Hector Moreno, Rekrutan Baru Roma yang Diincar Sejak Lama oleh Monchi

Berita

by Abelio Pramayoga

Abelio Pramayoga

True football fans and an introvert writer. #RESPECT

Hector Moreno, Rekrutan Baru Roma yang Diincar Sejak Lama oleh Monchi

AS Roma resmi merekrut bek asal Meksiko, Hector Moreno dari PSV Eindhoven. Moreno dilaporkan direkrut dengan mahar sekitar 5.5 juta euro dan telah menyepakati kontrak empat tahun bersama AS Roma hingga 2021. Bek berusia 29 tahun itu termasuk dalam skuat Meksiko untuk Piala Dunia 2014 di Brasil di mana mereka menembus babak 16 besar sebelum ditaklukkan Belanda. Ia telah tampil 80 kali bersama Meksiko dan mencetak 2 gol, dilansir Soccerway.

“Saya senang bisa bergabung dengan AS Roma. Ini mewakili langkah penting dalam karier saya. Saya berharap bisa menunjukkan kualitas saya dan berkontribusi untuk kesuksesan tim ini,” ucap Moreno dilansir situs resmi AS Roma.

Moreno mengawali kariernya bersama klub Mexico, UNAM pada usia 15 tahun melalui tim mudanya. Penampilan bagus bersama UNAM membuat ia dipanggil untuk skuat timnas U17 Meksiko untuk Piala Dunia U17 2005 dan menjadi juara setelah mengalahkan Brazil 3-0. Dua tahun kemudian, ia bergabung dengan klub Belanda, AZ Alkmaar. April 2009, ia memenangkan gelar Eredivisie bersama AZ; gelar Eredivisie pertamanya sebelum bersama PSV. Ia juga membuat debutnya di Liga Champions bersama klub ini pada laga melawan Olympiakos.

Penampilannya yang semakin meningkat membuat ia direkrut Espanyol pada 2011 dan membela kesebelasan La Liga tersebut selama lima tahun. Meski tak memenangkan satu pun gelar bersama Espanyol, ia sempat dipilih sebagai pemain terbaik Espanyol pada musim 2011/12 setelah mencatatkan 35 penampilan dan mencetak 3 gol dan 1 asis.

Total ia tampil 138 kali bersama Espanyol di semua kompetisi. Namun, ia sempat dilanda cedera panjang pada awal musim 2014/15 setelah mengalami cedera tibia kiri yang dideritanya saat membela Meksiko untuk Piala Dunia 2014. Ia harus menepi 6 bulan karena cedera tersebut.

Pada 15 Agustus 2015, Moreno hijrah ke PSV Eindhoven dan dikontrak empat tahun seharga 4 juta euro. Ia memulai debutnya sebagai starter pada laga melawan Cambuur dan bermain 90 menit penuh saat itu (12/09/2015). Ia juga mencetak gol pada laga terakhir melawan PEC Zwolle yang memastikan PSV meraih gelar Eredivisie musim 2015/16.

Direktur olahraga Roma, Monchi, menyatakan Moreno adalah pemain yang tepat untuk memperkuat pasukan Giallorossi. Bahkan ia mengakui bahwa Moreno merupakan pemain idamannya sejak masih di Sevilla.

“Dia sudah menjadi target saya sejak lama, dan untungnya situasinya tepat untuk merekrut dia ke Roma. Dia adalah seorang bek tengah dengan pengalaman internasional dan dia cocok dengan kriteria pemain yang kami cari,” ujar Monchi seperti dikutip Goal.com.

Moreno saat ini sedang menjalani persiapan untuk Piala Konfederasi 2017 bersama negaranya sebagai juara Piala Emas 2016. Biasa bermain sebagai bek tengah, ia juga mampu bermain sebagai bek kiri.

foto: foot01.com

Komentar