Yang Perlu Diketahui dari Babak Play-off Piala Dunia 2018 Zona Eropa

Berita

by redaksi

Yang Perlu Diketahui dari Babak Play-off Piala Dunia 2018 Zona Eropa

Babak kualifikasi Piala Dunia 2018 mencapai tahap akhir. Satu per satu negara sudah memastikan diri berhak tampil di Piala Dunia yang akan digelar di Rusia tahun depan. Dari zona Eropa, empat tiket dari babak kualifikasi kedua zona Eropa atau babak play-off akan menjadi pertaruhan tersendiri

Dari sembilan grup di babak kualifikasi Eropa, setiap juara grup langsung lolos. Sementara itu dari sembilan runner-up, hanya delapan runner-up terbaik yang berhak melaju ke babak play-off. Artinya terdapat satu runner-up grup yang langsung tersingkir.

Untuk penentuannya, poin masing-masing negara runner-up akan diurutkan tanpa menghitung poin yang didapatkan melawan peringkat terakhir. Aturan ini awalnya diberlakukan karena ada dua grup yang jumlah negaranya lebih sedikit. Namun meski kali ini Kosovo dan Gibraltar sudah melengkapi sehingga setiap grup diikuti oleh enam tim, dengan kualitas negara yang cenderung akan menempati peringkat terakhir grup, maka penentuan runner-up terbaik tetap tidak menghitung poin menghadapi peringkat keenam.

Nantinya kedelapan runner-up terbaik tersebut akan dibagi menjadi empat laga. Penentuan peringkat sendiri berdasarkan ranking FIFA terbaru, 16 Oktober. Untuk penentuan lawan sendiri akan diundi pada 17 Oktober mendatang. Masing-masing laga akan bermain kandang-tandang pada bulan November untuk memastikan empat tiket terakhir dari zona Eropa.

Untuk kualifikasi Piala Dunia 2018 sendiri terdapat tim kuat yang harus menentukan nasibnya di babak play-off, salah satunya adalah Italia. Italia dipastikan tidak bisa lolos langsung karena poin Spanyol yang berada di peringkat teratas Grup G tak bisa lagi dikejar. Sebelum laga terakhir kualifikasi digelar, Spanyol unggul lima poin dari Italia.

Selanjutnya ada Swiss yang sempat memuncaki klasemen grup B hingga matchday 9, namun akhirnya tergusur ke peringkat dua. Di laga terakhir, mereka ditumbangkan Portugal. Meski sama-sama 18 poin, Swiss kalah selisih gol.

Italia dan Swiss, bersama Denmark (runner-up grup E) dan Kroasia (runner-up grup I) menempati empat teratas runner-up terbaik. Sementara empat negara yang menempati empat terbawah adalah Swedia (runner-up grup A), Irlandia Utara (runner-up grup C), Irlandia (runner-up grup D), Yunani (runner-up grup H).

Keberhasilan Swedia menempati runner-up ini artinya Belanda harus jadi penonton pada Piala Dunia 2018 nanti. Di laga terakhir, sebenarnya Swedia takluk 2-0 dari Belanda dan kedua kesebelasan punya poin sama. Hanya saja Belanda kalah selisih gol. Swedia memiliki surplus 17 gol, sementara Belanda hanya surplus 9.

Berikut ini adalah klasemen akhir runner-up grup terbaik. Berdasarkan ranking FIFA 14 September, kesebelasan yang masuk ke dalam pot 1 adalah Swiss, Italia, Kroasia dan Irlandia Utara. Pot 2 adalah Swedia, Denmark, Irlandia dan Yunani. Namun hal tersebut bisa berubah pada ranking terbaru FIFA yang akan diperbarui pada 16 Oktober mendatang.

Komentar