Masa Depan yang Semakin Cerah bagi Inggris

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Masa Depan yang Semakin Cerah bagi Inggris

Matahari sedang menyinari tanah Inggris dalam beberapa tahun ke belakang. Setelah timnas U20 dan timnas U18 Inggris yang berprestasi, sekarang timnas U17 Inggris juga berprestasi dalam ajang Piala Dunia U17 yang digelar di India pada 2017 ini. Masa depan menjadi semakin cerah bagi Inggris.

Dalam beberapa tahun terakhir, timnas Inggris level senior benar-benar tidak bisa bicara banyak dalam ajang-ajang multinasional macam Piala Dunia maupun Piala Eropa. Terhitung sejak Piala Eropa 2012, sampai terakhir Piala Eropa 2016, laju timnas Inggris dalam sebuah turnamen multinasional tidak pernah mencapai tahap yang jauh (semifinal misalkan). Mereka kerap terhenti di babak delapan besar atau 16 besar. Malah pada 2014, mereka terhenti di fase grup.

Terakhir kali timnas Inggris meraih prestasi besar dalam ajang multinasional adalah pada 1966 silam dalam ajang Piala Dunia. Menjadi tuan rumah Piala Dunia 1966, mereka menjadi juara setelah mengalahkan Jerman Barat di partai final. Setelah itu, timnas Inggris sama sekali tidak pernah menjadi juara dunia. Jangankan juara dunia, menjejakkan kaki di partai final saja jarang.

Namun, jika mereka mau bersabar, sepertinya dalam beberapa tahun ke depan, menjejakkan kaki di partai final bagi timnas senior Inggris bukanlah angan-angan saja. Ini tak lepas dari ciamiknya penampilan para pemain timnas lintas usia Inggris, dengan yang teranyar adalah gelar juara Piala Dunia U17 yang didapat timnas Inggris U17.

***

Pada 2017 ini, timnas usia muda Inggris bisa dibilang sedang dalam masa subur. Berturut-turut gelar Piala Dunia U20, Turnamen Toulon, Piala Eropa U19, serta yang terbaru Piala Dunia U17 berhasil mereka menangkan. Bagi sepakbola Inggris yang kerap kurang memuaskan dalam ajang internasional, hal ini adalah sesuatu yang cukup membanggakan.

Bertanding dalam ajang Piala Dunia U17, sebelumnya bahkan tidak ada yang memprediksi bahwa Inggris akan menjadi juara. Nama-nama seperti Spanyol, Brasil, serta juara bertahan Nigeria masih menjadi nama-nama yang diunggulkan untuk menjadi juara dalam ajang yang dihelat pada 6-28 Oktober 2017 di India tersebut.

Namun dalam perjalanannya, Phil Foden dkk. beberapa kali mampu menaklukkan lawan yang lumayan kuat. Jepang berhasil mereka kalahkan di babak 16 besar (lewat babak adu penalti). Brasil juga berhasil mereka kalahkan di babak semifinal. Sementara itu, di babak final mereka berhasil menang dramatis 5-2 setelah tertinggal lebih dulu dari timnas U17 Spanyol. Prestasi yang Inggris torehkan ini menyamai apa yang pernah Brasil torehkan pada 2003 silam.

Seiring dengan juaranya Inggris dalam berbagai turnamen multinasional level junior ini, mulai muncul talenta-talenta muda dari Inggris yang diprediksi bakal bersinar di masa depan, Nama-nama semisal Dominic Solanke, Dominic Calvert-Lewin, serta Kyle-Walker Peters mulai muncul dan beberapa di antara mereka pun sudah masuk klub-klub yang berkompetisi di Liga Primer.

Seiring dengan juaranya timnas Inggris U17, nama-nama yang diprediksi bakal bersinar di masa depan juga kembali muncul. Ada nama Rhian Brewster, Philip Foden, serta adik-adik dari pesepakbola seperti George McEahran (adik dari Josh McEahran), serta Steven Sessegnon (kembaran dari Ryan Sessegnon) yang juga diprediksi bakal bersinar di masa depan. Salah satu di antaranya, Philip Foden bahkan mendapatkan gelar Pemain Terbaik Piala Dunia U17 2017 ini.

Namun, seperti kasus yang kerap terjadi di Inggris, ketika pemain-pemain muda jarang mendapatkan jam terbang kala masuk level senior, pemain-pemain muda Inggris ini harus diasuh dengan baik. Jika tidak, bukan tidak mungkin di masa depan mereka justru hanya akan menjadi pemain kelas dua dan tidak sempat mencicipi level kompetisi yang tinggi semisal Liga Champions maupun Liga Primer.

Baca Juga: Timnas Inggris U18 dan U20, di Manakah Mereka Pada 2022 Nanti?

***

Kekhawatiran akan masa depan pasti akan selalu ada, apalagi masa depan adalah sesuatu yang tidak pasti dan masih gelap wujudnya. Namun jika melihat apa yang Inggris muda tuai pada 2017 ini, setidaknya mereka tidak perlu khawatir akan masa depan, seperti halnya Prancis yang juga tidak perlu khawatir akan masa depan yang akan mereka alami.

Kolam penuh talenta, dengan timnas Inggris muda yang menjuarai Piala Dunia U17, sudah berhasil dibentuk oleh The Three Lions. Rasa khawatir akan talenta-talenta asal Inggris yang acap dianggap kurang pun sudah berhasil mereka atasi dengan gelar-gelar juara di turnamen level junior yang berhasil mereka dapat pada 2017 ini.

Asal diasuh dengan benar, bisa saja di masa depan Liga Primer, seperti di masa-masa lampau, akan kembali berisikan pemain bertalenta asli Inggris. Jika ini terjadi, maka dampak positif pun akan dirasakan oleh timnas Inggris di masa depan. Juara Piala Dunia 2022, mungkin?

foto: @FutballTweets

Komentar