Jose Mourinho, Si Manajer yang Boros

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Jose Mourinho, Si Manajer yang Boros

Jose Mourinho adalah salah satu manajer yang cukup berprestasi. Sudah banyak trofi ia raih semasa karier manajerialnya di Eropa. Namun, siapa sangka ternyata Mourinho juga adalah manajer yang cukup boros, terutama soal transfer pemain.

Dalam kapasitasnya sebagai manajer, Mou adalah orang yang bisa dibilang cukup sukses. Melatih di beberapa negara Eropa macam Inggris, Italia, Spanyol, serta Portugal, pelatih asal Setubal ini selalu bisa mengantarkan tim yang ia asuh meraih sebuah trofi. Ia pernah mengantarkan Porto menjuarai Liga Champions, pun dengan Inter Milan. Chelsea maupun Real Madrid pun pernah ia antar meraih trofi domestik.

Namun, dalam laporan yang ditulis oleh Daily Mail, disebutkan bahwa Jose Mourinho adalah manajer pertama dalam sejarah yang cukup boros dalam urusan membeli pemain. Mou tercatat menghabiskan dana sebesar 1 miliar paun dalam soal transfer pemain selama 17 tahun masa manajerialnya. Rekor 1 miliar paun ini pecah saat ia membeli Romelu Lukaku dari Everton dengan harga 75 juta paun.

Selama berkarier sebagai manajer, Mou memang kerap terlibat dalam beberapa transfer mahal. Jumlah biaya yang sudah ia habiskan untuk mendatangkan seorang pemain semakin membengkak kala ia menangani Real Madrid dan Manchester United. Ia terlibat dalam saga transfer Paul Pogba pada musim 2015/2016 dari Juventus ke United yang berbanderol 89 juta paun (100 juta eur0).

Jumlah yang Mou catatkan ini lebih besar daripada yang dihabiskan oleh manajer-manajer lain. Pep Guardiola, pesaing Mou ketika ia masih melatih di Spanyol dan juga sekarang saat keduanya sama-sama melatih klub Inggris (Pep menangani Manchester City), total selama karier manajerialnya menghabiskan 859 juta paun.

Pep mulai menghabiskan dana cukup besar dalam bursa transfer ketika ia mulai menjadi manajer City. Untuk musim 2016/2017, Pep sudah menghabiskan dana cukup banyak dengan mendatangkan pemain-pemain seperti Kyle Walker, Benjamin Mendy, Bernardo Silva, serta Danilo.

Sedangkan manajer lain yang jumlah pengeluaran biaya transfernya sudah mendekati Mou adalah Carlo Ancelotti. Namun, catatan untuk Don Carlo, selain karena karier manajerialnya lebih lama dari Mou, ia pun sudah melatih cukup banyak klub dalam kariernya. Total Don Carlo menghabiskan sampai 970 juta paun sampai saat ini untuk total biaya transfer yang sudah ia habiskan dalam belanja pemain.

Dengan jumlah biaya yang sudah dihabiskan Mou, dengan masa waktu manajerialnya yang lebih sedikit, bisa dibilang kalau Mou adalah manajer yang boros.

Komentar