Piala Presiden 2018 Berlangsung pada Pertengahan Januari

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Piala Presiden 2018 Berlangsung pada Pertengahan Januari

Piala Presiden 2018 dipastikan berlangsung pada Januari mendatang. Ketua Organizing Committee (OC) Piala Presiden 2018, Berlinton Siahaan, menyampaikan bahwa turnamen pramusim itu akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan.

Meski belum merunut tanggal pasti dimulainya ajang pemanasan sebelum kompetisi Liga 1 Indonesia 2018 itu digelar, namun Berlinton memastikan kick-off Piala Presiden 2018 berlangsung pada minggu kedua bulan Januari dan berakhir pada pertengahan Februari mendatang.

“Kami sudah menghadap Presiden Republik Indonesia, Bapak Jokowi. Untuk sementara ini kami menyampaikan bahwa hajatan Piala Presiden 2018 akan digelar pada pekan kedua bulan Januari 2018 dan selesainya pada pertengahan Februari 2018,” kata Berlinton seperti dilansir dari situs Liga Indonesia.

Piala Presiden 2018 rencananya bakal diikuti 20 tim yang terdiri dari 18 kontestan Liga 1 2018, dengan tambahan Martapura FC dan PSPS Riau yang berasal dari kompetisi Liga 2. Pemilihan Martarpura FC dan PSPS sebagai peserta tambahan di Piala Presiden 2018, lantaran status keduanya yang menempati posisi 4 dan 5 pada akhir kompetisi Liga 2 musim lalu.

"Kami akan mengundang 18 klub dari Liga 1 yang terdiri dari 15 klub yang bertahan di musim lalu dan tiga klub berstatuskan promosi. Sedangkan dua klub berikutnya adalah Martapura FC dan PSPS Pekanbaru. Pemilihan kedua klub tersebut karena pada musim lalu mereka menduduki peringkat keempat dan kelima di babak akhir Liga 2 2017,"

Melihat jumlah kontestan di Piala Presiden 2018, tampak tidak ada perbedaan signifikan dengan penyelenggaraan di tahun 2017 lalu, yang juga diikuti 18 tim Liga 1 plus dua kesebelasan asal Liga 2. Perbedaan hanya terlihat dari komposisi pesertanya saja.

Posisi Persiba Balikpapan, Semen Padang, dan Persegres Gresik United yang terdegradasi dari Liga 1 musim lalu posisinya digantikan oleh Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang yang memastikan promosi ke Liga 1 musim depan. Sementara dua kontestan tambahan dari Liga 2 yang sebelumnya diwakili PSS Sleman dan PSCS Cilacap digantikan oleh Martapura FC dan PSPS Riau.

Piala Presiden 2018 akan berlangsung di lima kota yang terdiri dari Bandung, Bali, Makassar, Malang, dan Surabaya. Kelima kota tersebut akan menjadi tuan rumah dari lima grup pada babak penyisihan. Sementara untuk partai final, Berlinton berharap bisa menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang saat ini proses renovasinya telah selesai.

“Sebenarnya kami ingin ada salah satu kota di Pulau Sumatera untuk jadi tuan rumah. Tapi, sepertinya belum siap. Seperti diketahui stadion di Medan, masih direnovasi. Kami juga ingin laga final bisa dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno," terangnya.

Mengacu pada penunjukan lima kota yang akan menjadi tuan rumah di babak penyisihan, tampaknya format turnamen pada Piala Presiden 2018 ini tidak akan berbeda dengan penyelenggaraan di tahun 2017 lalu. Terkait hal tersebut Berlinton mengatakan bahwa segala informasi terperinci penyelenggaraan Piala Presiden 2018 akan disampaikan di kemudian hari.

“Ya untuk detail terperincinya, akan kami umumkan di lain kesempatan,” sambungnya.

***

Pada Piala Presiden 2017, ke-20 kontestan dibagi dalam 5 grup yang masing-masing grupnya dihuni 4 tim dan dimainkan di lima kota seperti Sleman (Grup 1), Malang (Grup 2), Bandung (Grup 3), Bali (Grup 4), dan Madura (Grup 5). Setiap kontestan di masing-masing grup bertanding dengan format setengah kompetisi.

Setelah babak penyisihan berakhir, lima kesebelasan penghuni peringkat pertama di masing-masing grup melaju ke babak perempat final dengan tambahan tiga kesebelasan berpredikat runner-up terbaik. Sistem gugur mulai berlaku di babak delapan besar ini, di mana setiap kesebelasan memainkan pertandingan berformat single match di tempat netral. Penentuan lawan di babak perempatfinal ditentukan melalui undian.

Setelah babak perempatfinal berakhir, empat kesebelasan yang memastikan lolos ke babak semifinal akan saling bersua sistem pertandingan kandang-tandang. Setelah itu, dua tim pemenang di empat besar saling bentrok di laga final, sementara dua tim yang kalah memainkan pertandingan perebutan tempat ketiga.

Tahun lalu, partai final dan perebutan tempat ketiga berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor. Arema FC keluar sebagai juara setelah mengandaskan Borneo FC di laga final. Sementara Persib Bandung yang berstatus sebagai juara bertahan menempati posisi tiga, setelah menumbangkan Semen Padang di laga perebutan tempat ketiga.

Foto: Liga-Indonesia.id

Komentar