Dani Alves Bisa Jadi Solusi Jangka Pendek Paris Saint Germain

Berita

by Abelio Pramayoga

Abelio Pramayoga

True football fans and an introvert writer. #RESPECT

Dani Alves Bisa Jadi Solusi Jangka Pendek Paris Saint Germain

Dani Alves tampaknya takkan bereuni dengan pelatih lamanya, Pep Guardiola di Manchester City. Pasalnya, bek kanan asal Brazil itu dilaporkan sudah direkrut oleh Paris Saint Germain.

Dilansir dari Goal, Alves akan diumumkan sebagai pemain baru PSG Rabu ini. Kepastian perekrutan Alves ke Paris terlihat dari unggahan foto yang memperlihatkan Alves tengah bersama pemain PSG, Marquinhos usai menjalani tes medis di akun Twitter berikut.

Alves bermain 33 kali dan mencetak enam gol musim lalu bersama Juventus. Ia membantu Bianconeri memenangkan dua gelar domestik (Serie A dan Piala Italia). Ia juga berperan membawa Juve lolos ke final Liga Champions sebelum ditaklukkan Real Madrid dengan skor 1-4 dalam laga yang berlangsung di Stadion Millennium, Cardiff.

Kehadiran Alves di PSG akan menambah persaingan bek kanan untuk musim depan. Ia akan bersaing dengan Serge Aurier dan Thomas Meunier. Meski Alves sudah berusia 34 tahun, ia dinilai masih mampu bersaing dengan pemain junior di posisinya. Prestasinya bersama Juventus menjadi bukti Alves masih menjadi aset yang berharga. Meski demikian, hal itu tetap tak mudah bagi Alves karena Aurier dan Meunier saling bergantian mengisi pos utama bek kanan PSG musim lalu.

Pengalaman mungkin bisa menjadi peluang Alves untuk menggeser posisi kedua pemain itu. Bahkan, ia berpeluang menjadi pemain inti jika Aurier hengkang ke klub lain musim ini. Selain itu, Meunier lebih sering dimainkan sebagai pemain pengganti pada musim 2016/2017 sehingga pengalamannya bisa menjadi pembeda.

Meski Aurier bermain reguler pada musim 2016/2017, pemain asal Pantai Gading itu sering memiliki masalah kedisiplinan di luar lapangan. Karakter permainannya yang keras juga membuatnya rentan membuat pelanggaran meski memiliki karakter yang sama dengan Meunier dan Alves. Apalagi, ia juga dikabarkan dipersilahkan meninggalkan PSG demi merekrut Alves. Aurier dikabarkan tengah diincar oleh Manchester United.

Kehadiran Alves juga akan menambah jumlah pemain Brazil di PSG. Ia akan bergabung bersama kompatriotnya seperti Maxwell, Marquinhos, dan Thiago Silva. Selain akan meningkatkan moral sesama pemain Brazil, Alves akan lebih mudah beradaptasi di PSG. Dengan hal ini, Alves bisa saja mendapat jaminan sebagai pemain inti di awal musim.

Manuver PSG dalam menggaet Alves bisa menjadi langkah tepat untuk memperbaiki prestasi mereka; setidaknya untuk musim 2017/2018. Pengalamannya yang telah memenangkan gelar bergengsi seperti Liga Champions dan menguasai liga domestik di Barcelona dan Juventus membuatnya menjadi sosok yang tepat untuk mengembalikan dominasi PSG di Prancis. Musim lalu, PSG mengalami kemunduran prestasi dengan gagal menjuarai Ligue 1 dan tersingkir secara mengejutkan oleh Barcelona di Liga Champions.

Namun, untuk keperluan jangka panjang, Alves mungkin akan bernasib sama seperti di Juventus. Andai PSG kembali meraih gelar musim ini, Alves mungkin akan langsung dilepas di musim berikutnya karena Meunier dan Aurier (jika tak hengkang) sudah menjadi pilar utama bek kanan PSG dan masih memiliki rentang karier yang panjang.

foto: Metro

Komentar