Saat Kane dan Alli Lebih Bernilai dari Messi dan Ronaldo

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Saat Kane dan Alli Lebih Bernilai dari Messi dan Ronaldo

Ada masa ketika Dele Alli dan Harry Kane lebih bernilai daripada Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Sebuah masa yang terjadi di pertengahan 2017, saat sebuah lembaga survei menelurkan hasil bahwa Alli-Kane lebih bernilai daripada Messi dan Ronaldo.

International Centre for Sports Studies Football Observatory (CIES) melakukan sebuah penelitian untuk mengukur nilai dan harga dari para pemain yang berlaga di lima liga top Eropa. Mereka melakukan penelitian terhadap 110 pemain yang lima liga top Eropa, dan akhirnya menelurkan hasil 10 pemain yang paling bernilai dan mahal di Eropa. Hasil penelitiannya pun terbilang cukup mengejutkan.

"Penelitian kami ini berbasis algoritma dari biaya 2000 transfer yang terjadi. Variabel dari penentuan nilai seorang pemain ini kami dasarkan pada penampilan sang pemain, klub tempat pemain bernaung, statusnya di timnas, usia, posisi, dan kontrak yang sedang ia jalani," ujar tim dari CIES menerangkan soal variabel yang digunakan untuk mengukur nilai dari pemain.

Hasil dari penelitian ini menelurkan nama Neymar sebagai pemain yang paling mahal dan bernilai di Eropa. Pemain asal Brasil ini dihargai 210,7 juta euro, lebih tinggi dari 110 pemain lain yang tampil di lima liga top Eropa. Di bawahnya, ada nama Dele Alli dan Harry Kane yang menyusul masing-masing dengan harga 155,1 juta euro dan 153,6 juta euro. Baru setelah tiga nama tersebut, ada nama Messi di peringkat keempat yang dihargai 151.7 juta euro.

Lain hal dengan Messi yang berada di peringkat empat, Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang berhasil meraih gelar Liga Champions dan gelar La Liga pada musim 2016/2017 justru sama sekali tidak masuk 10 besar pemain bernilai dan mahal di Eropa. Ronaldo masuk ke peringkat ke-11 dengan total harga 112,4 juta euro. Ronaldo tidak dihargai semahal Antoine Griezmann, Luis Suarez, Paul Pogba, Gonzalo Higuain, Eden Hazard, serta Paulo Dybala.

Hal yang sama juga terjadi pada Gareth Bale. Pemain yang pada musim 2016/2017 banyak berkutat dengan cedera ini malah tidak masuk 25 besar pemain bernilai dan mahal di Eropa. Ia malah terdampar di peringkat ke-43, dihargai sebesar 66,7 juta euro.

Faktor usia yang masih muda, serta rutinnya mereka tampil dan memberikan kontribusi yang apik bagi penampilan Tottenham Hotspur adalah faktor-faktor yang membuat Harry Kane dan Dele Alli menjadi masuk daftar teratas pemain bernilai dan mahal di Eropa.

Sedangkan Messi dan Ronaldo, karena usia mereka yang sudah menua (Messi 29 tahun, Ronaldo 32 tahun) menjadikan mereka tidak masuk daftar teratas pemain bernilai dan mahal di Eropa berdasarkan hasil penelitian CIES. Untuk daftar lengkap dari harga 110 pemain berdasarkan hasil penelitian CIES tersebut, bisa dilihat di sini.

Nilai ada banyak sekali macam dan jenisnya. Nilai tidak hanya sekadar dalam bentuk yang bisa dihitung seperti uang, Ada nilai-nilai abstrak yang kerap terlupakan dan tidak terhitung untuk mengukur kualitas dari seseorang. Namun dalam penghitungan yang dilakukan oleh CIES, uang alias biaya transfer menjadi alat ukur untuk menentukan nilai seorang pemain. Kualitas memang tidak melulu soal uang, karena pada intinya penampilan di lapangan-lah yang menjadi garansi.

foto: @ESPNFC

Komentar