Tanggapan Manajer Persiba Terhadap Rumor Pencoretan dan Perekrutan Pemain

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Tanggapan Manajer Persiba Terhadap Rumor Pencoretan dan Perekrutan Pemain

Setidaknya dibutuhkan kurang lebih lima pertandingan lagi bagi semua kontestan Liga 1 Indonesia 2017 untuk mengakhiri putaran pertama kompetisi level tertinggi sepakbola Indonesia itu. Ada jarak waktu yang cukup panjang bagi ara kontestan untuk mencapai 17 pertandingan, namun rumor soal transfer pemain sudah mulai berembus kencang.

Banyak kontestan Liga 1 yang dihubung-hubungkan dengan rencana perekrutan hingga pencoretan pemain. Salah satu kesebelasan yang santer dikaitkan dengan gosip tersebut adalah Persiba Balikpapan. Desas-desus soal bakal merapatnya beberapa pemain mulai berembus kencang di tubuh klub berjulukan Beruang Madu itu.

Tak kalah kencang juga soal rumor pencoretan pemain. Rumor tersebut sudah beradar luas baik di media sosial maupun media-media lokal Balikpapan. Satu hal yang wajar, mengingat jelang berakhirnya putaran pertama kompetisi, Persiba masih terseok-seok di dasar klasemen sementara dengan empat poin hasil dari satu menang, satu imbang, dan sembilan kalah. Kondisi yang tentunya sangat tidak menguntungkan bagi Persiba, ancaman degradasi jelas-jelas kini berada di depan mata. Oleh karena itu untuk menghindarkan mimpi buruk degradasi berbuah nyata diperukan evaluasi secara menyeluruh agar pencapaian mereka di putaran kedua nanti bisa lebih membaik.

Perekrutan dan pencoretan pemain mungkin akan menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki penampilan di putaran kedua nanti, yang kemudian desas-desusnya sudah mulai ramai digaungkan.

Manajer Persiba, Bambang Suhendro enggan memikirkan terlalu jauh soal rencana tambal-sulam skuat di paruh musim nanti. Menurutnya, sampai menjelang pertandingan ke-12 mereka di Liga 1 menghadapi Bali United, manajemen, pengurus, dan tim pelatih belum memutuskan siapa pemain yang akan dicoret dan didatangkan.

“Yang beredar di media sosial atau di berita koran lokal itu adalah rumor. Mengenai perekrutan pemain, kami masih melihat pemain kami. Intinya, pemain harus fokus di pertandingan putaran pertama ini,” ujarnya seperti dikutip dari media ofisial Persiba.

Meski begitu, Suhendro tak menampik bahwa ada banyak tawaran pemain baru untuk Persiba. Namun seperti sudah ditegaskan sebelumnya, saat ini belum ada keputusan resmi terkait hal tersebut. Suhendro mengungkapkan bahwa ketimbang memikirkan soal rencana perekrutan pemain, timnya lebih memilih fokus untuk mengakhiri putaran pertama kompetisi dengan peringkat yang jauh lebih baik.

“Memang banyak pemain yang menawarkan diri ke Persiba. Tapi, sampai saat ini pihak manajemen dan pelatih belum memutuskan mengenai pemain yang tidak dipertahankan atau direkrut. Karena, kami masih melihat perkembangan mereka di sisa pertandingan putaran pertama ini. Saat ini kami memiliki 28 pemain, dan semua masih kami berikan kesempatan untuk menunjukkan kualitasnya, tanpa terkecuali,” tambahnya.

Rumor yang beradar soal tambal-sulam skuat Persiba memang berpotensi untuk mengacaukan konsentrasi para pemainnya. Bahkan bisa juga menambah beban bagi para pemain yang ujungnya malah membuat mereka kesulitan untuk mengerahkan semua kemampuan terbaiknya. Apalagi putaran pertama masih menyisakan lima laga. Persiba butuh hasil positif di lima pertandingan tersisa untuk memperbaiki posisi mereka demi mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan.

Suhendro juga mengimbau agar Marlon da Silva cs tetap tenang dan tidak terlalu memikirkan isu soal pencoretan pemain. Ia menginginkan agar semua pemain tetap berkonsentrasi penuh dan memberikan semua kemampuan terbaiknya untuk mengangkat performa Persiba di kompetisi.

“Putaran pertama belum berakhir. Jadi pemain harus fokus dulu di pertandingan dan jangan berpikiran macam-macam. Harus selesaikan pertandingan secara bertahap. Jika mainnya bagus, pasti akan kami pertahankan,” tegasnya.

Foto: www.liga-indonesia.id

Komentar