Barcelona Akan Ajukan Tawaran Terakhirnya untuk Coutinho

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Barcelona Akan Ajukan Tawaran Terakhirnya untuk Coutinho

Liverpool sepertinya belum berhasil mengamankan Philippe Coutinho dari kejaran Barcelona yang ingin menjadikannya sebagai pengganti Neymar yang hijrah ke Pari Saint-Germain (PSG). Meskipun begitu, Liverpool tampaknya sudah berkomitmen tidak akan menjual pemain yang didatangkan dari Internazionale Milan itu.

Kabarnya sudah ada tiga penawaran langsung yang diajukan oleh kubu Blaugrana untuk Coutinho, namun selalu mentah karena ditolak Liverpool. Beberapa waktu lalu, Feenway Sports Group (FSG) sebagai konsorsium pemilik Liverpool juga telah menyatakan bahwa mereka tidak akan menjual Coutinho dengan harga berapapun dan ke klub manapun.

Beberapa jam setelah konfirmasi itu dibuat, rumor kemudian berkembang bahwa Coutinho mengajukan permintaan transfer kepada Liverpool. Namun Liverpool menolak pengajuan tersebut, rumor tersebut kemudian menimbulkan spekulasi bahwa hubungan antara Coutinho dan tim merenggang.

Tapi dalam sebuah sesi konferensi pers menjelang pertandingan leg kedua play-off Liga Champions melawan Hoffenheim, manajer Liverpool, Juergen Klopp, menegaskan bahwa tidak ada keretakan hubungan antara Coutinho dengan tim. Klopp juga menegaskan bahwa hingga saat ini hubungan antara Coutinho dan klub baik-baik saja, begitu pula hubungan antara pemain dengan dirinya. "Tentu saja, semua baik-baik saja. Saya dan dia (Coutinho) tidak memiliki masalah apapun," katanya seperti dilansir ESPN FC.

Klopp melanjutkan bahwa kapanpun Coutinho kembali ke tim, pemain berusia 25 tahun itu akan disambut hangat oleh dirinya dan juga pemain lainnya. Namun pelatih berkebangsaan asal Jerman itu belum bisa memastikan kapan Coutinho kembali ke dalam skuatnya. Sebab, sampai dengan menjelang pertandingan melawan Hoffenheim, mantan pemain Inter Milan itu masih menjalani pemulihan cedera punggung.

Coutinho absen dalam tiga pertandingan awal (dua pertandingan Liga Primer Inggris dan satu Play-off Liga Champions) yang dilakoni Liverpool di musim 2017/2018 ini. Sempat tersiar kabar bahwa Coutinho tidak bermain untuk Liverpool di tiga laga tersebut lantaran status masa depannya yang tidak jelas, selain karena kondisi kebugarannya yang tidak memungkinkan.

Tapi Klopp memastikan bahwa Coutinho memang tidak bisa bertanding karena mengalami cedera punggung. Tidak memungkinkan bagi dirinya untuk memaksakan Coutinho untuk tampil saat kondisi fisiknya sedang tidak memungkinkan. Tapi Klopp menambahkan bahwa ketika Coutinho kembali nanti, tim pelatih akan memberikan treatment khusus untuknya, agar bisa mengejar ketertinggalan kondisi fisik dari pemain lain, karena lama ia tidak merumput.

"Ya, 100 persen pasti kami akan menyambut kedatangannya kembali. Jika Phil bermain besok, saya pikir itu tidak mungkin karena dia masih dalam masa pemulihan cedera punggung. Dia sekarang sakit, butuh beberapa waktu karena dia tidak berlatih lama. Saya tidak tahu kapan dia akan kembali. Kita harus segera melakukan pemeriksaan lagi saat dia kembali nanti," ungkapnya.

Terkait soal sikap kesebelasan mengenai masa depan Coutinho, di tengah godaan Barcelona yang semakin kencang, Klopp menyatakan bahwa tidak ada yang berubah dengan masa depan pemain Brasil tersebut. Coutinho masih menjadi bagian penting Liverpool pada musim ini. Merujuk pada pernyataan klub sebelumnya bahwa Coutinho tidak akan dijual dengan penawaran berapapun, hal tersebut masih berlaku hingga saat ini.

"Saya harus katakan lagi bahwa 100 persen jelas bahwa tidak ada yang berubah sampai dengan saat ini. Saya sudah mengatakannya - bahasa Inggris saya tidak cukup baik untuk memberikan 500 jawaban berbeda untuk pertanyaan yang sama," tegasnya.

Di tengah keyakinan Klopp untuk bisa memagari Coutinho dari godaan pindah ke kesebelasan manapun, Barcelona sebagai peminat paling potensial pemain bernomor punggung 10 itu terus melancarkan manuver untuk bisa mendatangkannya ke Camp Nou pada musim ini.

Setelah tiga penawaran yang diajukan ditolak mentah-mentah oleh Liverpool, diketahui bahwa Barcelona awalnya menawar Coutinho dengan harga 72 juta paun, kemudian naik menjadi 90 juta paun, dan dinaikkan lagi menjadi 100 juta paun minggu lalu, melalui laporan Sky Sports, Barcelona bersiap untuk melancarkan penawaran keempat mereka. Tak tanggung-tanggung, mereka siap memberikan penawaran sebesar 138 juta paun untuk menggaet Coutinho. Sky Sports melaporkan bahwa Barcelona siap memberikan dana segar sebesar 101 juta paun sebagai pembayaran awal dengan 37 paun sisanya dibayarkan sebagai bonus. Kabarnya itu akan menjadi penawaran terakhir Barcelona untuk Coutinho.

Salah satu sumber mereka di Spanyol yang tidak mau disebutkan identitasnya itu mengungkapkan bahwa memang benar kalau Liverpool bersikeras untuk mempertahankan Coutinho, dengan sang pemain juga menyatakan sikap untuk tetap bertahan di Anfield. Namun kebutuhan Barcelona akan sosok pemain sayap yang bisa menutup lubang Neymar akan membuat mereka menjadikan dua hal tersebut sebagai angin lalu.

"Philippe tidak pernah bertekad untuk meninggalkan Liverpool. Hal tersebut kemudian membuat banyak pihak menyarankan Barcelona memikirkan untuk mundur dan memanggilnya satu hari, adalah omong kosong belaka. Mereka tidak akan pernah menyerah dalam pertarungan," terang sumber tersebut seperti dilansir dari Sky Sports.

Merunut dengan apa yang saat ini tengah dialami Barcelona, adalah sebuah hal yang wajar kalau mereka sangat menginginkan Coutinho untuk hijrah ke Nou Camp musim ini. Kehilangan Neymar sangat berpengaruh pada performa mereka. Meski mampu memenangkan laga perdana La Liga saat menghadapi Real Betis, namun itu belum cukup untuk menghindarkan mereka dari bayang-bayang kompetitor seperti Real Madrid.

Di Piala Super Spanyol, dua kali mereka di pecundangi Madrid dengan kekalahan 1-3 di Camp Nou pada leg pertama dan 0-2 di Santiago Bernabeu. Kondisi yang miris, seiring dengan banyaknya pihak mengeluarkan kritik bahwa Barcelona sekarang sudah sangat berbeda.

Selain itu, mereka juga dihadapkan dengan ancaman yang lebih besar setelah Lionel Messi tak kunjung menandatangani klausul perpanjangan kontrak yang sebelumnya sudah disepakati secara verbal. Hal tersebut kemudian memantik rumor, bakal segera hengkangnya Messi ke Manchester City. Spekulasi media menyebut bahwa Messi mulai gusar dengan komposisi pemain Barcelona yang menurutnya kurang kompetitif.

Apapun itu, saat ini Barcelona tentunya sedang dibuat cemas terkait penawaran keempat mereka kepada Liverpool. Jika kembali ditolak, Coutinho tampaknya memang benar-benar tidak akan dijual dengan harga berapapun. Yang artinya ungkapan tersebut benar aja, bukan hanya sekadar untuk menaikkan harganya.

Foto: Goal.com

Komentar