Messi Akan Perpanjang Kontrak Sebelum Akhir Tahun, Iniesta Ditawari Kontrak Tak Terbatas

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Messi Akan Perpanjang Kontrak Sebelum Akhir Tahun, Iniesta Ditawari Kontrak Tak Terbatas

Lionel Messi dikabarkan segera menandatangani perpanjangan kontraknya bersama Barcelona. Sebelumnya pada bulan Juli lalu, Barcelona telah mengumumkan bahwa Messi sudah menyatakan setuju untuk memperpanjang masa baktinya bersama Barcelona hingga tahun 2021. Namun masalahnya persetujuan itu dibuat secara verbal. Artinya kontrak Messi saat ini masih yang berlaku hingga akhir musim ini.

Hal tersebut memunculkan rumor bahwa alasan Messi tak kunjung menandatangani perpanjangan kontraknya itu lantaran ia ingin pergi dari Barcelona. Apalagi setelah kepergian Neymar ke Paris Saint Germain (PSG) dikabarkan membuat Messi tidak nyaman berada di Barcelona. Tanpa Neymar, Barcelona kandas dua kali oleh Real Madrid di ajang Piala Super Spanyol.

Isu lain dari hal tersebut mencuat ketika jendela transfer musim panas 2017 hampir memasuki akhir waktunya. Beberapa media Inggris mengabarkan bahwa Messi akan hengkang ke Manchester City. Rumornya pihak City sudah melakukan pembicaraan dengan perwakilan Messi di Catalan. Opsinya pada saat itu, bila tidak pada musim 2016/2017, Messi bisa hengkang ke City secara cuma-cuma pada musim depan saat kontraknya berakhir.

Menanggapi kisruh perpanjangan kontrak Messi yang sampai dengan saat ini masih ramai dibicarakan, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengungkapkan bahwa tak lama lagi Messi akan menandatangani perpanjangan kontraknya itu. Bartomeu menambahkan bahwa paling lambat pemain berusia 30 tahun itu menandatangani perpanjangan kontraknya sebelum akhir tahun, atau sebelum masuk pada waktu dibukanya jendela transfer musim dingin pada Januari 2018.

"Kami akan memotretnya saat Messi membubuhkan tandatangan di kontrak barunya bersama kami, mudah-mudahan sebelum akhir tahun dia sudah menandatangani kontrak tersebut. Namun kontrak tersebut telah ditandatangani oleh ayahnya, yang memiliki hak-hak Messi. Kontrak ini ditandatangani sampai 2021 dan dia sudah bermain di bawahnya,” katanya kepada TV8, seperti dilansir dari Soccerway.

Dikutip dari Dailymail beberapa waktu lalu, kontrak baru yang ditawarkan Barcelona kepada Messi sangat menggiurkan, bahkan berpotensi menjadikannya sebagai pemain dengan gaji termahal di Eropa. Kabarnya jika penandatanganan kontrak itu dilakukan, maka Messi akan mendapatkan bayaran senilai 500 ribu paun per pekannya dalam 5 tahun ke depan. Nominal tersebut merupakan penghasilan bersih Messi, tanpa harus lagi memikirkan potongan pajak. Bisa dibilang gaji baru Messi itu naik sekitar 37 persen dari penghasilan lamanya senilai 365 ribu paun per pekan. Selain itu dari kontrak baru tersebut, Barcelona pun menaikkan klausul pelepasan hingga 350 juta paun bagi kesebelasan lain yang mau meminang Messi.

Satu Tempat Lagi untuk Iniesta

Selain Messi, sebenarnya masih ada satu pemain lagi yang nasibnya berada diambang pintu keluar, dia adalah Andres Iniesta yang juga kontraknya akan habis pada Juni 2018 mendatang. Iniesta bisa saja pergi pada musim depan dengan status bebas transfer, andai Barcelona tak kunjung memberinya perpanjangan kontrak.

Namun Bartomeu menegaskan, bahwa selain Messi, pihaknya akan memperpanjang kontrak pemain berusia 33 tahun itu. Bartomeu mengungkapkan bahwa dirinya sudah melakukan komunikasi dengan Ramon Sostres sebagai perwakilan dari Iniesta.

"Kesepakatan dengan Iniesta akan sangat istimewa bagi kami. Saya tidak akan mengungkapkan dengan tepat apa karena ini adalah bagian dari negosiasi pribadi, dengan Ramon Sostres, kami sudah lama ngobrol,” terangnya.

Bartomeu melanjutkan bahwa Iniesta adalah bagian penting bagi Barcelona, ia adalah sosok pemain senior yang menjadi panutan semua pemain muda di klub. Iniesta berhak untuk tetap tinggal di Barcelona, sampai ia memutuskan untuk pensiun atau memilih pindah ke klub lain. Menurutnya, kontrak yang akan disodorkan kepada Iniesta adalah kontrak tak terbatas.

“Iniesta bukan hanya menjadi acuan bagi kami, tapi juga bagi para pemain muda. Dia berhak bermain di sini sampai dia memutuskan untuk tidak lagi bermain. Andres sangat penting bagi klub ini dan rencananya Iniesta akan diberi perpanjangan kontrak tak terbatas sehingga dia bisa menyelesaikan kariernya di Barcelona sampai kapan pun dia mau," tukasnya.

Foto: Barcelona, Goal.com, Blaugranes

Komentar