Andai Lolos, Siapakah Calon Lawan Indonesia di Semi-final Sea Games 2017?

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Andai Lolos, Siapakah Calon Lawan Indonesia di Semi-final Sea Games 2017?

Bermain imbang 0-0 melawan Vietnam pada pertandingan ketiganya di SEA Games 2017, Malaysia sedikit banyaknya membuat banyak pendukung Indonesia harap-harap cemas. Sebab kepastian lolos tidaknya Indonesia ke babak semifinal harus ditentukan hingga pertandingan terakhirnya. Selain pertandingan Indonesia melawan Kamboja, laga antara Thailand melawan Vietnam juga akan menentukan nasib Indonesia di SEA Games 2017.

Indonesia wajib menang telak atas Kamboja di laga terakhirnya, dan berharap Thailand dan Vietnam saling bunuh di pertandingan lainnya. Bila skema tersebut berjalan, siapapun yang memenangkan pertandingan di laga Vietnam melawan Thailand, maka Indonesia pasti melenggang ke babak semifinal dengan status runner-up Grup B.

Melihat calon lawan Indonesia nanti di babak semi-final, besar kemungkinan bahwa Evan Dimas dan kawan-kawan akan langsung berhadapan dengan tuan rumah Malaysia, sebagai pemuncak grup A. Saat ini, Myanmar memang masih menduduki posisi puncak di tabel klasemen sementara Grup A, dengan sembilan poin. Mereka unggul selisih gol dari tim Harimau Malaya dengan +8 dan Malaysia +4.

Namun Malaysia masih memiliki tabungan satu pertandingan menghadapi Laos pada 23 Agustus esok. Hasil imbang yang diraih sudah cukup untuk mengantar Malaysia untuk menduduki posisi puncak klasemen akhir Grup A. Di atas kertas, meraih hasil imbang atas Laos bukan hal yang sulit bagi Malaysia, mengingat level kedua kesebelasan yang berbeda jauh.

Namun, hitung-hitungan di atas kertas tentu bukan prioritas utama dalam sepakbola, apalagi Laos juga saat ini berada di posisi tiga. Meski dipastikan gagal melenggang ke babak semifinal, namun setidaknya kemenangan atas tuan rumah Malaysia, bisa membuat mereka pulang dengan kepala tegak.

Tapi yang perlu diingat, ini adalah skema lawan yang akan dihadapi Indonesia, bila lolos ke babak semifinal. Bila tidak, tentunya Malaysia berkemungkinan besar menghadapi Thailand atau Vietnam yang akan saling bertarung di laga terakhir mereka. Semua masih akan terjadi hingga akhir pertandingan di fase grup, sepakbola SEA Games. Harapan terbaik, tentunya kita berikan untuk Indonesia.

Baca juga:

- Andai Lolos, Siapakah Calon Lawan Indonesia di Semi-final Sea Games 2017?
- Hitung-Hitungan Indonesia Agar Lolos ke Semi-final SEA Games 2017
- Penentuan Klasemen Grup B SEA Games Bisa Saja Berakhir dengan Undian

Jadwal pertandingan selanjutnya

Grup A: 23 Agustus 2017

Laos vs Malaysia (19:45 WIB)

Singapore vs Brunei (19:45 WIB)

Grup B: 24 Agustus 2017

Indonesia vs Cambodia (15:00 WIB)

Thailand vs Vietnam (15:00 WIB)

Timor-Leste vs Philippines (15:00 WIB)

Foto: Kuala Lumpur 2017

Komentar