Dele Alli dan Pemain Spurs Lain yang Siap Melangkah Lebih Tinggi

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Dele Alli dan Pemain Spurs Lain yang Siap Melangkah Lebih Tinggi

Sebelum laga melawan Real Madrid pada Kamis (2/11/2017) dini hari, sempat ada keraguan tersendiri yang muncul terhadap sosok Dele Alli. Namun pada akhirnya, Alli justru malah menunjukkan bahwa ia siap untuk melangkah ke level yang lebih tinggi, pun juga dengan pemain Spurs yang lain.

Dele Alli adalah salah satu talenta terbaik yang dimiliki oleh Inggris saat ini. Di usianya yang masih 21 tahun, sudah banyak pengalaman yang ia dapat baik itu bersama timnas Inggris maupun bersama Tottenham Hotspur. Sejak direkrut dari MK Dons pada pertengahan musim 2015/2016 silam, Alli berkembang dan menjelma menjadi salah satu pemain potensial Inggris.

Namun, talenta dari Alli ini ternyata tidak dibarengi dengan perilakunya yang baik di lapangan. Pada laga melawan Manchester United akhir pekan silam, Alli harus bersitegang dengan Ashley Young, salah satu pemain senior United. Laga melawan Madrid ini juga adalah laga pertama Alli di Eropa setelah menjalani hukuman larangan bertanding selama tiga laga di kompetisi Eropa setelah kejadian yang ia alami dengan gelandang Gent pada Liga Europa musim 2016/2017 silam.

Keraguan pun sempat menyeruak. Kekhawatiran akan emosi Alli yang membuncah kembali dalam laga besar melawan Madrid di Wembley, Kamis (2/11/2017) dini hari muncul. ESPN FC bahkan menyebut bahwa jika pemain kelahiran Milton Keynes ini tetap berperilaku negatif dan emosional, orang-orang perlahan akan mulai melupakan talenta hebat yang ia miliki.

Alli pun diikutsertakan oleh Mauricio Pochettino dalam susunan starting XI Spurs saat menjamu Los Blancos. Perjudian dilakukan oleh manajer asal Argentina tersebut, sambil berharap bahwa Alli akan menunjukkan penampilan yang luar biasa yang dapat membawa Spurs meraih kemenangan atas Madrid. Alli tampaknya paham betul akan ekspektasi tersebut.

Alih-alih mengedepankan emosinya, pemain berusia 21 tahun tersebut tampil cukup impresif dalam laga melawan Madrid ini. Memang pada dasarnya Pochettino berhasil mengungguli pelatih Madrid, Zinedine Zidane, secara taktikal dalam laga ini. Tapi penampilan dari Alli-lah yang sedikitnya memberikan perbedaan pada laga yang dihelat Kamis (2/11/2017) dini hari tersebut. Aksi-aksinya di daerah pertahanan Madrid selalu mengundang bahaya.

Dua gol berhasil ia sumbangkan dalam laga kali ini. Selain itu, ia juga kerap berpartisipasi dalam serangan yang dilancarkan oleh Spurs lewat usaha lima kali dribel sukses yang ia torehkan. Seolah paham bahwa saat itu pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, sedang memantaunya, Alli menunjukkan bahwa ia siap untuk tampil di level yang lebih tinggi. Setelah kembali dari hukuman larangan bermain di tiga laga, Alli menunjukkan bahwa ia siap untuk tampil di Liga Champions.

Selain Alli, ada juga beberapa pemain Spurs lain yang menunjukkan bahwa mereka siap untuk tampil di level yang lebih tinggi. Ada nama Harry Winks dan Kieran Trippier yang bermain apik dalam laga ini dan berkontribusi besar dalam kemenangan Spurs atas Madrid. Winks menjadi pemain tengah yang cukup berpengaruh dalam pertandingan ini, dengan catatan umpan yang cukup ciamik.

Pemain berusia 21 tahun tersebut menjadi motor permainan The Lilywhites pada laga melawan Madrid lewat umpan-umpan yang ia lesakkan di lini tengah. Berkat mobilitasnya ini, serangan Spurs yang kerap mengandalkan serangan balik dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Baca Juga: Harry Winks, Hadiah Terbaru Tottenham Hotspur untuk Sepakbola Inggris

Selain Winks, ada nama Kieran Trippier yang tampil apik di sisi kanan Spurs. Bermain sebagai wing-back, ia bisa memanfaatkan ruang kosong yang kerap tercipta saat Marcelo bergerak maju ke depan. Ia bahkan berhasil menorehkan satu asis untuk gol Alli, serta tiga umpan kunci ketika Spurs menyerang. Walau harus bersaing dengan Serge Aurier musim ini, Trippier juga berhasil menunjukkan bahwa ia siap untuk tampil di level yang lebih tinggi.

Dengan moncernya penampilan dari tiga pemain Spurs dalam laga ini, setidaknya pelatih Inggris, Gareth Southgate yang menonton langsung laga tersebut tidak akan khawatir. Stok-stok pemain bertalenta Inggris ternyata masih ada, dan ia harus berterima kasih kepada Spurs karena sudah cukup banyak menyajikan pemain bertalenta bagi timnas Inggris.

foto: @Squawka

Komentar