Ada yang Lebih Cepat Diusir Wasit dari Tomas Kalas

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Ada yang Lebih Cepat Diusir Wasit dari Tomas Kalas

Terjadi insiden unik pada akhir pekan lalu. Kejadian itu terjadi di pertandingan divisi Championship Inggris 2017/2018 antara tuan rumah Reading FC melawan Fulham FC di Stadion Madejski, Sabtu (12/8).

Insiden itu terjadi ketika Tomas Kalas, bek Fulham, mendapatkan kartu merah karena menjegal Modou Barrow, penyerang Reading, yang berkesempatan mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan 30 detik. Bisa dibilang jika diusirnya Kalas membuatnya sebagai pesepakbola ketujuh yang memiliki waktu bermain paling sebentar akibat diganjar kartu merah di Liga Inggris.

Lalu siapakah pemain paling singkat bermain karena mendapatkan kartu merah di Liga Inggris? Pertanyaan itu akan melegakan Kalas karena ia bukanlah pesepakbola yang bermain paling singkat akibat kartu merah. Kartu merahnya Kalas dalam 30 detik juga melegakan Jason Crowe dan Steven Gerrard karena turun peringkat dalam insiden diusir wasit tersebut.

9. Steven Gerrard (Liverpool)

Liverpool sedang menjalani pertandingan krusial menghadapi Manchester United pada Maret 2015 lalu. Steven Gerrard dimasukkan mengganti Adam Lallana pada pergantian babak untuk mengejar ketertinggalan 1-0. Tapi baru 40 detik di lapangan Stadion Anfield kala itu, Gerrard kedapatan menginjak kaki Ander Herrera sehingga diusir dari lapangan. Liverpool pun mengakhiri pertandingan dengan kekalahan 2-1.

8. Jason Crowe (Arsenal)

Seperti biasa, Arsene Wenger selalu memberikan kesempatan kepada para pemain mudanya mendapatkan menit bermain di Arsenal. Kebiasaannya itu sudah terjadi sejak tahun pertamanya melatih kesebelasan berjuluk The Gunners tersebut. Tapi pada musim keduanya, terjadi malapetaka karena memainkan pemain muda bernama Jason Crowe pada menit 90 saat melawan Birmingham City pada Oktober 1997. Tapi Crowe justru mengecewakan Wenger karena mendapatkan kartu merah ketika baru merasakan 33 detik pada pertandingan Piala Liga karena menekel keras Martin O`Connor.

7. Tomas Kalas (Fulham)

Seperti yang diceritakan pada awal tulisan ini. Baca juga: Sepekan Bola, Gol Indah Falcao, Gol Cantik Bendtner.

6. Mark Smith (Crewe Alexandra)

Crewe Alexandra harus bermain dengan 10 orang selama 89 menit melawan Darlington pada 1994 silam. Pincangnya Crewe karena kartu merah yang didapatkan kipernya, Mark Smith, yang melakukan pelanggaran profesional. Padahal pertandingan antara Crewe melawan Darlington baru berjalan 19 detik.

5. Kevin Pressman (Sheffield Wednesday)

Terjadi kesalahan fatal yang dilakukan Kevin Pressman ketika menjaga gawang Sheffield Wednesday melawan Wolverhampton Wanderers pada Agustus 2000 silam. Ia mendapatkan kartu merah ketika pertandingan baru berjalan 13 detik karena menangkap bola di luar kotak penalti.

4. Keith Gillespie (Sheffield United)

Keith Gillespie memang dikenal sebagai pemain yang keras di dalam permainan sepakbola. Tapi ketika menghadapi Reading pada 2007 silam, ia terkena getahnya karena permainan kasarnya. Gillespie harus mendapatkan kartu merah karena menyikut Stephen Hunt yang menerima lemparan ke dalam ketika pertandingan baru berjalan 12 detik.

3. Preston Edwards (Ebbsfleet United)

Mimpi buruk dialami kiper Ebbsfleet United bernama Preston Edward ketika menghadapi Farnborough pada 2011 lalu. Hanya 12 detik setelah sepak mula, ia melakukan pelanggaran kepada penyerang lawan di dalam kotak penalti sehingga mendapatkan kartu merah. Padahal Preston terpaksa melakukan pelanggaran itu karena mengantisipasi hasil dari kesalahan rekan-rekannya sendiri. Solidaritas Preston kepada temannya terlalu tinggi memang.

2. David Pratt (Chippenham Town)

Biasanya, kartu merah cepat diterima bek atau penjaga gawang. Tapi David Pratt adalah perwakilan dari penyerang yang mendapatkan kartu merah dengan cepat. Selesai melakukan sepak mula melawan Bashley pada 2009 silam, entah kenapa Pratt langsung melancarkan tekel dua kaki kepada lawannya. Pratt langsung diganjar kartu merah pada pertandingan yang baru berjalan tiga detik itu.

1. Lee Todd (Cross Park Farm Celtic)

Berbeda dengan Pratt, kartu merah yang diterima Lee Todd sangat konyol. Ia diusir wasit bukan karena pelanggaran keras, melainkan akibat dari kesalahan responnya sendiri. Hal itu terjadi karena ia kaget setelah mendengar peluit sepak mula yang dibunyikan wasit. Todd yang berdiri sebelah wasit itu kaget akibat mendengar suara peluit itu dan teriak "F****".

Wasit yang tersinggung atas respon Todd itu langsung mengganjarnya dengan kartu merah. Kejadian itu terhitung cuma sekitar dua detik setelah sepak mula. Alhasil, sampai saat ini Todd menjadi pemain paling cepat diganjar kartu merah di dalam sejarah sepakbola Inggris. Mungkin Todd sedang melamun pada waktu itu.

Sumber: Copa 90.

Komentar