PSM Tetap Gelar Turnamen Internasional Meski Berpotensi Bentrok dengan Piala Presiden

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

PSM Tetap Gelar Turnamen Internasional Meski Berpotensi Bentrok dengan Piala Presiden

Memantapkan persiapan mengarungi kompetisi Liga 1 Indonesia musim depan, PSM Makassar akan menggelar turnamen pramusim bertajuk PSM Makassar Supercup Asia 2018. Turnamen level internasional itu akan digelar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, pada 19 hingga 21 Januari mendatang. CEO PSM, Munafri Arifuddin, mengungkapkan bahwa turnamen tersebut akan menghadirkan tiga kesebelasan tamu dari Malaysia, Singapura, dan Australia.

"Kami akan menggelar turnamen pramusim bertajuk persahabatan. Turnamen ini akan diikuti 4 tim yaitu Adelaide dari Australia, Home United dari Singapura, Negeri Sembilan FA dari Malaysia, dan PSM Makassar dari Indonesia sebagai tuan rumah" ungkap CEO PSM, Munafri Arifuddin, dalam rilisan pers.

Munafri berharapPSM bisa memanfaatkan turnamen tersebut untuk mengonsolidasi kekuatan sebelum mengarungi kompetisi musim depan. PSM berkesempatan menjajal kesebelasan-kesebelasan yang levelnya berada di atas mereka, seperti Adelaide United yang berstatus kesebelasan besar di kancah sepakbola Australia.

Adelaide merupakan salah satu kesebelasan berprestasi di sepakbola Negeri Kanguru. Sejak berdiri pada 2003, klub berjuluk The Reds itu total mengoleksi enam trofi yang didapat dari empat ajang berbeda seperti A League (2016), Premiers Plate (2006 dan 2016), FFA Cup (2014), serta A League Pre Season Challenge Cup (2006 dan 2007).

Pada 2008, Adelaide United pernah mencapai babak final Liga Champions Asia. Menghadapi Gamba Osaka di partai puncak, Adelaide dibuat tak berdaya oleh tim asal Jepang itu – Adelaide kalah dengan agregat 0-5 (0-3 dan 0-2).

Selain Adelaide, Negeri Sembilan dan Home United pun tak bisa dipandang sebelah mata. Negeri Sembilan di musim 2017 bermain di Liga Primer Malaysia yang merupakan kompetisi level dua Negeri Jiran, namun pada musim tersebut mereka meraih promosi ke Liga Super Malaysia 2018 setelah menduduki posisi 5 di klasemen akhir. Sementara itu, Home United, menduduki peringkat tiga di klasemen akhir Singapore League 2017 yang merupakan kompetisi utama sepakbola Singapura.

"Turnamen persahabatan ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh peserta yang berpartisipasi di dalam mempersiapkan tim sebelum kompetisi liga di negara masing-masing digelar” tambah Munafri.

Turnamen PSM Makassar Supercup Asia menjadi ajang uji tanding pertama yang akan dilakukan Juku Eja dalam masa persiapan menghadapi kompetisi musim depan. Selain itu, turnamen tersebut juga merupakan sarana pengukur kesiapan PSM mengarungi Liga 1 2018 – PSM Makassar Supercup Asia dilaksanakan beberapa pekan setelah tim asuhan Robert Rene Albert menyelesaikan pemusatan latihan yang rencananya digelar pada 5 hingga 15 Januari 2018.

A post shared by PSM Makassar (@psm_makassar) on

Potensi Bentrok dengan Piala Presiden 2017

Melihat jadwal turnamen PSM Makassar Supercup Asia 2018 yang bakal digelar pada 19 hingga 21 Januari mendatang, tanggal penyelenggaraan turnamen tersebut berpotensi bentrok dengan jadwal Piala Presiden 2018. Piala Presiden 2018 akan digelar pada pekan kedua bulan Januari hingga pertengahan Februari mendatang.

Di Piala Presiden 2018, PSM ditunjuk sebagai tuan rumah fase penyisihan. Mengenai hal tersebut, Media Officer PSM, Widya Syadzwina, mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan resmi terkait jadwal penyelenggaraan Piala Presiden 2018.

“Sampai saat ini PSM belum menerima jadwal resmi dari penyelenggara Piala Presiden 2018, termasuk rencana panitia penyelenggara menjadikan PSM sebagai tuan rumah,” kata perempuan yang karib disapa Wina itu saat dikonfirmasi oleh Pandit Football melalui pesan singkat, Rabu (20/12).

Wina melanjutkan bila pemberitahuan dari pihak penyelenggara Piala Presiden 2018 sudah diterima pihak PSM, maka Juku Eja tetap berkomitmen ambil bagian di ajang tersebut. Mengenai potensi bentrok jadwal antara turnamen PSM Makassar Supercup Asia dan Piala Presiden 2018, akan dikoordinasikan langsung oleh CEO PSM, Munafri Arifuddin.

“PSM sudah komitmen untuk ikut serta di Piala Presiden nanti. Hanya rencananya nanti CEO PSM akan bicara lebih lanjut ke penyelenggara Piala Presiden 2018,” pungkasnya.

Komentar