Mengintip Calon Lawan Liverpool di Play-Off Liga Champions

Berita

by redaksi

Mengintip Calon Lawan Liverpool di Play-Off Liga Champions

Kualifikasi babak ketiga Liga Champions UEFA dan Liga Europa UEFA baru saja berakhir dini hari tadi. Salah satu kejutan yang terjadi adalah tersingkirnya Ajax Amsterdam dari Liga Champions. Kesebelasan finalis Liga Europa UEFA 2016/2017 tersebut disingkirkan oleh wakil asal Prancis, Nice, melalui peraturan gol tandang setelah keduanya mengakhiri leg kedua di Amsterdam dengan agregat 3-3.

Selanjutnya, hasil dari kualifikasi babak ketiga Liga Champions juga mengeliminasi kemungkinan adanya dua "Red Bull" di Liga Champions, karena RB (Red Bull) Salzburg asal Austria disingkirkan oleh Rijeka dari Kroasia, juga dengan peraturan gol tandang setelah keduanya memiliki agregat 1-1. Salzburg dipastikan tidak akan menyusul RB (RassenBallsport) Leipzig yang sudah terlebih dahulu dipastikan lolos ke babak grup Liga Champions 2017/2018.

Kesebelasan-kesebelasan juara di masing-masing liga domestik mereka (champions route) yang dipastikan tersingkir dari Liga Champions adalah BATE Borisov, Slavia Praha, Fimleikafélag Hafnarfjarðar (FH), Vardar, Rosenborg, Ludogorets Razgrad, Viitorul Constanta, Red Bull Salzburg, Sheriff Tiraspol, dan Partizan Belgrade. Sementara itu, kesebelasan-kesebelasan dari league route yang harus tersingkir adalah Viktoria Plzen, Ajax, Dynamo Kyiv, AEK Athens, dan Club Brugge.

Seluruh kesebelasan yang tidak lolos di atas masih berpeluang berlaga di kompetisi Eropa karena mereka akan bermain di play-off Liga Europa.

Jadwal pengundian babak play-off Liga Champions

Dengan berakhirnya kualifikasi babak ketiga, maka sebanyak 20 kesebelasan akan memainkan dua leg pertandingan play-off lagi untuk memperebutkan 10 tempat tersisa ke babak grup Liga Champions. Pengundian babak play-off Liga Champions ini akan dilangsungkan Jumat (04/08) pukul 17:00 WIB di markas UEFA di Nyon, Swiss.

Sistem unggulan dan memiliki dua rute

Undian babak play-off ini memiliki sistem unggulan (seeded) dan non-unggulan (unseeded) yang ditentukan oleh koefisien UEFA. Kesebelasan unggulan akan diundi melawan kesebelasan non-unggulan.

Selain itu, babak play-off juga memiliki dua rute, yaitu rute untuk kesebelasan-kesebelasan yang menjuarai liga domestik mereka masing-masing (champions route) dan rute untuk mereka yang lolos ke Liga Champions karena peringkat tertentu di liga (league route).

Champions route

Sebanyak 10 kesebelasan dari champions route akan memperebutkan lima jatah ke babak grup. Lima kesebelasan unggulan dari rute ini adalah Olympiacos (juara Yunani), Celtic (Skotlandia), Copenhagen (Denmark), APOEL Nicosia (Siprus), dan Maribor (Slovenia).

Mereka akan diundi untuk melawan para juara liga domestik dari negara berkoefisien non-unggulan yaitu Qarabag (Azerbaijan), Astana (Kazakhstan), Rijeka (Kroasia), Hapoel Be`er Sheva (Israel), dan Slavia Praha (Republik Ceko).

League route

Sementara itu, kesebelasan-kesebelasan besar akan lebih banyak terlibat di league route, dengan lima kesebelasan unggulan adalah Sevilla, Napoli, Liverpool, CSKA Moscow, dan Sporting Lisbon.

Berarti calon-calon lawan bagi kelima kesebelasan di atas, termasuk Liverpool, adalah hasil undian antara Steaua Bucuresti (peringkat kedua Liga Rumania), Young Boys (peringkat kedua Liga Swiss), Nice (peringkat ketiga Ligue 1 Prancis), Hoffenheim (peringkat keempat Bundesliga Jerman), atau Istanbul Basaksehir (peringkat kedua Liga Super Turki).

Dari skenario-skenario di atas, ada kemungkinan Liverpool akan bertemu kembali dengan Mario Balotelli yang saat ini bermain untuk Nice.

Jadwal pertandingan play-off

Pertandingan play-off akan dilangsungkan dalam dua leg. Leg pertama akan berlangsung pada 16 dan 17 Agustus dini hari WIB, sementara leg kedua pada 23 dan 24 Agustus dini hari WIB.

Nasib kesebelasan yang kalah di play-off

Jika kesebelasan yang menang di babak play-off berhak lolos ke babak grup Liga Champions, maka kesebelasan yang kalah di babak play-off Liga Champions ini akan tersingkir menuju babak grup Liga Europa.

Kesebelasan yang sudah lebih dulu lolos ke babak grup Liga Champions

Sudah ada 22 kesebelasan yang telah terlebih dahulu lolos ke babak grup Liga Champions. Babak grup Liga Champions sendiri akan diundi. Untuk itu, juga akan terdapat sistem unggulan dan non-unggulan untuk menentukan penghuni-penghuni grup.

Sistem ini dipisahkan dengan empat tipe kesebelasan, yaitu pot satu untuk kesebelasan unggulan pertama, pot dua untuk unggulan kedua, pot tiga untuk unggulan ketiga, dan pot empat untuk non-unggulan. Masing-masing grup akan dihuni oleh empat kesebelasan dari masing-masing pot.

Penentuan pot ditentukan oleh koefisien UEFA tapi akan disesuaikan kembali setelah babak play-off selesai. Untuk sementara ini, pembagian pot bagi kesebelasan-kesebelasan yang lolos ke babak grup Liga Champions adalah sebagai berikut:

Pot 1: Real Madrid, Bayern München, Chelsea, Juventus, Benfica, Monaco, Spartak Moscow, dan Shakhtar Donetsk.

Pot 2: Barcelona, Atlético Madrid, Paris Saint-Germain, Borussia Dortmund, Manchester City, Porto, dan Manchester United.

Sisanya: Tottenham Hotspur (antara pot 2 atau 3, tergantung hasil play-off), Basel, Anderlecht, Roma, Besiktas (keempatnya di pot 3), Feyenoord Rotterdam (antara pot 3 atau 4, tergantung hasil play-off), dan RB Leipzig (pot 4).

Pengundian untuk Liga Europa

Setelah pengundian pertandingan-pertandingan babak play-off Liga Champions pada Jumat nanti (04/08) selesai, akan langsung dilanjutkan ke pengundian babak play-off untuk Liga Europa.

Beberapa kesebelasan yang lolos ke babak play-off Liga Europa antara lain adalah Fenerbahçe, Athletic Bilbao, AC Milan, Everton, Zenit Saint Petersburg, dan Olympique de Marseille.

Sementara itu, kesebelasan yang sudah terlebih dahulu lolos ke babak grup Liga Europa antara lain adalah Arsenal, Olympique Lyonnais, Villarreal, Lazio, Real Sociedad, Lokomotiv Moscow, dan Hertha Berlin.

(dex)

Komentar