Nelson Semedo, Alternatif Bek Kanan Barcelona

Berita

by Abelio Pramayoga

Abelio Pramayoga

True football fans and an introvert writer. #RESPECT

Nelson Semedo, Alternatif Bek Kanan Barcelona

Usaha Barcelona untuk memulangkan Hector Bellerin, talenta binaan mereka dari Arsenal, menemui jalan buntu. Pemain asal Spanyol itu memastikan tetap berkomitmen membela Arsenal musim ini. Namun, Barcelona berhasil mendapatkan Nelson Semedo, pemain asal Portugal, yang berposisi sama dengan Bellerin.

Semedo yang merupakan kelahiran Lisbon mengawali kariernya bersama klub divisi ketiga Portugal, S.U. Sintrense pada 2011. Setahun kemudian, ia digaet oleh Benfica selama lima tahun. Namun, ia menjalani musim pertamanya dengan dipinjamkan ke klub divisi ketiga lainnya, Fatima. Setelah tampil 29 kali bersama Fatima, ia akhirnya kembali untuk membela tim cadangan Benfica di musim berikutnya.

Selama dua tahun membela Benfica B, Semedo dinilai sebagai pengganti yang pas untuk Maxi Pereira setelah bermain di hampir 60 pertandingan untuk Benfica B. Setelah Maxi Pereira hengkang pada 2015, Semedo akhirnya berkesempatan menjalani debutnya bersama tim utama Benfica pada musim 2015/16. Namun, ia sempat mengalami cedera di pertengahan musim yang membuatnya menepi selama dua bulan.

Namun, musim lalu Semedo kembali tampil reguler dan mencetak gol pertamanya di Liga pada laga melawan Arouca dan di Liga Champions melawan Besiktas. Ia juga membantu Benfica meraih dua gelar domestik di musim 2016/17 (Primiera Liga dan Piala Portugal). Penampilan apiknya bersama Benfica membuat ia dipanggil memperkuat Selecao untuk Piala Konfederasi 2017.

Pemain yang akrab disapa Nelsinho itu tampil di seluruh pertandingan Portugal termasuk pada laga playoff perebutan peringkat ketiga dimana ia diusir wasit karena akumulasi kartu. Semedo memulai debutnya bersama timnas pada laga kualifikasi Piala Dunia melawan Serbia dua tahun lalu.

Semedo memiliki kelebihan dalam dribbling dan handal dalam memberikan umpan karena kecenderungannya yang suka membantu serangan. Itu terlihat dari jumlah peluang yang ia buat sebanyak 33 peluang, terbanyak dibanding bek Benfica lainnya, dilansir Squawka. Namun, Semedo masih bermasalah dengan kedisiplinan karena tekelnya yang sering berbuah kartu kuning. Ia menjadi pemain dengan kartu kuning terbanyak dibanding bek lainnya di Liga.

Di Barcelona, ia akan bersaing dengan Aleix Vidal dan pemain asal Brazil, Douglas. Semedo diperkirakan akan menjadi pelapis utama Vidal karena Douglas jarang dimainkan oleh Blaugrana. Ia baru tampil 3 kali sejak direkrut pada 2014. Musim lalu, ia dipinjamkan ke Sporting Gijon. Praktis, Semedo tinggal bersaing dengan Vidal di tim utama jika Douglas kembali dipinjamkan atau hengkang. Vidal yang terkadang berperan sebagai winger mungkin bisa dijadikan peluang bagi Semedo untuk mengisi posisi utama bek kanan.

foto: Metro

Komentar