Yang Harus Dilakukan Spurs untuk Mengalahkan Madrid

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Yang Harus Dilakukan Spurs untuk Mengalahkan Madrid

Tottenham Hotspur akan menjamu tamu besar dari Spanyol, Real Madrid, dalam matchday ke-4 Liga Champions Eropa yang berlangsung di Stadion Wembley, Kamis (2/11/2017) dini hari. Potensi Spurs untuk meraih kemenangan cukup besar dalam laga ini.

Dalam laga La Liga akhir pekan silam, Los Blancos baru saja mengalami kekalahan yang cukup menyakitkan atas Girona dengan skor 2-1. Kekalahan ini membuat langkah mereka untuk bersaing merebut gelar juara La Liga semakin berat. Di sisi lain, Spurs juga baru menelan kekalahan 1-0 atas Manchester United dalam laga Liga Primer akhir pekan silam.

Meski sama-sama menorehkan hasil negatif, tapi peluang Spurs untuk membuat luka di tubuh Madrid cukup besar. Berbekal hasil imbang 1-1 ketika mereka bertandang ke Santiago Bernabeu pada matchday ke-3 beberapa pekan kemarin, Spurs bisa saja menambah lebih dalam luka yang sekarang sedang dihadapi Madrid. Jika Spurs berhasil menang atas Madrid, maka mereka akan menjadi kesebelasan pertama yang mengalahkan Madrid di fase grup Liga Champions, rekor yang sudah bertahan sejak Oktober 2012 silam.

Namun, bagaimana caranya Spurs bisa mengalahkan Madrid?

Memulai laga dengan cepat

Memulai laga dengan cepat tidak sama dengan memajukan jam sepak mula yang baru akan terjadi pada pukul 02:45 WIB. Memulai laga dengan cepat berarti bermain dengan tempo tinggi dari awal pertandingan.

Dalam laga melawan Madrid nanti, jika Spurs memulai laga lebih cepat, maka kemungkinan mereka untuk mengejutkan sekaligus mencetak gol terlebih dahulu ke gawang Los Blancos bisa saja terjadi. Hal ini berhasil mereka lakukan ketika mereka menghadapi Borussia Dortmund dan Liverpool. Unggul lebih dahulu dapat menekan kedua kesebelasan tersebut, termasuk juga Real Madrid.

Madrid yang baru saja mengalami kekalahan atas Girona setidaknya akan sedikit terkejut ketika Spurs dapat unggul terlebih dahulu. Di tengah kepungan suporter Spurs yang memadati Wembley, akan ada sedikit tekanan yang diterima oleh para pemain Madrid, meski sebenarnya para pemain Madrid sudah sangat terbiasa dengan atmosfer kompetisi Eropa.

Berani mengambil risiko

Mungkin terkesan klise, tapi jika Spurs mampu menampilkan keberanian yang sama dengan yang mereka tunjukkan ketika bermain di Bernabeu, kemenangan adalah hal yang bisa didapat oleh The Lilywhites. Semangat untuk tidak mau dikebiri dan dijajah oleh jawara Liga Champions dua kali berturut-turut adalah sesuatu yang bisa menghadirkan hal positif bagi Spurs.

Beberapa pemain Spurs, semisal Harry Kane, Bamidele Alli, dan Christian Eriksen harus lebih berani mengambil risiko dalam laga kali ini. Terkhusus untuk Alli, meski ia kerap mengalami masalah akibat tindakan indisiplinernya di lapangan dalam beberapa pertandingan terakhir, laga melawan Madrid ini akan menjadi panggung bagi dirinya untuk menjadi pemain yang lebih dewasa.

Jika mampu mengambil risiko, beberapa pemain Spurs bisa saja naik level dari awalnya pemain level liga domestik menjadi pemain berlevel Eropa. Sesuatu yang cukup positif.

Hentikan peluang Madrid

Dalam beberapa laga terakhir, Madrid sama sekali tidak bermasalah dengan soal penciptaan peluang. Dalam laga melawan Girona, mereka berhasil menorehkan 14 kali peluang. Pun dengan beberapa laga sebelumnya. Cukup banyak peluang yang diciptakan Madrid. Namun yang menjadi masalahnya di sini adalah soal memanfaatkannya.

Karim Benzema baru mencetak dua gol dari total 20 tembakan yang ia lesakkan. Cristiano Ronaldo baru mencetak satu gol dari enam laga liga yang ia jalani. Jika melihat hal ini, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan Spurs. Tapi panggung Liga Champions Eropa kerap menyajikan sesuatu yang berbeda, dan itu harus diwaspadai oleh Spurs.

Memotong aliran bola Madrid, dengan mematikan trio Luka Modric, Isco, dan Toni Kroos, adalah langkah antisipatif yang mungkin saja dilakukan Mauricio Pochettino untuk menghentikan gelontoran peluang Madrid. Seperti yang mereka lakukan dalam laga di Bernabeu beberapa waktu silam. Dengan memotong aliran bola Madrid, mereka sukses memberikan perlawanan kepada Los Blancos.

Dengan menghentikan aliran bola Madrid ini, setidaknya ada satu hal yang sudah berhasil diantisipasi Spurs. Jika ini berhasil dilakukan, perlahan peluang Spurs untuk menyerang dan mencetak gol akan terbuka dengan sendirinya.

Langkah-langkah di atas adalah langkah-langkah yang mungkin akan ditempuh oleh Mauricio Pochettino dalam usahanya memberikan luka tambahan bagi Madrid. Namun, jika kelak Pochettino menggunakan langkah lain, hal itu bukanlah masalah, karena pada dasarnya kesempatan Spurs untuk memenangkan laga ini cukup besar. Apalagi, Harry Kane dikabarkan sudah bisa bermain kembali.

Komentar