Sulitnya Membuat Jadwal Liga Primer

Berita

by redaksi 25163

Sulitnya Membuat Jadwal Liga Primer

Liga Inggris resmi merilis 380 jadwal pertandingan untuk 20 kesebelasan musim depan. Sang juara bertahan, Chelsea, akan menghadapi Burnley di Stamford Bridge. Sementara itu Tottenham Hotspur akan bertandang ke markas Newcastle United yang berstatus juara divisi Championship 2016/17. Manchester City juga akan menghadapi tim promosi lainnya, Brighton & Hove Albion. Crystal Palace menjadi tim lainnya yang akan menjajal kemampuan tim promosi lainnya, Huddersfield Town di markas mereka. Ini akan menjadi penampilan perdana Huddersfield di Liga Primer sepanjang sejarah.

Pertandingan Liga Primer pekan pertama yang bergulir pada Sabtu (12/08/2017) mendatang akan memiliki waktu sepak mula yang sama, yaitu pada pukul tiga sore waktu setempat (pukul 9 malam waktu Indonesia Barat). Liga Primer musim 2017/18 direncanakan selesai pada 13 Mei 2018; seminggu lebih awal dari musim sebelumnya karena ada perhelatan Piala Dunia 2018 yang bergulir 14 Juni.

Dari draft jadwal yang sudah rilis tersebut, laga sengit tersaji pada pekan ke-3 antara Liverpool kontra Arsenal. Ini akan menjadi pembuktian bagi Arsenal bahwa mereka belum habis di Liga Primer dan masih menjadi pesaing serius untuk gelar Liga Primer. Meski musim ini mereka tidak bermain di Liga Champions, namun Arsenal tentu tak mau gagal lagi dalam perburuan gelar Liga Primer yang terakhir mereka menangkan pada 2004.

Liga Primer musim ini juga akan menjadi ajang pembuktian Tottenham Hotspur sebagai kandidat juara Liga Primer yang akan menjalani musim ini di Stadion Wembley. Seperti yang diketahui, Spurs tengah membangun stadion baru menggantikan markas lama mereka, White Hart Lane. Namun, Spurs juga harus membuktikan bahwa Wembley bukan tempat yang angker buat mereka. Musim lalu, Spurs hanya meraih dua kemenangan dari 4 pertandingan Eropa di Wembley serta kebobolan 6 gol; satu gol lebih banyak dibanding White Hart Lane (5).

Sementara itu, Manchester United akan menghadapi West Ham di kandang pada laga pertama mereka. Namun, United akan dihadang laga berat pada bulan Oktober dan November. United akan bertamu ke markas Liverpool pada 14 Oktober. Dua minggu setelahnya, mereka menjamu Tottenham Hotspur. Seminggu kemudian, mereka sudah ditunggu juara bertahan Chelsea di Stamford Bridge.

Boxing Day

Seperti musim-musim sebelumnya, Liga Inggris memiliki tradisi jadwal padat jelang libur Natal dan Tahun Baru. Tidak ada jeda seperti halnya liga-liga Eropa lainnya. Tradisi ini disebut Boxing Day. Klub-klub top Liga Inggris diperkirakan akan menghadapi empat pertandingan liga dalam sembilan hari musim ini. Selain itu, Desember juga merupakan jadwal untuk pertandingan terakhir fase grup Liga Champions dan babak kelima Piala EFL.

Arsenal akan menjamu Liverpool dua hari sebelum Natal (23/12/2017). West Ham akan menjamu tim London lainnya, Tottenham Hotspur pada 30 Desember serta derbi London akan tersaji tepat saat hari pertama di 2018 antara Arsenal melawan Chelsea.

Sulitnya Membuat Jadwal

Menyusun 380 jadwal pertandingan dalam satu musim jelas bukan pekerjaan mudah. Setidaknya itulah yang diungkapkan penyusun jadwal senior Liga Primer, Glenn Thompson. Tak cuma sekadar mengacak jadwal antar tim agar tak saling bentrok namun banyak faktor yang mesti dipertimbangkan seperti jeda internasional dan kompetisi domestik dan Eropa.

Thompson tak bisa langsung menyusun jadwalnya sampai ia mengetahui komposisi tim di masing-masing divisi, yakni setelah playoff Liga Inggris. Setelah komposisinya diketahui, ia kemudian menaruh seluruh tim secara berpasangan, untuk menyusun jadwal kandang dan tandang tanpa saling bentrok. Kemudian, komputer penyusun akan menyusun secara acak jadwalnya masing-masing.

Tentu jika jadwalnya sudah jadi, Thompson harus mengevaluasi secara keseluruhan apakah ada kemungkinan dibatalkan atau ditunda. Jika ada, mereka harus mengulangi lagi dari awal untuk membuat jadwal baru. Tim evaluasi dari Liga Primer, Football League, dan Atos akan mengevaluasi jadwalnya selama dua hari. Mereka juga bekerja sama dengan perwakilan dari FA serta penggemar yang tergabung dalam Federasi Suporter Sepakbola untuk membahas jadwal tersebut dan mendengar evaluasi dari mereka.

Setelah selesai mereka kemudian mendiskusikan jadwal tersebut ke kepolisian setempat untuk keperluan izin. Setelah difinalisasi, jadwal itu kemudian diserahkan ke Liga Primer dan dirilis kepada awak media sehari sebelum perilisan sehingga mereka bisa merilisnya kembali pada pagi hari.

Melihat prosesnya yang membutuhkan ketelitian dan ketepatan sejak awal, tentu ini merupakan pekerjaan yang sangat sulit bagi Thompson. Maka ia sendiri sadar bahwa jadwal yang ia buat akan menimbulkan pertanyaan atau kritik, meskipun begitu ia meminta setiap klub harap memakluminya jika melihat tingkat kesulitan dalam pembuatan jadwal tersebut.

"Anda tidak bisa memuaskan semuanya. Ini soal kompromi di semua klub; Anda tidak bisa melakukan apapun untuk mendukung salah satu klub. Ada 2.036 pertandingan, di Liga Primer dan Football League, selama sembilan bulan, dan solusi terbaik adalah memastikan semua pertandingan dapat dimainkan sesuai jadwal," kata Thompson pada laman resmi Premier League.

Baca juga: Begini Cara Mengatur Jadwal Liga Inggris

***

Jadwal sudah dirilis dan tentu masih ada kemungkinan untuk berubah di tengah musim nanti. Jadi bagi kalian yang punya acara, libur atau cuti kerja, pastikan kalian tak ketinggalan tanggal-tanggal pertandingan besar atau menarik terutama saat momentum libur Natal dan Tahun Baru di mana jadwal pertandingan justru padat. Untuk jadwal pertandingan sendiri, silakan sambangi laman resmi masing-masing klub.

(AP)

Komentar