Menantikan Skema Tiga Bek yang Akan Dipakai Arsenal (Lagi)

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Menantikan Skema Tiga Bek yang Akan Dipakai Arsenal (Lagi)

Arsenal melakukan gebrakan dalam bursa transfer musim panas 2017 dengan mendatangkan Alexandre Lacazette dari Lyon. Tapi, bukan hanya soal penampilan Lacazette saja yang dinantikan, melainkan juga soal skema yang akan diterapkan oleh Arsene Wenger untuk musim 2017/2018 nanti.

Pada akhir musim 2016/2017, Wenger melakukan sebuah perubahan dalam skema permainan Arsenal. Merespon hasil-hasil buruk yang kerap diterima The Gunners, Wenger pun mencoba skema yang sempat menjadi booming di Liga Primer pada musim 2016/2017 setelah digunakan oleh Antonio Conte, yakni skema tiga bek. Formasi dasar 3-4-3 digunakan oleh Wenger di akhir-akhir musim 2016/2017.

Hasilnya pun cukup menggembirakan. Setelah selama dua dekade menggunakan skema empat bek di Arsenal, Wenger pun seolah mendapatkan pencerahan dengan skema tiga bek ini. Sembilan dari 10 pertandingan berhasil dimenangkan Arsenal di akhir musim 2016/2017, termasuk kemenangan Arsenal atas Chelsea dalam partai final Piala FA.

Jelang memasuki musim 2017/2018, Wenger pun mengonfirmasi bahwa ia akan tetap menggunakan skema tiga bek. Namun, Wenger mengungkapkan bahwa ia masih akan mencoba skema ini dalam ajang pramusim. Ada kemungkinan juga sistem empat bek akan kembali digunakan, tapi di awal musim, Wenger menegaskan akan tetap menggunakan skema tiga bek.

"Kami akan mencoba banyak skema. Dalam pramusim nanti, kami mungkin akan beberapa kali menggunakan skema tiga bek dan empat bek secara bergantian. Tapi di awal musim baru (musim 2017/2018), saya tegaskan bahwa saya akan menggunakan skema tiga bek, meneruskan penampilan apik yang kami catatkan pada akhir musim 2016/2017," ujar Wenger seperti dilansir ESPN FC.

Melihat komposisi pemain yang Wenger miliki saat ini, skema tiga bek sangat mungkin untuk kembali dimainkan. Di posisi tiga bek, ada nama Laurent Koscielny yang siap mengisi posisi bek. Di posisi wing back, ada nama Sead Kolasinac, pemain yang didatangkan dari Schalke 04, yang bisa mengisi posisi tersebut.

Kolasinac bisa mengisi posisi wing back kiri, posisi yang biasa ditempati Nacho Monreal (pemain ini juga bisa mengisi posisi bek tengah dalam skema tiga bek) maupun Kieran Gibbs. Gibbs sendiri digosipkan akan hengkang dari Arsenal. Ia akan saling melengkapi dengan Hector Bellerin ataupun Alex-Oxlade Chamberlain yang bisa dipasang sebagai wing back kanan.

Sedangkan di posisi inside forward, ada nama Alexis Sanchez dan Danny Welbeck yang bisa mengisi posisi tersebut. Mesut Özil maupun Theo Walcott pun bisa mengisi posisi inside forward. Mungkin Wenger akan sedikit kebingungan di posisi penyerang. Nama Olivier Giroud, Alexandre Lacazette, serta Danny Welbeck bisa dipasang di posisi tersebut. Rotasi tampaknya akan dilakukan kembali, tergantung dari taktik yang akan diterapkan Wenger dari skema tiga bek ini.

Namun, pada dasarnya Wenger ingin para pemainnya lebih adaptif terhadap perubahan skema dan taktik yang ia terapkan pada musim 2016/2017. Seperti dilansir dari The Telegraph, ia ingin agar pemainnya siap jika kelak ia ingin bermain dengan skema empat bek ataupun skema tiga bek. Ia juga ingin pemainnya responsif terhadap perubahan taktik yang mungkin ia terapkan di tengah-tengah pertandingan.

Komentar