Hasil dan Klasemen Sepakbola Grup B AFF U18: Indonesia Kokoh di Puncak Klasemen

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Hasil dan Klasemen Sepakbola Grup B AFF U18: Indonesia Kokoh di Puncak Klasemen

Indonesia melanjutkan tren kemenangan mereka di Piala AFF U18 2017. Menghadapi Filipina di Stadion Thuwunna, Kamis (7/9) tim berjulukan Garuda Nusantara itu berhasil memenangkan pertandingan dengan skor telak 9-0. Masing-masing gol Indonesia dalam pertandingan tersebut dicetak oleh tiga gol Feby Eka Putra, dua gol Egy Maulana Vikry, dua gol dari Muhammad Iqbal, Muhammad Rafli, dan Resky Fandi yang masing-masing mencetak satu gol.

Kemenangan sembilan gol tanpa balas atas Filipina membuat Indonesia kokoh di puncak klasemen sementara Grup B dengan enam poin. Sebelumnya Garuda Nusantara berhasil memetik kemenangan atas tuan rumah Myanmar di laga perdana dengan skor 2-1. Meski saat ini Indonesia kokoh di puncak klasemen, namun tim asuhan Indra Syafri itu tidak boleh jemawa, karena masih ada Vietnam yang menguntit mereka di posisi dua dengan poin tiga setelah mengalahkan Brunei Darusalam 8-1 di laga perdananya pada Kamis (7/9) sore WIB.

Tentunya dengan tabungan satu pertandingan yang dimiliki Vietnam, membuat posisi Indonesia di puncak klasemen belum seratus persen aman. Sebab bila pada pertandingan keduanya Vietnam berhasil mengalahkan Filipina minimal dengan skor 4-0 maka mereka bisa mengudeta posisi Indonesia dari puncak klasemen dengan keunggulan selisih gol (perolehan gol Vietnam akan bertambah menjadi plus 12).

Indonesia dan Vietnam akan saling jumpa pada Senin (11/9) mendatang. Tentunya Vietnam akan menjadi lawan yang seimbang bagi Indonesia mengingat kualitas para pemain mereka yang selevel dengan Egy dkk. Namun diharapkan dalam pertandingan ketiganya nanti melawan Vietnam, Garuda Jaya bisa kembali memetik poin penuh untuk menjaga asa lolos ke babak semifinal dengan status sebagai juara Grup B.

Bila mampu lolos ke babak semi-final, lawan yang tak kalah tangguh akan menanti Indonesia. Saat ini di Grup A ada dua kesebelasan diunggulkan lolos ke babak semi-final. Dua kesebelasan itu adalah Malaysia dan Thailand, dua tim tersebut merajai posisi papan atas di klasemen sementara Grup A dengan Malaysia berada di posisi pertama dengan enam poin hasil dari dua pertandingan yang telah dilakoni. Sementara Thailand berada di posisi dua juga dengan enam poin.

Saat ini Harimau Malaya hanya unggul selisih gol (plus 5) atas Gajah Perang (plus 4). Kalau posisi ini tidak berubah sampai akhir nanti maka besar kemungkinannya Indonesia akan jumpa Thailand di semi-final. Namun perjalanan masih panjang masing-masing grup masih menyisakan sekitar dua sampai tiga pertandingan tersisa. Jadi masih banyak hal yang akan terjadi nanti.

Berikut adalah klasemen sementara grup B AFF U18:

Foto: Twitter AFF

Komentar