Sylvano Comvalius yang Semakin Bersinar

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Sylvano Comvalius yang Semakin Bersinar

Bali United melanjutkan tren positif mereka di Liga 1 Indonesia 2017. Menghadapi Mitra Kukar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (27/8/2017) Bali menang dengan skor telak 6-1 atas tamunya itu. Kemenangan tersebut membuat Bali United kokoh di puncak klasemen dengan raihan poin 41.

Seusai pertandingan, pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro mengungkapkan bahwa kunci kemenangan telak yang berhasil ditorehkan anak asuhnya dalam laga tersebut adalah kerja keras dan motivasi besar untuk meraih kemenangan.

Mantan pelatih Sriwijaya FC itu juga mengungkapkan bahwa meski secara kebugaran fisik timnya dalam kondisi yang kurang baik, namun dukungan penuh suporter membuat rasa lelah itu pun sirna begitu saja. Sehingga, kemenangan tersebut ia dedikasikan kepada para suporter sebagai pemain ke-12.

"Pastinya kemenangan ini sangat luar biasa. Para pemain sudah berjuang luar biasa di lapangan. Saya rasa tim lawan berpikir kami kelelahan, namun energi tambahan dari para suporter jadi kekuatan yang tidak terdeteksi oleh lawan. Terima kasih untuk para suporter," katanya sesuai pertandingan, seperti dikutip dari halaman resmi klub.

Ada satu sosok yang cukup memikat perhatian dalam kemenangan telak Bali Untied atas Mitra Kukar. Ia adalah Sylvano Comvalius yang dalam laga tersebut menyumbang lima dari enam gol yang berhasil diceploskan tim berjuluk "Serdadu Tridatu" itu ke gawang Naga Mekes yang dikawal oleh Joice Sorongan. Sementara satu gol lain dari Bali United diciptakan Nick Van der Velden melalui titik putih, satu-satunya gol balasan Mitra Kukar diciptakan oleh Marclei Santos..

Lima gol yang berhasil dilepaskan Comvalius dalam laga tersebut kemudian menjadikannya sebagai pemain pertama yang berhasil melepaskan lima gol dalam ajang Liga 1 2017. Selain itu, ada dua rekor lain yang berhasil ditorehkan Comvalius dalam laga tersebut.

Pertama, ia adalah pemain pertama yang mampu mencetak hat-trick sebanyak dua kali di kompetisi. Kedua, ia juga menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak empat gol. Dua rekor ini melengkapi rekronya sebagai pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan. Torehan impresif yang berhasil dicatatkan Comvalius dalam laga tersebut kemudian mensejajarkan dirinya dengan penyerang Bhayangkara FC, Ilija Spasojevic.

Penyerang asal Montenegro itu pernah mencatatkan lima gol dalam satu pertandingan sejak kompetisi sepakbola Indonesia berubah tajuk menjadi Liga Super Indonesia yang bertahan hingga tahun 2014, dan kemudian beralih menjadi Liga 1 pada tahun 2017. Torehan tersebut diciptakan Spaso saat membela Mitra Kukar pada 2013 lalu. Ketika itu, ia berhasil menceploskan lima gol ke gawang PSPS Pekanbaru. Hal tersebut kemudian membuat julukan Spasogol tersemat kepada Spasojevic.

Selain itu, torehan lima gol yang berhasil diciptakan Comvalius juga membuatnya semakin nyaman berada di puncak daftar pencetak gol sementara Liga 1 Indonesia 2017 dengan total 23 gol, yang kemudian juga mengantarkannya menjadi pemain pertama yang berhasil melesakkan lebih dari 20 gol di Liga 1 Indonesia 2017. Perolehan gol yang bisa diciptakan Comvalius bisa terus bertambah mengingat masih banyak pertandingan yang akan dilakoni Bali United di Liga 1.

Comvalius sangat berpotensi untuk menambah perolehan golnya di Liga 1. Ia telah membuktikan konsistensinya untuk menjebol gawang lawan. Tercatat, dari sembilan pertandingan terakhir yang dilakoni oleh Bali United, secara berturut-turut Comvalius selalu berhasil menyumbang gol bagi kesebelasan yang dibelanya itu.

Pencapaian yang ditorehkan Comvalius ini terbilang mengejutkan. Kehadiran pemain-pemain kelas dunia seperti Peter Odemwingie misalnya, jauh lebih diperhitungkan untuk dilihat bagaimana penampilannya di Liga 1. Benar saja, Odemwingie berhasil menyilaukan mata pecinta sepakbola nasional dengan rutin mencetak gol untuk Madura United.

Sementara Comvalius yang perlahan menempel setiap jumlah lesakan gol dari Odemwingie belum terlalu diperhitungkan. Baru menjelang akhir putaran pertama kompetisi, Comvalius semakin rajin mencetak gol, sementara Odemwingie seakan tertahan lajunya. Pada putaran kedua Liga 1, nama Comvalius yang banyak dibicarakan karena kepiawaian dan konsistensinya dalam menjebol gawang lawan.

Total sebelum lima gol berhasil ia cetak ke gawang Mitra Kukar, dengan 18 golnya Comvalius sudah melesat meninggalkan perolehan gol Odemwingie atau penyerang Sriwijaya FC, Alberto Goncalves yang sama-sama telah mencetak 13 gol. Ditambah dengan lima gol yang berhasil ditorehkannya ke gawang Naga Mekes, marjin gol Comvalius dengan penyerang tajam lainnya pun semakin jauh.

Ada peluang bagi Comvalius untuk mendapat sepatu emas di akhir kompetisi nanti. Namun dengan sarat bahwa ia bisa menjaga konsistensinya mencetak gol bagi Bali United agar marjin dengan para kompetitor tetap berjarak jauh.

Foto: www.baliutd.com

Komentar