Aji Saka Diselamatkan Gonzales Ketika Alami Pingsan dan Kejang

Berita

by Sandy Firdaus 32564

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Aji Saka Diselamatkan Gonzales Ketika Alami Pingsan dan Kejang

Sebuah insiden mengerikan terjadi dalam lanjutan Liga 1 2017 pekan ke-14. Penjaga gawang Persegres Gresik United, Aji Saka, tidak sadarkan diri di tengah pertandingan dan pada akhirnya harus dibawa ke rumah sakit setempat setelah sempat kejang-kejang dan pingsan.

Kejadian ini terjadi dalam pertandingan antara Persegres Gresik United melawan Arema FC pada Rabu (12/7/2017) malam, menit ke-70. Ketika itu, Aji berniat menghalau bola tandukan bek Arema, Arthur Cunha da Rocha. Nahas, kepala Aji terbentur tiang gawang dan membuatnya kejang-kejang. Rekan-rekannya sempat mengira ia hanya terbaring biasa sebelum akhirnya menyadari bahwa Aji kejang-kejang. Kepanikan pun langsung melanda seantero Stadion Petrokimia, Gresik.

Di antara kepanikan yang terjadi tersebut, ada satu pemain yang muncul dan sigap membantu Aji Saka dengan memberikan pertolongan pertama. Pemain itu adalah Cristian Gonzales. Penyerang Arema ini menyaksikan kejadian terkaparnya Aji di depan matanya langsung, sehingga langsung memberikan pertolongan pertama sampai ambulans yang membawa Aji datang dan membawa penjaga gawang berusia 26 tahun tersebut ke rumah sakit setempat.

"Waktu itu (sekira menit ke-70) dia kejang dan mulutnya tak bisa dibuka," ujar Gonzales seperti dilansir Bola.com

Pertolongan pertama yang diberikan Gonzales ini mirip dengan pertolongan pertama yang diberikan oleh Francis Kone kepada Martin Berkovec, dua pemain yang berkompetisi di Liga Republik Ceko. Dibantu dengan pemain Persegres yang lain, Gonzales membuka mulut dari Aji Saka yang terkatup, agar Aji tidak menelan lidahnya sendiri. Hal ini dilakukan Gonzales sampai akhirnya ambulans datang dan membawa Aji ke rumah sakit.

"Kami sempat bingung mau bagaimana. Untung ada Gonzales. Ia coba buka mulut Aji, dan kami baru berpikir melakukan hal yang sama," ujar Gancev.

"Kami memang lawan di lapangan. Tapi, kalau melihat kejadian seperti itu saya tidak bisa diam karena (kejadian itu) ada di depan mata saya sendiri. Kami memang tidak pernah satu klub. Tapi, semua pemain bola itu teman. Kami harus saling bantu dalam keadaan seperti kemarin," ujar Gonzales.

Jika tidak ada pertolongan pertama yang sigap dari Gonzales ini, mungkin saja nyawa Aji Saka tidak akan terselamatkan. Keadaan terbaru, kondisi Aji sekarang sudah semakin membaik, dan diharapkan bisa kembali bermain untuk tim dalam waktu segera.

Kejadian pemain yang lidahnya tertelan di dunia

Di belahan dunia lain, cukup banyak kejadian pemain yang kolaps di lapangan dengan posisi lidahnya yang tertelan. Selain kasus Francis Kone dan Martin Bekovec, ada juga kisah dari beberapa pemain lain yang pernah mengalami fenomena lidah tertelan ini.

Ada nama John Terry, bek timnas Inggris serta Jazawi, pemain yang bermain di Liga Arab Saudi , yang pernah merasakan sakitnya lidah tertelan ini. Fernando Torres pun pernah mengalami hal yang sama, saat ia kolaps usai berduel dengan bek lawan, Alex Bergantinos sampai-sampai ia menelan lidahnya sendiri.

Tertelannya lidah ini sebenarnya adalah kejadian sederhana, tapi bisa mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, jika pertolongan pertama tidak dilakukan dengan baik, maka nyawa seseorang yang sebenarnya masih bisa ditolong dapat melayang begitu saja.

Maka, apa yang dilakukan Gonzales, dan juga Francis Kone, adalah hal yang heroik. Setidaknya, mereka memberikan para pemain yang mereka tolong usia yang lebih panjang untuk hidup.

Baca Juga: Bahaya Lidah Tertelan dan Cara Memberikan Pertolongannya

Komentar