir empat gol per laga.

Selain itu dalam setiap bentrokan antara Madrid melawan Barcelona yang berlangsung di Santiago Bernabeu dalam 30 tahun terakhir, belum pernah terjadi pertandingan berakhir dengan skor 0-0. Data di atas menunjukkan betapa produktifnya duel antara Madrid melawan Barcelona, terlebih bila pertandingan berlangsung di Santiago Bernabeu.

Namun dalam pertandingan nanti, lini pertahanan Madrid patut waspada menghadapi gelombang serangan Blaugrana yang dikomandoi Andres Iniesta. Dilansir dari AS, melalui produktivitas kedua kesebelasan di La Liga musim ini Barcelona memiliki serangan yang lebih efisien ketimbang Madrid dalam upaya mencetak gol ke gawang lawan.

Dari 16 pertandingan, Barcelona melepaskan 195 tembakan dengan 42 di antaranya berbuah gol. Sementara Madrid melepaskan 221 tembakan namun hanya 30 gol yang dicetak dalam 15 pertandingan yang dilakoni. Artinya, Barcelona hanya membutuhkan rata-rata 4,6 tembakan untuk mencetak satu gol. Sementara Madrid membutuhkan setidaknya 7,3 tendangan untuk memecah kebuntuan.

Dari sederet pemain depan yang dimiliki Barcelona, sosok Lionel Messi layak mendapat perhatian lebih dari Sergio Ramos dan kawan-kawan. Pemain asal Argentina itu telah mencetak 14 gol dari 16 penampilannya di Bernabeu. Artinya, Messi memiliki rataan mencetak 1,1 gol dari setiap penampilannya di Bernabeu.

Selain itu Messi tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di laga El Clasico, sejauh ini ia telah mencetak 24 gol, mengungguli torehan Alfredo di Stefano yang sepanjang kiprahnya bersama Madrid mencetak 18 gol di laga El Clasico, Sementara Cristiano Ronaldo sejauh ini baru mencetak 17 gol.

Musim ini, Barcelona sendiri tampil luar biasa di La Liga. Dari 16 laga yang sudah dijalani, 42 gol telah mereka ciptakan. Jumlah tersebut unggul jauh dari Real Madrid yang "baru" mencetak 30 gol. Belum lagi Barca yang hanya kebobolan tujuh kali, sementara Real Madrid sudah 11 kali dibobol.

Memiliki tingkat produktivitas yang jauh lebih tinggi atas Madrid, bukan berarti Barcelona patut jemawa. Tingkat produktivitas Madrid memang tidak sebaik Blaugrana. Akan tetapi catatan penampilan Madrid di El Clasico yang digelar di Bernabeu menunjukkan Madrid lebih baik. Dari 94 bentrokan keduanya di Bernabeu sejak tahun 1948, Madrid unggul dengan 49 kemenangan, 21 imbang, dan 24 laga berakhir dengan kekalahan. Kali terakhir Barcelona menyambangi Bernabeu, mereka kalah dua gol tanpa balas di leg kedua Piala Super Spanyol 2017.

Komentar